Awas Busi Palsu…!

Kenali Busi Palsu – Tingginya kebutuhan alat transportasi, ternyata memacu peredaran barang palsu. Banyak komponen kendaraan palsu yang beredar. Tak hanya komponen-komponen besar, namun nyatanya komponen berukuran kecil seperti busi pun dipalsukan. Hal ini, pastinya harus menjadi perhatian khusus, terutama untuk para pengguna motor dan mengemudi mobil. Salah memilih barang palsu, pasti akan membuat performa kendaraan menjadi turun. Bahkan sangat mungkin terjadi kerusakan parah. Ujung-ujungnya, pemilik kendaraan harus merogoh kocek sangat dalam untuk perbaikan. Nah, anda tak mau mengalaminya kan? Maka, kita harus mngetahui, seperti apa sih busi palsu?

awas busi palsu

Busi merupakan komponen kendaraan yang berperan sangat penting untuk pengapian. Salah memilih dan terjebak pada busi palsu, pasti sangat merugikan bukan? Untuk mengetahui sebuah busi adalah asli atau palsu, anda bisa mengenalinya dari gasket atau ring yang ada. Pada busi asli, gasket atau ring sulit dilepas. Jika terlepas, biasanya tak bisa dipasang kembali.

“Busi asli memiliki uliratau drat yang rapih dan lebih halus dari yang palsu. Penulisan serial part number pada busi asli rapih tidak terlalu hitam sedangkan busi palsu hitam pekat,” ujar mekanik motor dari bengkel Auto Jaya, Bekasi. Selain itu, ada beberapa ciri busi palsu lainnya yang bisa anda identifikasi.

“Kemudian bagian insulator/keramik pada busi asli, warnanya tidak terlalu putih (putih susu), sedangkan busi palsu putih cerah. Plating metal shell yang asli terbuat dari besi baja kuat dan tahan panas, warna lebih cerah dan tidak pudar walaupun disimpan lama, sedangkan busi palsu warnanya agak buram dan mudah berkarat.”

ia melanjutkan bahwa bagian elektroda, gap dan penyambungan pada busi asli sangat rapih, sedangkan pada busi palsu tidak. “Jika tetap ragu sebaiknya beli di bengkel-bengkel resmi atau langganan, jangan terkecoh dari harga yang lebih murah,” ujar mekanik bernama Adi itu.

Untuk lebih amannya, Adi menyarankan agar anda menyediakan busi cadangan di kendaraan. Tentu saja, busi tersebut akan lebih aman jika dibeli di bengkel resmi, atau bengkel terpercaya. Dengan membawa busi cadangan, maka anda tak perlu khawatir melakukan perjalanan jauh dan sewaktu-waktu busi mati. Apalagi, ini sudah dekat dengan perjalanan mudik, yang biasanya menempuh jarak cukup jauh. Baca juga Mitsubishi Gunakan Mesin Baru pada All New Mitsubishi Strada Triton dan McLaren Akan Luncurkan Dua Produk Baru.

Top