Ini Nih yang Bikin Ban Motormu Cepat Gundul

Perilaku “Sepele” Ini, Bikin Ban Motor Cepat Gundul Lho – Setiap kendaraan, pastinya memiliki masanya sendiri untuk berganti ban. Bagian yang satu ini jelas menjadi sangat penting, karena menyokong segala macam beban, ketika kendaraan melaju. Kapan terakhir Bro and Sist mengganti ban kendaraan? Membicarakan soal ganti ban, mungkin kadang anda merasakan bahwa ban kendaraan anda “boros”, alias terlalu cepat gundul. Jika Bro and Sist memang sangat aktif berkendara tiap harinya, misalnya saja anda penglaju, hal itu menjadi sangat wajar. Namun sebenarnya ada hal-hal sepele, yang sedikit banyak menjadi penyebab ban kendaraan menjadi cepat gundul. Mau tau? Mas Sena punya bgahasannya untuk anda.

ban cepat gundul

Ban sering topang beban berat

Jika ini memang sering anda lakukan, maka wajar jika ban kendaraan anda lebih “boros” alias cepat gundul. Mengangkut beban yang berat, akan membuat tekanan ban ke aspal menjadi lebih kuat. Dengan begitu, maka gesekan antara ban dan aspal pun semakin intensif. Jika ini terjadi terus menerus, wajar jika ban akan aus alias gundul sebelum waktunya. Sebenarnya, setiap jenis ban sudah mencantumkan bobot maksimal, yang bisa ditopangnya untuk menjaga performa ban. Bro and Sist tinggal melihat saja, bobot maksimal yang bisa ditopang, dengan mengecek load index, yang biasanya tercantum pada dinding ban.

Jarang Membersihkan ban

Yang satu ini mungkin terlihat sangat sepele. Eiiitss…tunggu dulu…! Membiarkan ban dalam kondisi kotor, ternyata membuatnya lebih cepat aus. Setiap hari, ban “menemui’ berbagai macam zat kimia di jalanan.  Hal tersebut berpotensi memicu karet ban cepat getas. Maka, Bro and Sist tak perlu ragu membersihkan ban setiap kali kendaraan akan diistirahatkan, setelah seharian melaju di jalanan. Tak perlu ribet juga menggunakan sabun khusus, karena ban cukup dibersihkan dengan sikat dan air bersih saja.

Standar samping dalam waktu lama

Meletakkan motor dengan posisi standar samping, memang jelas lebih mudah daripada standar tengah. Namun ternyata, hal tersebut bakal membuat ban cepat gundul. Standar samping, sebenarnya justru membuat beban yang disangga shock tidak seimbang. Akibatnya, saat motor dikendarai maka ban samping kiri cepat aus akibat tekanan yang lebih besar pada salah satu shock. Sepele kan? Baca juga Amerika Punya NHTSA. Lalu Indonesia? dan Vespa World Days 2015 ke-57 di Kroasia.

 

Top