KTM Siapkan Motor Balap Produksi Massal

KTM Siapkan Motor Balap Produksi Massal – Makin digandrunginya kompetisi balap motor di berbagai belahan dunia saat ini ternyata menarik perhatian produsen motor dunia untuk menghadirkan suatu yang baru. Sebelumnya kita telah ketahui beberapa produsen motor ternama di dunia telah merilis produk motor sport versi balap terbarunya yang diproduksi secara massal. Mulai dari Kawasaki dengan Kawasaki H2R, Yamaha dengan Yamaha YZF-R1M, dan Honda dengan RC213V-S. Kini pabrikan motor ternama asal Austria, KTM SportMotorcycle AG pun berpikir demikian. Baru-baru ini diketahui bahwa KTM juga akan menciptakan motor sport yang memiliki spesifikasi balap dan akan diproduksi serta dijual massal. Namun motor KTM tersebut tidak akan hadir dalam versi jalan raya seperti ketiga kompetitornya tersebut.

KTM Siapkan Motor Balap Produksi Massal

Hal tersebut kemudian diklarifikasi oleh Stefen Pierer, selaku CEO KTM yang menyatakan bahwa, “Tidak akan ada suksesor dari KTM 1190 RC8R. KTM akan membuat motor balap khusus untuk konsumen yang menginginkannya, itu adalah KTM RC16,” ujarnya melalui laman Asphalt and Rubber.

Advertisement

Motor KTM terbaru yang bernama KTM RC16 tersebut dikabarkan memiliki detail spesifikasi mesin berkapasitas 1.000 cc yang terdiri dari 4 silinder berkonfigurasi V Engine. KTM sendiri diperkirakan akan mengembangkan motor KTM terbaru ini mulai tahun 2017 mendatang. Kabarnya peluncuran motor KTM untuk keperluan balap ini akan dilakukan pada pertengahan tahun 2018 mendatang.

Rencana produksi motor khusus balap yang dijual massal ini memang sesuai dengan permintaan konsumen yang menginginkan motor sport berperforma tinggi. Dimana motor sport tersebut dapat langsung digunakan di lintasan balap untuk berkompetisi. Diprediksi KTM pun tidak akan kesulitan dalam mengembangkan dan memproduksi motor khusus balap berkubikasi 1.000 cc seperti kelas balap MotoGP. Sebab KTM sudah lama malang melintang di berbagai kejuaran balap motor dunia. Saat ini pun diketahui KTM yang menyuplai motor balap untuk perlombaan MotoGP dikelas Moto3 dikabarkan tengah bersiap untuk menciptakan motor balap baru yang akan bertarung di kelas raja, yakni MotoGP.

Mengenai harga jualnya, KTM RC16 ini diperkirakan akan memiliki banderol yang tidak jauh dari berberapa kompetitornya tersebut yakni berkisar pada angka Rp2 miliar. Baca juga Versi Facelift Moge Triumph Akan Mulai Dijual Tahun Depan dan Rossi Meriahkan Ulang Tahun Yamaha Ke-60.

Top