Hyundai Patenkan Pendeteksi Polisi Tidur pada Mobilnya

Hyundai Patenkan Teknologi Pendeteksi Polisi Tidur – Predikat “smart” alias pintar, nampaknya semakin luas saja penggunaannya. Tak hanya sebatas pada ponsel (smartphone) dan jam tangan (smartwatch) saja, kini mobil pun menyandang predikat pintar. Bagaimana tidak, saat ini mobil dilengkapi dengan teknologi canggih yang bisa mendeteksi banyak hal. Kedatangan teknologi-teknologi tersebut, pastinya dipergunakan untuk meningkatkan sektor keamanan. Belum lama ini, Ford dikabarkan mengembangkan alat deteksi sakit jantung, untuk para pengemudi mobil besutannya. Tak mau kalah, produsen otomotif dari Korea—hyundai pun melakukan sebuah inovasi. Mobil-mobilnya akan dilengkapi dengan sensor unuk mendeteksi keberadaan polisi tidur. Bahkan, mereka sudah mematenkannya, belum lama ini.

pendetesi polisi tidur dari Hyundai

Hyundai telah mengajukan paten atas kendaraannya yang menggunakan GPS, kamera, sensor deteksi polisi tidur, dan sistem yang mengidentifikasi benjolan di jalur mobil. Anda pasti tahu rasanya, ketika berkendara dengan kecepatan cukup tinggi, tiba-tiba ada tanggul atau polisi tidur yang tidak terlihat. Pasti sebagai pengemudi, anda akan terkaget-kaget. Salah-salah, malah bisa menyebabkan kecelakaan. Nah, teknologi yang dipatenkan olrh Hyundai inilah, yang akan mengatasi situasi tak menyenangkan itu.

Advertisement

Teknologi ini mampu mengukur kecepatan mobil ketika akan melewati polisi tidur/benjolan berdasarkan tinggi, lebar dan kelengkungan. Jika pengemudi terlalu cepat untuk melewati polisi tidur/benjolan, sensor yang terletak di bumper depan akan mendeteksi, dan mengirimkan pesan ke kendaraan dengan memberikan peringatan serta akan memperlambat kendaraan.

Dalam gambaran besar, teknologi ini akan memberikan keuntungan bagi mengemudi atau kendaraan otonom, dengan memiliki kemampuan untuk memperlambat/menurunkan kecepatan mobil secara otomatis. Ini begitu cocok, untuk jenis mobil yang memang sedang terus diuji performanya itu. Diprediksi, pada saatnya nanti, mobil otonom alias tanpa sopir lah yang akan bersliweran di jalanan. Maka, teknologi dari Hyundai ini akan sangat berguna. Lalu, dimana Hyundai telah menerapkan teknologi mutakhir ini? Ternyata hingga kini, kendaraan mana yang akan dilengkapi dengan teknologi pendeteksi polisi tidur ini, Hyundai belum mengambil keputusan. Baca juga Hyundai Grand i10 X Resmi Mengaspal di Indonesia dan Hyundai Rilis Mobil dengan Sistem Android Auto Bernama Hyundai Sonata.

Top