Generasi Baru Toyota GT 86 Bakal Pakai Platform Mobil Sport Lain

Suksesor Toyota GT 86 Akan Menggunakan Platform dari Sejumlah Mobil Sport Merek Lain – Toyota tengah bersiap-siap untuk membangun suksesor Toyota GT 86 yang sempat ditasbihkan sebagai mobil sport dua kursi paling laris di dunia. Generasi baru dari Toyota GT 86 ini juga akan menggunakan platform dari sejumlah mobil sport merek lain untuk menyempurnakannya.

suksesor-toyota-gt-86-akan-menggunakan-platform-dari-sejumlah-mobil-sport-merek-lain

Salah satu basis yang akan digunakan oleh Toyota dalam merancang GT 86 adalah mobil sport produksi Mazda, yaitu Mazda MX-5. Seperti diketahui, saat ini Mazda MX-5 merupakan mobil sport jenis coupe (dua kursi) paling laris di dunia berdasarkan rekor Guinness.

Selain Mazda MX-5, Toyota GT 86 juga akan menggunakan platform dari pabrikan lainnya. Seperti dilaporkan oleh Motoring pada Rabu (24/6), generasi baru dari Toyota GT 86 akan berbagi desain dan arsitektur yang sama dengan Fiat 125 Spyder.

Keputusan Toyota untuk merancang GT 86 dengan mengadaptasi platform merek mobil sport lain memang ditujukan untuk menekan biaya produksi serta meningkatkan kualitas mobilnya.

Advertisement

Meski memiliki basis platform sama, namun Toyota tetap akan menggunakan mesin berbeda pada GT 86. Fiat 125 Spyder sendiri dikabarkan akan menggunakan mesin bensin 1.75 liter yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 237 Tk dan torsi 350 Nm. Toyota pun sudah mengkonfirmasi bahwa mereka tak akan menggunakan mesin yang sama dengan Fiat 125 Spyder.

Sebagai informasi, Toyota GT 86 versi terakhir telah menerima beberapa pembaruan sejak generasi pertama yang dirilis di Jepang pada tahun 2012. Toyota GT 86 versi terakhir memiliki tampilan front-engine dan rear-wheel drive. Tenaga GT 86 dihasilkan oleh mesin berkapasitas 2.0 liter naturally aspirated dengan sistem injeksi langsung Toyota D-4D.

Selain itu, Toyota pun menyediakan GT 86 dalam dua pilihan varian. Toyota GT 86 tersedia dalam pilihan transmisi manual enam percepatan serta otomatis enam percepatan. Di Indonesia, Toyota GT 86 hanya dikenal dengan nama ‘Toyota 86’. Mobil sport jenis coupe ini dibanderol dengan harga awal Rp 679,7 juta OTR Jakarta. Baca juga Ketika Mobil Ferrari Terlangka Dijual dan Subaru Rilis Impreza Sport Hybrid di Jepang.

Top