Lorenzo : Kualifikasi Terburuk Musim Ini

Kualifikasi Terburuk Lorenzo Musim Ini – Performa gemilang yang dapat diraih oleh pembalap kawakan asal Italia andalan tim Yamaha Movistar MotoGP, Valentino Rossi yang mampu merebut posisi pole position pada sesi kualifikasi ternyata tidak dapat diikuti oleh rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Pembalap asal Spanyol yang merengkuh 2 kali juara dunia di kelas MotoGP tersebut hanya mampu menorehkan waktu 1 menit 33 detik 042 sekon yang menempatkannya pada posisi tercepat ke delapan. Dengan hasil tersebut maka X-Fuera akan memulai balapan sore nanti di sirkuit Assen, Belanda pada posisi ke-8. Dikatakan oleh Lorenzo bahwa kualifikasi MotoGP Belanda ini adalah kualifikasi terburuk musim ini.

Kualifikasi Terburuk Lorenzo Musim Ini

Meskipun memulai pada grid ke-3 dengan posisi start ke-8 namun Jorge Lorenzo tetap optimis dan tidak khawatir karena ia yakin bahwa bisa bersaing dibarisan terdepan balapan resmi sore nanti. Hal tersebut memang cukup meyakinkan karena Lorenzo pada beberapa seri terakhir ia berhasil memenangkan 4 balapan secara berturut-turut. Bahkan dengan kondisi motor yang kompetitif membuat keyakinan dan semangatnya lebih tinggi. Lorenzo pun menyatakan bahwa kecepatan lap time saat kualifikasi atau warm up lap pasti akan sangat berbeda dengan balapan resmi sore nanti.

“Saya rasa kecepatan balapan akan berkisar (1 menit) 33,8/33,9 detik, atau 34,0 detik. Ini akan jadi kecepatan pada pertengahan belapan, menurut saya. Lalu, akan ada sedikit komplikasi bagi para pebalap untuk menjaga kecepatan pada (1 menit) 33 detik,” ujar Lorenzo.

Pada balapan sore nanti, start adalah momentum yang sangat penting bagi pembalap 28 tahun ini. Apalagi dibaris didepanannya terdapat Valentino Rossi, Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Tentu saja Lorenzo tidak akan menyia-nyiakan kesempatan start nanti. Seperti kita ketahui Jorge Lorenzo adalah salah satu pembalap yang memiliki strategi mengamankan posisi terdepan selepas start. Strategi tersebut pun harus sangat matang untuk memuluskan usahanya demi dapat menggusur rekan setimnya, Valentino Rossi di tangga persaingan klasemen sementara.

separator

“Ini tergantung dari pengaturan kopling saat start. Jika bagus, mungkin saya bisa melewati beberapa pebalap saat start. Pada dua putaran pertama, saya akan mencari pengereman terbaik supaya bisa melewati mereka,” sambung Lorenzo.

“Benar bahwa lebih sulit untuk memulai balapan dari baris ketiga, tetapi ada tantangan bagus di depan saya, jadi saya akan mencoba menghadapinya semaksimal yang saya bisa,” jelasnya.

Lorenzo pun berharap akan terjadi persaingan ketat antara Rossi dengan Marquez di setiap tikungan sehingga laju mereka dapat terhambat dan Lorenzo dapat menyusulnya. Meskipun begitu mungkin saja malah Rossi akan tampil impresif seperti musim lalu yang menjuarai MotoGP Belanda 2015 dengan gap cukup jauh antara pembalap kedua. Baca juga MotoGP Belanda Akan Digelar pada Hari Minggu Mulai Musim Depan dan Tes Bebas MotoGP Belanda, Duo Honda Mendominasi.

Top