Tips Mudik Pakai City Car dari Rifat Sungkar

Mudik Menggunakan City Car Harus Dipersiapkan dengan Matang – Sudah siap-siap untuk mudik? Jika Anda memilih mudik menggunakan mobil pribadi, pastikan anda menyiapkan unit kendaraan Anda secara maksimal, terutama Anda yang menggunakan mobil jenis city car untuk mudik. Saati ini, mobil jenis city car memang semakin menjamur di Indonesia. Mobil khusus daerah perkotaan ini menjadi idola di Tanah Air karena harganya yang murah dan praktis untuk dikendarai.

hal-hal-yang-harus-diperhatikan-saat-mudik-menggunakan-city-car

Namun akan berbeda cerita jika city car yang lebih cocok untuk berkendara jarak dekat lalu digunakan untuk mudik ke kampung halaman yang pastinya berjarak sangat jauh. City car sebenarnya dikonsep untuk menempuh jarak tak terlalu jauh, berbeda dengan MPV atau SUV. Namun karena kepraktisannya, mobil tipe city car pun banyak digunakan untuk menempuh perjalanan yang sebenarnya ‘tidak bersahabat’ dengan mobil mini tersebut.

Jika Anda masih ‘nekad’ menggunakan city car untuk mudik, pastinya harus ada beberapa hal yang harus perhatikan. Sebagaimana disampaikan oleh pembalap nasional, Rifat Sungkar, pemilihan city car untuk mudik haruslah disertai dengan persiapan khusus.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah, pilihah unit city car yang aman dan nyaman. Hindarilah city car yang memiliki dimensi terlalu kecil, memiliki ground clearance tak terlalu tinggi, serta minim fitur-fitur keselamtan.

Advertisement

Salah satu hal yang pasti saat mudik biasanya adalah barang bawaan yang keleat banyak. Untuk itu, pastikan city car Anda memiliki bagasi yang cukup luas serta kuat menampung barang-barang bawaan Anda. Selain itu, pastikan juga suspensi city car Anda masih dalam kondisi prima. Jika perlu, sebelum berangkat mudik periksalah mobil Anda ke bengkel resmi untuk memastikan kondisi kendaraan.

“Naik mobil kecil kel luar kota jangan maximum capacity. City car itu menggunakan suspensi yang di desain untuk keperluan dalam kota. Sekencang-kencangnya mobil dalam kota, berapa sih? Jadi, pastikan mobil jangan sampai overload,” ujar Rifat.

Selain memperhatikan batas kapasitas, hal lain yang perlu diperhatikan saat mudik menggunakan city car adalah kecepatan maksimalnya.

“City car kalau bisa jangan sampai lebih dari 80 km/jam dan pertahankan rpm tak lebih dari 2.500 rpm biar tetap irit,” tambah pembalap nasional tersebut.

Rifat juga menyarankan agar pemudik yang menggunakan city car untuk tidak terlampau agresif di jalan gunan menghindari kehilangan kendali atas mobilnya. Baca juga Yang Perlu Diperhatikan Jika akan Mudik dengan City Car dan Hyundai Patenkan Teknologi Pendeteksi Polisi Tidur.

Top