Harga Yamaha R15, Review & Spesifikasi Januari 2017

Harga Yamaha R15 dan Spesifikasi – Persaingan industri otomotif di pasar Indonesia tampaknya menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Pasalnya, berbagai produsen otomotif dari belahan dunia selalu meluncurkan produk barunya guna memikat hati para konsumen di Tanah Air. Salah satunya yaitu pabrik asal Jepang yang bernama Yamaha. Produsen asal Negeri Sakura tersebut dikenal juga selalu meluncurkan produk berupa kendaraan roda dua dengan beragam inovasi dan teknologi canggih. Salah satunya yaitu Yamaha R15. Motor besutan Yamaha ini bakal hadir untuk menyasar pada segmen motor sport dengan dibekali desain macho khas motor sport full fairing dan spesifikasi mumpuni dengan mesin berkapasitas 150cc. Bahkan, harganya pun juga terbilang cukup terjangkau untuk sekelas motor sport. Sehingga, tak heran jika nantinya Yamaha R15 ini akan memikat hati para calon konsumen Tanah Air, khususnya kawula muda. Selain itu, beberapa pihak menilai bahwa Yamaha R15 ini hadir dengan mengadopsi Yamaha New Vixion. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab Yamaha R15 mempunyai spesifikasi yang hampir mirip dengan Yamaha New Vixion, hanya saja Yamaha R15 dikemas dengan dengan menggunakan full fairing yang menjadikan Yamaha R15 terlihat lebih perkasa dari Yamaha New Vixion. Tentu saja, masih ada banyak aspek lain yang dapat dipreteli dari motor ini. Hal yang pasti, jika ditanyakan secara keseluruhan, Yamaha R15 ini memang nampak sangat memukau.

Yamaha R15

Yamaha R15

Nah, jika kita berbicara mengenai desain dan spesifikasi serta fitur-fiturnya, tentunya Yamaha R15 ini akan menjadi salah satu varian produk garapannya yang bakal diandalkan oleh Yamaha. Pasalnya, dari sisi desain sudah tampak jelas bahwa Yamaha mengusung rancangan desain modern dan sporty pada setiap sisi bodinya sehingga akan menambah kesan kekar dan gagah. Selain itu, untuk urusan dapur pacunya pun juga terbilang mumpuni. Pasalnya, Yamaha R15 ini akan dibekali mesin SOHC silinder tunggal berkapasitas 149.8cc yang artinya, dengan mesin tersebut maka motor ini akan mampu memberikan daya dorong yang begitu kuat sehingga tak mengherankan jika nantinya mampu melesat dengan gesit. Tak sampai di situ saja, Yamaha R15 ini juga bakal dilengkapi dengan beragam fitur canggih dan modern untuk menunjang kenyamanan serta keselamatan penggunanya. Di sisi lain, masih banyak lagi keunggulan-keunggulan yang dimiliki Yamaha R15 ini. Apa saja ya kira-kira? Tak perlu panik. Sebab, pada pembahasan kali ini Mas Sena akan membagikan info mengenai spesifikasi dan harga Yamaha R15 secara lebih detail dan terperinci. Mau tahu? Yuk, kita simak bersama ulasannya pada beberapa segmen di bawah ini.

Motor Yamaha R15

Motor Yamaha R15

Review Yamaha R15

Desain

Mengusung Desain Full Fairing Tampilkan Kesan Sporty

Advertisement

Di awal pembahasan ini, kita akan memulainya dengan mengulas sektor tampilan terluar dari spesifikasi Yamaha R15. Seperti dengan apa yang telah dikatakan sebelumnya, desain dari spesifikasi Yamaha R15 ini bakal memberikan tampilan yang gagah dan sporty pada tiap sisinya dengan berbalut full fairing khas motoGP. Hal itu bisa kita lihat pada headlamp yang sudah mengandalkan dual lamp sehingga akan memberikan pencahayaan yang optimal kepada pengemudinya. Lalu, menginjak bodi samping kita bisa melihat full fairing yang dilengkapi dengan beberapa lekukan tegas dan garis lembut sehingga semakin memperkuat kesan sporty. Masih pada bodi samping, knalpot milik Yamaha R15 memiliki ciri khas tersendiri, dimana pada bagian knalpot, tertulis sebuah kata R15, yang menandakan bahwa motor ini benar-benar istimewa. Tak hanya itu saja, kita juga bisa melihat sebuah tangki bahan bakar berkapasitas 12 liter yang terpasang manis di belakang stang kemudi dengan gambar garpu tala khas logo Yamaha. Di sisi lain, pada sektor jok Yamaha R15 ini juga didesain dengan gaya rancang yang terpisah antara jok pengemudi dan penumpangnya di mana untuk jok penumpang letaknya lebih tinggi dari jok pengemudi. Lalu, menginjak pada buritannya tampak dibuat lebih meruncing ke belakang yang semakin memperkuat kesan khas MotoGP. Selain itu, pada sektor belakang ini, Yamaha juga menyematkan sebuah stop lamp dengan teknologi lampu LED sehingga akan membuat lampu belakangnya tampak lebih terang. Secara keseluruhan, tentu desain dari spesifikasi Yamaha R15 ini memang menampilkan tampilan eksterior yang sporty khas MotoGP.

Spesifikasi Yamaha R15

Spesifikasi Yamaha R15

Speedometer

Dilengkapi Panel Indikator Modern dan Informatif

Beranjak pada pembahasan berikutnya, pada sesi ini Mas Sena akan mengulas pada sektor panel instrument indikator dari spesifikasi Yamaha R15. Pada panel instrument yang diusung Yamaha R15 ini, dirancang dengan memadukan antara panel digital dan panel analog. Selain itu, pada panel indikatornya tersebut, terbagi menjadi 2 bagian kanan dan kiri. Untuk bagian kanan, akan mengusung teknologi panel digital yang menampilkan indikator bahan bakar, kecepatan tempuh dalam hitungan Km/jam, dan di atasnya ada beberapa lampu indikator yang di antaranya indikator lampu netral, lampu sein, lampu tembak, dan indikator oli. Sementara itu, untuk bagian kanan Yamaha R15 ini akan mengusung panel analog dengan desain membulat dan dilengkapi jarum penunjuk berwarna merah. Pada panel analog ini, akan menampilkan rpm yang ditunjukkan dengan jarum penunjuk dan angka-angka. Dengan adanya kombinasi panel analog dan digital yang diusung pada spesifikasi Yamaha R15 tersebut maka pengemudi pun akan lebih mudah membaca dan memahami informasi yang ditampilkan dari instrumen indikator tersebut mengenai kondisi motor yang sedang ditumpanginya. Nah, jika kita melihat secara keseluruhan, memang spesifikasi Yamaha R15 pada sektor panel indikator ini dirancang lebih modern dan tentunya informatif.

Spesifikasi Motor Yamaha R15

Spesifikasi Motor Yamaha R15

Dimensi

Dimensi Kokoh dengan Rangka Delta Box

Selanjutnya, kita akan membahas pada bagian dimensi dari spesifikasi Yamaha R15. Melihat desain tampilan luarnya, memang seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa spesifikasi Yamaha R15 ini memiliki desain yang sporty khas MotoGP. Tampilan tersebut tak lepas dari rangka atau dimensi pembentuknya di mana dalam hal ini, Yamaha mengandalkan rangka Delta Box yang dikenal kokoh namun ringan. Maka, tak heran jika nantinya motor sport garapan Yamaha ini akan terasa ringan meskipun dari tampilannya tampak berbobot. Nah, untuk dimensinya, Yamaha R15 memiliki panjang 1.975 mm, lebar660 mm, tinggi 1.070 mm dan berbobot 136 Kg. Dari dimensi tersebut, tentu bisa kita ketahui bahwa motor Yamaha ini memiliki dimensi yang cukup ramping untuk sekelas motor sport. Selain itu, untuk ketinggian tempat duduknya memiliki ukuran setinggi 800 mm yang dinilai sesuai dengan postur tubuh dan tinggi rata-rata orang Indonesia sehingga akan mempermudah konsumen dalam mengontrol motor sport ini tanpa perlu jinjit, khususnya ketika sedang berhenti di lampu merah. Di sisi lain, Yamaha R15 juga memiliki jarak terendah ke tanah (ground clearance) setinggi 160 mm. Melihat ukuran ground clearance tersebut maka bisa diketahui bahwa Yamaha R15 ini cocok dikendarai di medan jalan aspal atau pun di jalan yang penuh lubang serta bebatuan. Tampaknya, sektor dimensi dari spesifikasi Yamaha R15 ini memang diperkuat dengan rangka kokoh dan rancangan dimensi yang ramping.

Review Yamaha R15

Review Yamaha R15

Suspensi

Sektor Kaki-Kaki Diperkuat Suspensi yang Kokoh

Setelah kita mengetahui dimensi yang diusung motor sport ini, segmen berikutnya ini kita akan mengulas pada sektor kaki-kaki dari spesifikasi Yamaha R15. Tampaknya, tak hanya dimensinya saja yang kokoh dan ringan, sektor kaki-kaki dari spesifikasi Yamaha R15 ini pun juga bakal disokong dengan suspensi yang kuat pula. Pasalnya, Yamaha R15 ini akan mengandalkan dua suspensi yang akan dipasang pada bagian depan dan belakang. Untuk sektor depan, menggunakan tipe suspensi Teleskopik sedangkan untuk suspensi bagian belakang akan menggunakan Link Type Monocross. Kedua suspensi tersebut akan mampu meredam dan menahan setiap goncangan ketika melewati jalan yang bergeronjal dan berlubang. Sehingga, kenyamanan pengemudi dalam berkendara akan lebih terjamin. Di sisi lain, sektor kaki-kaki dari spesifikasi Yamaha R15 ini juga akan dilengkapi dengan velg sporty yang akan terbalut dengan ban jenis tubeless. Di mana untuk ban depan, akan menggunakan ban tubeless berukuran 90/80-17. Sementara itu, untuk ban belakang akan menggunakan ban berukuran 130/80-17. Dengan adanya kedua ban tersebut pengguna akan lebih mudah dalam dalam mengendalikan Yamaha R15 ini, terutama ketika bermanuver di jalanan yang menikung tajam. Selain itu, guna mengontrol laju kecepatan motor maka Yamaha pun mengandalkan sistem rem cakram pada kedua rodanya. Untuk rem depan menggunakan piringan cakram berdiameter 245 mm sedangkan pada bagian belakang 220 mm. Sayangnya, untuk rem yang diusung dalam spesifikasi Yamaha R15 ini belum menggunakan teknologi pengereman ABS.

Harga Motor Yamaha R15

Harga Motor Yamaha R15

Mesin

Motor Sport Bertenaga Gahar Berkat Mesin SOHC Berkapasitas 149.8cc

Nah, beralih pada sesi berikutnya, Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengetahui dan menjelaskan sektor mesin pacu dari spesifikasi Yamaha R15. Oke, langsung saja, untuk memberikan tenaga maksimal maka Yamaha membekali motor sport garapannya ini dengan mesin tipe SOHC 4 katup dengan silinder tunggal di mana mesin tersebut memiliki kapasitas hingga 149.8cc dan berpendingin cair. Dengan mesin yang diusung pada spesifikasi Yamaha R15 tersebut maka akan mampu menyemburkan tenaga yang cukup besar, yaitu 12.2 kW setiap putaran 8.500 rpm dan mampu mencapai puncak torsi maksimum hingga 14.5 Nm setiap mencapai putaran 7.500 rpm. Dengan demikian, sudah dipastikan bahwa Yamaha R15 ini akan mampu melesat dengan cepat dan gesit. Sementara itu, tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut kemudian akan disalurkan ke roda penggerak melalui sistem transmisi kopling manual 6 percepatan. Di sisi lain, meskipun diklaim memiliki tenaga yang kecil namun motor sport besutan Yamaha ini dikenal juga irit bahan bakar. Sebab, sudah menggunakan teknologi sistem bahan bakar Fuel Injection sehingga proses konsumsi bahan bakar pun akan lebih efisien. Dengan demikian maka bisa diketahui bahwa sektor dapur pacu dari spesifikasi Yamaha R15 ini bisa dibilang cukup gahar dan powerfull namun tetap irit bahan bakar.

Fitur

Dilengkapi Fitur Kenyamanan dan Keselamatan

Jika kita melihat pada sektor lain, tampaknya spesifikasi Yamaha R15 yang menonjol tak hanya desain dan dapur pacunya saja melainkan juga fitur yang disematkan pada motor sport ini. Pertama, untuk menunjang keselamatan maka Yamaha pun mengandalkan sistem pengereman cakram pada kedua roda Yamaha R15 ini. Di mana untuk rem cakram depan akan menggunakan piringan cakram berdiameter 245 mm. Sementara itu di sisi lain, pada rem belakang akan mengandalkan rem cakram dengan ukuran diameter 220 mm. Baik rem depan maupun rem belakang, keduanya dinilai cukup mampu mengontrol laju kecepatan dari motor ini, bahkan ketika terpaksa dilakukan pengereman mendadak. Selain itu, Yamaha R15 ini juga sudah dilengkapi dengan panel indikator lengkap yang didesain secara lebih modern dan informatif. Tak sampai di situ saja, spesifikasi Yamaha R15 ini juga sudah dilengkapi dengan suspensi canggih yang mampu menahan dan meredam setiap goncangan ketika motor melewati jalanan yang berlubang dan bergeronjal sehingga pengemudinya pun akan merasa semakin nyaman. Melihat dari beberapa fitur yang diusung spesifikasi Yamaha R15 tersebut maka diketahui jika motor sport ini sudah mengusung fitur lengkap dan canggih guna menunjang kenyamanan dan keselamatan penggunanya.

Video Yamaha R15

Berikut ini adalah official video Yamaha R15 yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Yamaha ini:

Spesifikasi Yamaha R15

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi1975 x 660 x 1070 mm
Jarak Sumbu Roda1345 mm
Jarak Terendah Ke Tanah160 mm
Berat136 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar12 L
Mesin
Tipe Mesin4-Stroke, SOHC
Volume Silinder150 cc
Diameter x Langkah57 mm x 58.5 mm
Kompresi10.4:1
Tenaga Maksimal12.2 kW @ 8500 rpm
Torsi Maksimal14.5 Nm @7500 rpm
Transmisi6-speed, return
Sistem Suplai Bahan BakarFuel Injection
Tipe KoplingManual, Basah, Multiplat
Rangka
Tipe Lengan dan Suspensi DepanTelescopic Fork
Tipe Lengan dan Suspensi BelakangSwing Arm
Rem DepanDisc
Rem BelakangDisc
Ban Depan90/80 R17
Ban Belakang130/70 R17
Fitur
HeadlampHalogen
Tail LampLED

Kelebihan Yamaha R15

Setelah kita mengulas lebih dalam spesifikasinya kita lanjut ke segmen kelebihan Yamaha R15. Motor sport ini memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya lebih unggul daripada motor sejenis lainnya. Untuk urusan bodynya Yamaha R15 ini memiliki body yang mirip dengan Vixion, namun terlihat lebih sangar dan modern. Kerangka yang membentuk bodynya pun terlihat lebih ringan dengan bobot hanya 136 kg. Kelebihan Yamaha R15 ini juga patut kita acungi jempol pada mesinnya karena mesinnya sudah mengadopsi sistem 6-percepatan yang membuat akselerasi dari Yamaha YZF R15 ini akan semakin responsif dan cepat.

kelebihan yamaha r15

Kelebihan Yamaha R15 ini juga terlihat dari lampunya yang sudah menggunakan LED. Selain itu Yamaha R15 ini telah menggunakan Aluminium Swing Arm yang merupakan pertama di Indonesia. Tenaga yang dihasilkan oleh motor ini juga maksimal karena dapat mencapai 17 PS/8500 RPM dengan teknologi injeksi mampu menawarkan dapur pacu yang diidam-idamkan oleh para pecinta motor sport 150cc. Dan tentunya kelebihan Yamaha R15 indonesia ini adalah merupakan perbaikan dari Yamaha R15 versi India yang terlebih dahulu.  Dengan perbaikan ini tentunya Yamaha YZF R15 versi Indonesia ini akan lebih baik dari versi India baik dari segi body kit maupun mesinnya.

Harga Yamaha R15

Bagaimana kawan? Cukup tertarik kah untuk memboyong motor sport garapan Yamaha ini? Jika tertarik, tentu pengguna ingin mengetahui berapa harga Yamaha R15 ini. Namun, sebelumnya kita telah ketahui bahwa Yamaha R15 ini adalah motor sport yang mengusung desain sporty Full Fairing dengan tampilan elegan serta menarik. Sehingga, tak heran apabila motor ini nantinya bakal mampu menarik perhatian para calon konsumen di Indonesia. Bahkan, walaupun harga Yamaha R15 ini melambung tinggi, sensasi daya tarik yang dihasilkannya dijamin tak akan membuat para pecinta motor keren Yamaha lari menjauh. Tak hanya itu saja, menariknya motor sport ini juga dikarenakan performa yang begitu gahar di kelasnya berkat mesin SOHC berkapasitas 148.9cc. Lalu, Yamaha R15  ini dilengkapi pula dengan beberapa fitur canggih yang akan menunjang keselamatan serta kenyamanan pengemudinya. Lantas, dengan spesifikasi tersebut kira-kira berapa ya harga Yamaha R15 ini?

Harga Yamaha R15

Harga Yamaha R15

Harga Yamaha R15 Terbaru

Harga Yamaha R15 Terbaru

Berbicara harga, tentu seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa harga Yamaha R15 ini akan terbilang cukup terjangkau. Pasalnya, menurut beberapa informasi valid yang didapatkan dari para intelijen Mas Sena, harga motor sport Yamaha ini berkisar Rp 30.4 jutaan. Bagaimana, cukup murah kan? Namun, tentunya bukan murahan. Di sisi lain, harga Yamaha R15 tersebut akan beda dan cenderung lebih mahal ketika dijual di daerah lain. Pasalnya, harga tersebut merupakan harga OTR untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya saja. Sehingga, di luar wilayah tersebut maka sangat dimungkinkan jika harga motor Yamaha R15 ini akan cenderung lebih mahal. Menariknya, motor ini juga memiliki varian lain yang sedikit banyak cuman berbeda ditampilannya semata. Nyatanya, beda cat juga memberikan selisih yang lumayan pada harga Yamaha R15 ini.

Harga Yamaha R15

TipeHarga
Yamaha R15 MovistarRp. 31.700.000,00
Yamaha R15 StandarRp. 31.100.000,00
Yamaha R15 MonsterRp. 30.400.000,00

Catatan : 

  • Harga Yamaha R15 diatas merupakan harga OTR DKI Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Yamaha R15
Advertisement

Di samping itu, jika kita membandingkan antara harga Yamaha R15 dan spesifikasi maupun desain dan fitur yang diusung, tampaknya harga tersebut dinilai sudah cocok dan sesuai. Bahkan, bisa digolongkan termasuk harga yang sangat terjangkau untuk kelas motor sport. Banderol harga Yamaha R15 yang logis tersebut diharapkan akan menambah persaingan industri otomotif yang belakangan menjadi motor paling diminati oleh masyarakat tanah air. Selain itu, Yamaha R15 ini diklaim dapat mendominasi jajaran sport bike yang belakangan di kuasai kompetitor terberatnya yaitu Kawasaki dan Honda. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Yamaha R15 yang telah Mas Sena jelaskan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. Baca juga Yamaha R25, Honda CBR150R, dan Suzuki GSX R150.

Top