Saingi Datsun, VW Ingin Ciptakan Mobil Murah

Volkswagen Ingin Ciptakan Unit Mobil Murah Untuk Menyaingi Datsun – Kesuksesan Datsun dengan varian mobil-mobil murahnya sepertinya telah menginspirasi pabrikan-pabrikan lain untuk melakukan hal yang sama. Kali ini yang berencana untuk membuat mobil murah layaknya Datsun adalah pabrikan asal Jerman, Volkswagen. Volkswagen (VW) sendiri lebih dikenal sebagai produsen mobil-mobil mewah nan ekskluisif, baik di pasar otomotif dunia maupun di Indonesia.

volkswagen-ingin-ciptakan-unit-mobil-murah-untuk-menyaingi-datsun

Seperti dilansir oleh laman Autoblog pada Rabu (1/7), VW berencana untuk membuat mobil murah yang harganya berkisar antara 6-8 ribu euro, atau setara dengan Rp 89-119,2 juta. Harga tersebut memang hampir sama dengan harga jual Datsun Go+ dan juga Datsun Go+ Panca di Indonesia.

Namun pada tahun lalu, pihak VW memberikan pernyataan bahwa tidaklah mudah membuat unit mobil murah yang sesuai dengan standar dan nilai-nilai perusahaan. Hal ini pastinya menyangkut standar tinggi dan kemasan eksklusif yang selama ini melekat pada mobil-mobil racikan VW.

Karena menyesuaikan dengan standar perusahaan, VW pun akhirnya memutuskan untuk menaikkan perkiraan harga sebelumnya. Berbeda dengan rencana awal, VW menyatakan bahwa mereka tetap ingin membuat mobil murah namun dengan banderol lebih mahal datri kompetitornya, berkisar antara 8-11 euro atau Rp 119,2-164 juta.

separator

“Kami akan membawa mobil murah ke pasar Asia pada tahun 2018, dengan SUV, sedan, atau hatchback,” ujar Martin Winterkorn, CEO Volkswagen.

Winterkorn sendiri belum memberikan keterangan rinci mengenai kemungkinan kerjasama dengan pihak lain dalam membangun mobil murahnya. Selama ini, VW dikenal bermitra dengan baik bersama FAW Group dan SAIC Motor, dua pabrikan asal Tiongkok.

Menurut rencana, mobil murah buatan VW akan ditujukan untuk pasar Tiongkok terlebih dahulu, meski ada kemungkinan juga menjualnya di luar Tiongkok.

“Kami akan melihat apakah model itu menarik untuk pasar lain atau tidak,” tambah Winterkorn.

Selain rencana merilis mobil murah, VW juga dikabarkan sedang membangun dua model baru untuk Bugatti. Kedua model baru tersebut ditengarai adalah tipe mobil bensin konvensional serta satu lagi jenis mobil hybrid dengan performa tinggi. Baca juga Jaguar Akan Rilis Generasi Baru Jaguar XK yang Konsepnya Didesain oleh Siswa SMA Asal Thailand dan Hyundai Rilis SUV Pesaing Honda HR-V di India.

Top