Jelang GP2 Silverstone, Rio Haryanto Incar Podium

Jelang GP2 Silverstone, Rio Haryanto Incar Podium – Pembalap Indonesia, Rio Haryanto yang berlaga pada ajang balap mobil tercepat di dunia di bawah Formula 1 (F1) yaitu GP2 kembali mengincar podium teratas di seri Silverstone. Rio ingin kembali menorehkan prestasi gemilangnya seperi 2 seri GP2 sebelumnya, yang mana membuat lagu Indonesia Raya dan Merah Putih berkibar di Bahrain pada pertengahan April dan Austria pada pertengahan Juni kemarin.

Jelang GP2 Silverstone, Rio Haryanto Incar Podium

Target podium tersebut pun rasanya tidak terlalu muluk karena Rio Haryanto telah menunjukkan kemampuan terbaiknya sejak sesi tes bebas resmi di sirkuit Silvestone kemarin dengan mencatatkan waktu tercepat, yakni 1 menit 40 detik 659 sekon. Bahkan catatan waktu gemilang pada tes bebas tersebut mengungguli torehan waktu satu putaran lap terbaik dari pembalap tuan rumah yang juga juara GP3 tahun lalu, Alex Lynn serta mengungguli pemuncak klasemen pembalap saat ini, Stoffel Vandoome.

Advertisement

Namun sayangnya, catatan tersebut tidak berlanjut pada sesi kualifikasi. Pasalnya pembalap GP2 berusia 22 tahun yang tergabung bersama Campos Racing tersebut mengalami masalah pada salah satu sensor di dalam mobilnya sehingga ia harus memulai sesi kualifikasi dari pit lane. Rio pun harus menunggu waktu 14 menit setelah sesi kualifikasi dimulai sebelum akhirnya berusaha mencatatkan waktu terbaik menggunakan ban medium.

Berada di dalam tekanan sisa-sisa waktu kualifikasi membuat Rio sedikit kesulitan. Ia hanya dapat mencatatkan waktu tercepat 1 menit 40 detik 793 sekon yang sebelumnya sempat menempati posisi tercepat keenam. Dengan mesin yang belum terlalu maksimal akibat masalah tersebut, ia mencoba kembali menorehkan waktu tercepat namun sayangnya ia harus menerima hasil start dari posisi ke-15 karena banyaknya pembalap yang memadati lintasan untuk memperbaiki catatan waktu mereka. Alhasil di sesi balap pertama, Feature Race yang dilaksanakan pada hari, Sabtu (4/7/2015) ini Rio memulai balap pada posisi ke-15.

Meskipun begitu ia tetap optimis dapat memberikan kemampuan terbaiknya sehingga dapat kembali menorehkan prestasi gemilang seperti dua seri sebelumnya.

“Mudah-mudahan kali ini Merah Putih akan berkibar di puncak podium,” kata Rio.

Rio sendiri pun diketahui sudah tidak asing dengan sirkuit balap andalan Inggris ini karena ia sempat meraih prestasi gemilang pada dua musim yang lalu dengan merebut podium ke-2 saat bersama tim Barwa Addax. Baca juga Rio Haryanto Juara Sprint Race GP2 dan Rio Haryanto Raih Podium Pertamanya di GP2.

Top