Balapan Hari Minggu, MotoGP Belanda Ubah Tradisi 66 Tahun

MotoGP Belanda Akan Digelar pada Hari Minggu Mulai Musim Depan – Dalam kalender MotoGP, dua seri paling unik adalah GP Amerika yang berlangsung di Sirkuit Indianapolis dan GP Belanda di Sirkuit Assen. Indianapolis menjadi salah satu seri paling unik karena hanya menggelar satu race saja, yaitu untuk kelas MotoGP karena keterbatasan paddock. Sementara itu, GP Belanda di Sirkuit Assen menjadi menarik karena selalu digelar pada hari Sabtu. Nah, mulai musim depan kalender ‘unik’ MotoGP akan berkurang karena manajemen Assen memutuskan untuk memindah jadwal race MotoGP ke hari Minggu.

motogp-belanda-akan-digelar-pada-hari-minggu-mulai-musim-depan

Sejak ajang Grand Prix pertama kali digelar di Assen pada tahun 1949, secara tradisional GP Belanda selalu dilangsungkan pada hari Sabtu. GP Belanda digelar di hari Sabtu terakhir bulan Juni karena mempertimbangkan masalah keagamaan.

Namun baru-baru ini manajemen Sirkut Assen membuat keputusan untuk memindahkan jadwal race MotoGP di Assen ke hari Minggu, sama seperti di seri-seri lain. Keputusan untuk memindah jadwal race ini guna meningkatkan angka penonton.

“Dalam pola rekreasi negara Belanda saat ini, acara olahraga pada hari Minggu jauh lebih menarik jika dibandingkan dengan acara olahraga di hari Sabtu. Hari Minggu juga akan mendapatkan lebih banyak sorotan media,” demikian pernyataan resmi dari manajeman Sirkuit Assen.

separator

Rumor mengenai perpindahan jadwal race ke hari Minggu sebenarnya sudah menyeruak sejak lama. Sejumlah rider MotoGP seperti Valentino Rossi dan mantan juara dunia Casey Stoner pernah menyatakan dukungannya agar race di Assen digelar di hari Minggu.

Lebih lanjut, manajemen Sirkuit Assen menyatakan bahwa balapan di hari Minggu akan lebih cocok dengan pola acara balap motor lainnya karena hampir semua olahraga papan atas di seluruh dunia berlangsung pada hari Minggu.

Meski mengubah hari race-nya, namun pihak penyelenggara GP Belanda masih mempertahankan waktu pelaksanaan balapan di Sirkuit Assen, yaitu pekan terakhir di bulan Juli. Pihak manajemen Assen menganggap perubahan jadwal ini sebagai tradisi balapan kuno yang dikemas dalam sentuhan modern.

GP Belanda di Sirkuit Assen sendiri akan dihelat pada Sabtu (27/6) besok. Hari ini, Jumat (26/6) para rider akan menjalani babak kualifikasi untuk menentukan posisi starting grid. Baca juga Tes Bebas MotoGP Belanda, Duo Honda Mendominasi dan GP Belanda di Assen Bakal Seru.

Top