Ford Siap Produksi Mobil Tanpa Pengemudi

Ford Siap Produksi Mobil Tanpa Pengemudi – Saat ini teknologi mobil terbaru yakni mobil otonom atau mobil tanpa pengemudi tengah dikembangkan oleh pabrikan mobil besar di dunia. Salah satunya adalah Ford. Melalui pusat riset mereka di Silicon Valley, dikatakan bahwa mobil tanpa pengemudi mereka saat ini semakin dekat dengan kenyataan dan siap untuk diproduksi. Hal tersebut dikemukakan oleh pihak Ford dalam rangka Further with Ford 2015 yang diselenggarakan pada 23 sampai 25 Juni 2015 di Sillicon Valley.

Ford Siap Produksi Mobil Tanpa Pengemudi

Telah kita ketahui bersama mobil otonom atau mobil tanpa pengemudi akan menjadi tren alat transportasi masa depan yang canggih. Dimana dapat memberikan fungsi kemudi yang tak perlu membutuhkan sopir karena fungsi kemudi tersebut dilakukan oleh sistem komputer.

Ford sendiri sebelumnya memang telah melakukan upaya riset mengenai teknologi ini secara maksimal.Dimana mereka telah berhasil mengerjakan proyek mobil otonom pada tahap program rekayasa tingkat lanjut. Perusahaan mobil asal Amerika Serikat tersebut juga telah menunjuk direktur khusus untuk melakukan pengembangan kendaraan otonom mereka untuk masa yang akan mendatang, yakni dengan menunjuk Randy Visintainer.

“Dalam lima tahun ke depan, kami akan menerapkan teknologi driver-assist ke seluruh jajaran produk kami, demi terwujudnya jalan raya yang lebih aman dan meningkatkan kemampuan mengemudi dengan sistem otomatis,” kata Raj Nair yang selaku Ford Group Vice President, Global Product Development Ford Motor Company.

Pada tahap rekayasa tingkat lanjut untuk pengembangan mobil otonom Ford ini adalah tahap kedua dari tiga rangkaian sebelum teknologi ini resmi dihadirkan di pasaran nantinya. Dengan pernyataan tersebut berarti, Ford saat ini tinggal selangkah lagi menghadirkan teknologi canggih pada mobil-mobil Ford mereka nantinya.

Sekedar informasi bersama, Ford sampai saat ini memang telah memiliki beberapa fitur atau teknologi canggih pada mobil Ford mereka yang dipasarkan, yang mana fitur atau teknologi tersebut sudah mengarah teknologi mobil otonom. Misalnya, fitur Pre-collision Assist yang mampu mendeteksi pejalan kaki agar tidak terjadi kecelakaan yang merugikan bagi pejalan kaki. Fitur lain misalnya Active Park Assist yang merupakan fitur menawarkan kemudahan parkir karena memberikan peringatan oleh pengemudi untuk mengetahui lalu lalang kendaraan lain di belakang mobil FOrd, hingga blind spot monitoring dan masih banyak yang lainnya. Baca juga BMW Seri 7 Edisi Terbaru Bisa Diparkir Hanya dengan Menggunakan Remote Control dan Suksesor Toyota GT 86 Akan Menggunakan Platform dari Sejumlah Mobil Sport Merek Lain.

Top