Sachsenring Bukan Sirkuit yang Mudah bagi Yamaha

Tak Mudah Bagi Yamaha untuk Taklukkan Sachsenring – Gelaran MotoGP masih terus berlanjut. Hari ini, Minggu (12/7/2015), perhelatan balap bergengsi tingkat dunia itu pun, bakal menapaki seri kesembilannya di musim ini. Adalah sirkuit Sachsenring di Jerman, yang harus ditaklukkan oleh para rider. Berkomentar soal sirkuit yang panjangnya 3,67 kilometer itu, salah satu pembalap Tim Movistar Yamaha—Jorge Lorenzo menilai, bahwa Sachsenring bukan sirkuit yang mudah bagi Yamaha.

Sachsenring Bukan Sirkuit yang Mudah bagi Yamaha

Hal tersebut utamanya diperuntukkan untuk diri Lorenzo sendiri. Pebalap berjuluk X-Fuera itu, ternyata memang belum pernah merasakan manisnya podium pertama di sirkuit tersebut. Maka wajar, jika Lorenzo merasa cukup kuwalahan menghadapi race disitu. Pencapaian terbaiknya di sirkuit Sachsenring  mencatatkan Lorenzo di podium kedua, yakni musim 2009, 2010, 2011, dan 2012. Tak hanya Lorenzo, ternyata sirkuit Sachsenring juga dirasa cukup berat bagi The Doctor alias Valentino Rossi. Pebalap dengan segudang prestasi itu, terakhir kali “mampu” meraih kemenangan di Sachsenring pada musim 2009 lalu.

Advertisement

Lain Yamaha, lain juga dengan para pebalap Honda. Duo Repsol Honda–Dani Pedrosa dan Marc Marquez, justru bisa dibilang merupakan penakluk sirkuit Sachsenring. Dalam catatan sejarah MotoGP, Dani Pedrosa dan Marc Marquez bejaya di sirkuit tersebut, sepanjang musim 2010 hingga 2014. Pedrosa meraih kemenangan pada 2010-2012, sementara Marquez berada di podium teratas Sachsenring  pada musim 2013-2014. Lalu, apakah dominasi Repsol Honda di Sachsenring bakal berlanjut?

Bisa saja.  Mengingat Dani Pedrosa dan Marc Marquez berhasil tampil apik di sesi kualifikasi. Lebih dari itu, sebelumnya di sesi latihan bebas, Marquez juga  begitu digdaya dengan selalu menjadi yang tercepat. Tentu banyak faktor mengiringi ketangguhan tim yang bermarkas di Aalst, Belgia itu. Salah satuny adalah faktor tunggangan. Jorge Lorenzo mengaku motor YZR-M1 miliknya tak sekompetitif  RC213V kepunyaan Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Namun semua bisa saja terjadi. Kita tunggu kabar baik dari race di Sachsenring. Baca juga Marquez Tebar Ancaman di Sesi Tes Bebas Hari Pertama MotoGP Jerman dan Spesifikasi Motor Tunggangan Marc Marquez.

 

 

Top