Honda Brio Versi SUV Siap Meluncur

Honda India Siapkan SUV dengan Basis Honda Brio – Honda India dikabarkan tengah mempersiapkan sebuah mobil sport utility vehicle (SUV) terbarunya dengan mengadaptasi konsep mobil low cost green car (LCGC) milik Honda yang laris di pasar Indonesia, yaitu Honda Brio. Hal ini memang cukup mengejutkan karena basis yang digunakan oleh Honda India bukanlah berasal dari platform mobil yang sejenis. Seperti kita ketahui, Honda Brio yang beredar di Indonesia merupakan unit mobil LCGC dengan konsep city car yang berbodi kecil.

honda-india-siapkan-suv-dengan-basis-honda-brio

Seperti dilansir oleh India Car News pada Rabu (24/6), Honda India telah menyiapkan platform mobil SUV yang mengadaptasi Honda Brio, yaitu konsep Honda Vision XS-1. Mobil konsep tersebut pernah dipamerkan pada ajang New Delhi Auto Expo pada medio Februari 2014 silam.

Meski sudah menyiapkan basis konsepnya, Honda India sendiri belum membeberkan detail informasi mengenai spesifikasi Vision XS-1. Namun beberapa pengamat memprediksi bahwa mobil SUV baru racikan Honda nantinya tak akan jauh berbeda dengan konsep Honda Vision XS-1 yang ‘mejeng’ di New Delhi Auto Expo 2014.

Dalam beberapa pekan terakhir, isu mengenai segera diperkenalkannya Brio versi SUV memang semakin santer terdengar. Salah satu kabar meyebutkan bahwa mobil yang saat ini masih berkode 2SJ itu akan memiliki penampilan lebih gagah dan elegan daripada Honda Mobilio.

Honda India melansir bahwa mobil Brio versi SUV nantinya akan memiliki tiga baris tempat duduk. Sama seperti Honda Mobilio, mobil tersebut akan mampu mengangkut hingga tujuh penumpang. Pada bagian eksterior, Brio SUV memiliki dimensi lebih besar jika dibandingkan dengan Honda Mobilio. Sekilas, Brio SUV berpenampilan mirip dengan Honda HR-V.

Untuk sektor dapur pacunya, Honda santer dikabarkan akan menggunakan mesin yang sama dengan mesin pada Honda City atau Honda Jazz generasi terbaru. Jika kabar ini benar, maka mobil SUV baru racikan Honda tersebut akan dibekali dengan mesin i-VTEC berkapasitas 1.500 cc. Namun kabar lain menyebutkan bahwa Honda juga mempertimbangkan untuk menggunakan mesin DTEC berkapasitas 1.500 cc.

Indiansautoblog menyebutkan bahwa Brio SUV nantinya akan ditempatkan di antara Honda Mobilio dan Honda Freed. Itu artinya, Honda Brio versi SUV akan ditempatkan di segmen mobil SUV kelas menengah ke bawah. Baca juga Aston Martin Luncurkan DB9 GT yang Merupakan Tipe Terbaru dari Mobil James Bond dan Ford Siap Produksi Mobil Tanpa Pengemudi.

Top