Minyak Goreng, Alternatif untuk Lumasi Rantai Motor

Minyak Goreng Bisa Jadi Alternatif Lumasi Rantai Motor – Motor adalah sebuah kesatuan sistem dari berbagai komponen yang ada. Hal itulah yang membuat semua bagian motor menjadi penting. Taka da yang lebih penting, atau tidak penting sama sekali. Termasuk di dalamnya adalah keberadaan pelumas rantai. Bro and sist pasti sudah paham betul, jika pelumasan rantai sangat penting, untuk menjaga rantai dari kekeringan.

minyak goreng alternatif untuk lumasi rantai

Rantai yang kering, akan menimbulkan suara bising. Masalah ini sering sekali muncul pada motor non skutik, seperti bebek dan sport . Tak hanya itu, ujung-ujungnya bakal membuat daya tahan rantai itu sendiri menjadi rendah. Rantai akan cepat kendur dan gear cepat aus. Kalau sudah begitu, biaya yang jauh lebih mahal, justru akan kita keluarkan. Padahal sebenarnya untuk menghindari rantai motor yang kering, kuncinya hanya dengan mengecek pelumas rantai dengan lebih telaten.

Akan tetapi, kadang kita dihadapkan pada sebuah keaadaan urgent, dimana kebetulan stok minyak rem untuk melumasi rantai sudah habis. Selain itu, Bro and sist juga ada dalam kondisi tidak mungkin ke bengkel. Kalo sudah begitu, apa solusinya?

Advertisement

Ada beberapa orang yang justru menggunakan oli bekas, jika ada dalam keadaan seperti itu. Eits…! Yang satu ini justru tidak dibenarkan. Oli bekas pastinya mengandung banyak sekali kotoran. Melumasi rantai dengan oli bekas, sama saja menempelkan kotoran-kotoran ke rantai motor. Hasilnya, performa kendaraan pun menurun. Tidak ingin itu terjadi kan? Nah untuk menghindarinya, ternyata kita bisa meminjam jasa minyak goring.

Minyak goreng atau yang dikenal sebagai minyak sayur, ternyata cukup berguna sebagai pelumas lantai. Beberapa riset mengonfirmasi hal ini. Misalnya, dari The Forest Engineering Research Institute of Canada (FERIC). Meskipun mereka menggunakan minyak goreng untuk rantai gergaji listrik, tetapi pada dasarnya cara kerjanya sama dengan rantai motor.

“Minyak goreng untuk rantai merupakan alternatif untuk minyak petroleum. Minyak tersebut bersih dan tidak beracun membuatnya pantas untuk dicoba,” demikian simpulan riset tersebut sebagaimana yang dikutip dari fs.fed.us.

Namun jika Bro and sist benar-benar terjebak pada situasi yang mengharuskan melumasi rantai dengan minyak goring, ada hal-hal yang juga harus diperhatikan. Gunakan minyak sayur yang masih baru (bukan jelantah). Karena jika yang digunakan adalah minyak goring bekas, itu sama saja anda menggunakan oli bekas, yang justru mengandung banyak kotoran.  Selain itu, harus benar-benar anda ingat, bahwa minyak goring hanyalah alternative, bukan jalan utama untuk melumasi rantai sepeda motor. Baca juga Mitsubishi Targetkan All New Pajero Sport Meluncur Pada Tanggal 1 Agustus 2015 dan Jaguar Land Rover Tarik Puluhan Ribu Unitnya Karena Masalah Pada Bagian Pintu dan Sunroof.

Top