Pertalite Diklaim Lebih Ekonomis Daripada Premium

Pertamina Klaim Pertalite Lebih Ekonomis Daripada Premium – Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis baru yang akan menggantikan Premium, yaitu Pertalite, diklaim lebih ekonomis daripada jenis Premium. Pertamina sendiri telah selesai mengembangkan Pertalite dan mengaku bahwa mereka telah siap untuk memasarkan Pertalite kepada masyarakat Indonesia. Pertamina tinggal menunggu waktu peresmian Pertalite oleh pemerintah.

pertamina-klaim-pertalite-lebih-ekonomis-daripada-premium

Wacana penggantian BBM jenis Premium memang sudah megemuka sejak lama. Beberapa alasan memang mendasari pergantian BBM Premium ke Pertalite, salah satunya adalah penghematan anggaran oleh pemerintah yang ingin menghapus subsidi untuk Premium.

Menanggapi persiapan ‘migrasi’ dari Premium ke Pertalite, Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution Pertamina Tbk, Muchammad Iskandar, mengatakan bahwa riset terhadap Pertalite sudah selesai dilakukan.

“Riset sudah selesai. Tinggal menuggu saja kapan launching-nya oleh pemerintah. Kemungkinan peluncuran sehabis Hari Raya Lebaran tahun ini,” ujar Iskandar kepada awak media saat ditemui di sela-sela gelaran GIIAS 2015 di Jakarta pada Selasa (23/6).

Meski sudah memberikan informasi tentang hasil risetnya, namun Iskandar masih tutup mulut mengenai tanggal pasti peluncuran Pertalite. Selain itu, ia juga belum memberikan keterangan mengenai harga jual Pertalite. Iskandar juga menambahkan bahwa banderol harga Pertalite untuk umum baru akan diumumkan berbarengan dengan peluncurannya.

“Harga nanti ketika peluncuran, kalau sekarang kan harga belum pasti, harga minyak masih fluktuatif,” ujar Iskandar.

Advertisement

Lebih lanjut, Iskandar juga menyampaikan bahwa uji coba Pertalite dilakukan secara bersama-sama dengan menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Pengujian Pertalite menggunakan unit kendaraan mobil dan motor dengan sistem pengabutan karburator dan injeksi. Hasil dari pengujian Pertalite sendiri diklaim cukup baik dan dinilai lebih ekonomis daripada BBM jenis Premium.

Pertalite sendiri merupakan BBM jenis baru yang memiliki RON 90, sedikit di bawah BBM jenis Pertamax.

“Performanya bagus. Di bawah sedikit dari Pertamax. Dari sisi ekonomisnya, jarak tampuhnya lebih jauh daripada Premium. Tetapi tidak terlalu signifikan jika dibanding dengan Pertamax,” tambah Iskandar.

Penjualan BBM jenis Pertalite rencananya akan dimulai secara bertahap, dimulai dari Jawa terlebih dahulu, baru kemudian ke wilayah lain. Baca juga Jika Mobil Ganti Pertamax Jadi Pertalite dan Ribuan Yamaha Nmax Non-ABS Ludes Terjual.

Top