Benarkah Ferrari F12 GTO Adalah F12 Versi Balap?

Ferrari Uji Coba F12 GTO yang Diyakini Merupakan Ferrari F12 Versi Balap – Kabar heboh sedang melanda Italia, kandang pabrikan super car mewah Ferrari. Beberapa media lokal melaporkan bahwa Ferrari tengah menguji coba generasi baru Ferrari F12 di jalanan umum Maranello, Italia. Meski dengan balutan kamuflase yang menutupi tubuhnya, publik meyakini mobil itu adalah Ferrari F12 GTO yang konon akan diluncurkan di ajang Frankfurt Motor Show di Frankfurt, Jerman, pada September 2015 mendatang.

ferrari-uji-coba-f12-gto-yang-diyakini-merupakan-ferrari-f12-versi-balap

Label ‘GTO’ atau Grand Turismo Omologato sendiri merupakan sebuah label yang disematkan pada unit super car yang memiliki spesifikasi serta kapasitas bahan bakar berstandar balapan resmi. Jadi, spesifikasi Ferrari F12 GTO adalah menggunakan spesifikasi mobil yang biasa turun di ajang balap resmi, meski aslinya bukanlah mobil balap sungguhan.

Advertisement

Seperti dilansir oleh Autoblog pada Senin (29/6), Ferrari mengubah komposisi mesin dan fitur pada F12 GTO. Pada Ferrari F12 GTO ini, pabrikan Kuda Jingkrak itu mengganti mesin F12 Berlinetta dengan mesin V12 Naturally Aspirated berkapasitas 6.3 liter. Penggunaan mesin baru ini mampu meningkatkan tenaga F12 GTO dari 731 Tk menjadi 800 Tk. Selain itu, Ferrari juga mengadaptasi fitur HY-KERS dari tipe Ferrari LaFerrari yang bisa menambah tenaga F12 GTO sebanyak 163 Tk lagi.

Seperti halnya mobil tipe GTO lainnya, Ferrari F12 GTO pun mengalami penurunan bobot meski tenaganya meningkat. Ferrari mengklaim bahwa bobot F12 GTO lebih ringan 100 kg jika dibandingkan dengan Ferrari F12 Berlinetta. Selain itu, Ferrari F12 GTO juga memiliki beberapa teknologi canggih lainnya yang tersembunyi di bawah bodywork-nya. Fitur serta teknologi yang ada pada F12 GTO ini juga diklaim lebih canggih daripada yang ada pada super car racikan Ferrari lainnya.

Autoblog juga melaporkan bahwa Ferrari F12 GTO ini diproduksi secara terbatas dan sangat eksklusif, yaitu hanya 650 unit saja. Jumlah ini lebih banyak daripada jumlah Ferrari 599 GTO yang ‘hanya’ 599 unit. Namun sayang sekali, Ferrari belum memberikan rilis harga Ferrari F12 GTO yang menurut rencana akan mulai mengaspal pada kurtal kedua tahun depan. Baca juga Ferrari Indonesia Rilis Ferrari 488 GTB pada Akhir Juli 2015 dan Hyundai Rilis SUV Pesaing Honda HR-V di India.

  • Deni Setiawan

    Ijin share kabar gembira gan 3 Pebalap Indonesia Latihan di Sentul untuk Dikirim ke SAC Jepang. semoga jadi yang terbaik buat bangsa.

Top