Ford Luncurkan Fitur Baru, Anti Blind Spot untuk Persimpangan

Ford Luncurkan Fitur Front Split View Camera – Produsen mobil ternama asal Amerika Serikat, Ford Motor Company memang tak henti-hentinya menghadirkan inovasi dan teknologi baru yang mereka ciptakan. Setelah sebelumnya menyatakan kesiapannya untuk memproduksi secara masal mobil otonom atau mobil tanpa pengemudi. Baru-baru ini mereka telah mengumumkan teknologi terbaru yang akan bermanfaat untuk memberikan keselamatan bagi mobil, pengemudi, penumpang serta pengendara lainnya. Fitur terbaru tersebut memiliki nama Front Split View Camera, fitur tersebut memang memiliki fungsi seperti fitur Anti Blind Spot yang telah dihadirkan sebelumnya. Namun fitur baru besutan Ford ini akan bermanfaat untuk memantau arus lalu lintas jalanan dari arah kiri maupun kanan saat pengemudi mau keluar dari jalanan, tempat, atau gang tertutup.

Ford Luncurkan Fitur Front Split View Camera

Dengan adanya fitur terbaru ini maka akan membuat mobil Ford yang memilikinya akan semakin mudah dan nyaman untuk keluar dari suatu tempat dan masuk ke jalanan besar. Tanpa adanya fitur ini pengemudi memang harus berhati-hati dalam masuk ke jalanan besar, biasanya para pengemudi harus mengintip situasi jalan agar masuk dengan aman tanpa mengganggu kendaraan lain. Fitur Front Split View Camera ini memang memanfaatkan kamera yang dipasang pada bagian grill depan, yang mana kamera ini mampu menjangkau pandangan seluas 180 derajat sehingga pengemudi tidak merasa buta saat ingin masuk ke jalanan besar.

Diketahui fitur terbaru andalan Ford ini akan mulai tersedia pada model mobil Ford tipe Galaxy dan S-Max. Dengan memanfaatkan sebuah kamera beresolusi 1 MP akan menghasilkan fitur keamanan yang sangat baik dan bermanfaat karena citra yang ditangkap oleh kamera tersebut akan disalurkan pada layar infotaiment berukuran 8 inci di dashboard mobil Ford yang ada.

Tidak hanya itu, ternyata kamera berukuran 33 mm tersebut memiliki sistem pembersih “Jet Washer” sendiri saat pengemudi mengoperasikan wiper mobil Ford sehingga akan menampilkan citra yang jelas.

“Kami telah menguji Front Split View Camera sejak matahari terbit hingga terbenam di berbagai kondisi jalan, di kemacetan jalan perkotaan, dan di wilayah yang banyak terdapat pejalan kaki dan pesepeda,” jelas Ronny House, selaku Driver Assistance Electronic Systems Ford.

“Kami juga mencobanya di terowongan, gang-gang sempit dan beberapa garasi dalam segala kondisi cahaya, termasuk memastikan teknologi ini berfungsi ketika cahaya matahari langsung mengenai kamera,” sambungnya.

Dikabarkan bahwa dua mobil Ford, yaitu Ford Galaxy dan S-Max yang memiliki fitur ini memiliki banderol harga yang lebih mahal 400 poundsterling atau senilai Rp 8,3 jutaa. Tentu saja harga tersebut sebanding dengan fungsi keselamatan yang ditawarkan dari fitur ini. Baca juga Volkswagen Ingin Ciptakan Unit Mobil Murah Untuk Menyaingi Datsun dan Honda BR-V, SUV Baru dari Honda.

Top