Sunroof Bermasalah, Puluhan Ribu Jaguar Land Rover Pun Di-recall

Jaguar Land Rover Tarik Puluhan Ribu Unitnya Karena Masalah Pada Bagian Pintu dan Sunroof – Jaguar Land Rover (JLR) akhirnya memutuskan untuk menarik (recall) terhadap 65.844 unit SUV-nya dari pasaran. Penarikan lebih dari 65 ribu unit SUV lansiran Jaguar Land Rover ini karena ditemukannya masalah pada bagian pintu dan juga sunroof-nya.

jaguar-land-rover-tarik-puluhan,ribu-unitnya-karena-masalah-pada-bagian-pintu-dan-sunroof

Permasalahan yang menimpa SUV lansiran Jaguar Land Rover ini ditemukan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) Amerika Serikat. Seperti dilaporkan oleh Automotive News, penarikan terhadap puluhan ribu unit mobil SUV rilisan Jaguar Land Rover ini memang berdasarkan temuan kerusakan pada dua bagian yang berbeda, yaitu pintu dan sunroof-nya.

Dari 65.352 unit JLR Range Rover dan Range Rover Sport yang di-recall, hampir semuanya merupakan produksi antara tahun 2013 hingga 2015. Masalah yang pertama, yaitu bagian pintunya, adalah terletak pada bagian pengait pintu yang tidak benar-benar mengait saat ditutup.

Sementara untuk masalah sunroof terjadi pada sekitar 492 unit Land Rover LR4 SUV model 2012 hingga 2013. Masalahnya timbul pada lemahnya perekat atau lem pada bagian sunroof. Salah satu konsumen Jaguar Land Rover bersaksi bahwa sunroof pada mobilnya sampai terlepas saat sedang melaju di jalanan. Sedangkan konsumen lain mengaku bahwa pada mobil mereka terjadi kebocoran pada bagian sunroof.

separator

Juru bicara Jaguar Land Rover, Maria Rodriguez, menyebutkan bahwa kerusakan pintu terjadi karena kesalahan pada sistem perangkat lunak yang menggerakkan pintu tersebut. Namun pihak JLR sendiri belum mengkonfirmasi apakah kerusakan tersebut berasal dari pihak pemasok atau langsung dari pabrikan Jaguar Land Rover.

Sedangkan untuk masalah sunroof, Maria menjelaskan bahwa masalah sunroof pada unit SUV Jaguar Land Rover terjadi karena keslahan yang dibuat oleh pihak pemasok perangkat sunroof-nya, yaitu NSG Group. Pihak Jaguar Land Rover mengungkapkan bahwa standar spesifikasi sunroof yang diminta oleh JLR tidak dipenuhi oleh pemasok tersebut.

Sebagai informasi, Ford Motor Company selaku pabrikan induk dari Jaguar Land Rover sebelumnya juga sudah me-recall sekitar 1,5 juta unit kendaraannya karena ditemukan kecacatan sejak pertengahan 2014 yang lalu. Baca juga Jaguar Akan Produksi SUV Jaguar E-Pace di Luar Inggris dan All New Toyota Fortuner Siap Debut di Thailand Pertengahan Juli Mendatang.

Top