Rupiah Terus Melemah, Harga Mobil Peugeot Terus Melonjak

Rupiah Terus Melemah, Harga Mobil Peugeot Terus Melonjak – Kondisi perekonomian Indonesia yang kurang baik akhir-akhir ini memang berdampak pada semua bidang. Salah satunya bidang otomotif yang mana penjualannya tidak maksimal seperti beberapa periode lalu. Hal ini tentu saja berdampak pada pabrikan otomotif dunia yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Astra International – Peugeot (Peugeot Indonesia). Di mana perusahaan otomotif asal Perancis yang menghadirkan mobil Peugeot di Indonesia merasa kesulitan karena nilai tukar yang tidak stabil. Tentu saja kondisi tersebut mempengaruhi harga jual produk, yang mana kini harganya terus melonjak. Bahkan kini tiap model mobil Peugeot seperti lari dari kompetisi segmen mereka karena terpaksa naik kelas akibat harga yang semakin mahal.

Rupiah Terus Melemah, Harga Mobil Peugeot Terus Melonjak

Dikatakan oleh Constantinus Herlijoso, CEO Peugeot Indonesia menyatakan bahwa selama ini bisnis memang ditopang oleh 100 persen dari suplai uni utuh atau produk CBU (Complety Build Unit). Secara umum mobil Peugeot ini memang memiliki segmen umum. Namun sejak nilai tukar rupiah terus melemah terhadap dollar Amerika dan euro serta belum ditambah dengan biaya import duty yang kian meningkat. Praktis membuat harga jual berbagai model mobil Peugeot yang ada kini lebih mahal dari banderol harga sebelumnya.

“Produk sedikit lebih mahal dibanding segmen general, terdorong seolah-olah sebanding dengan merek premium. Padahal kan secara produk tidak. Jadi terpaksa ‘naik kelas’ dari sisi harga,” ujar Constantinus di Jakarta, seperti dilansir KompasOtomotif, Jumat (10/7/2015) kemarin.

Dengan terjadinya situasi ini, Constantinus mengartakan membuat kondisi berbagai mobil merek Eropa makin sulit dan terhimpit sebab dipengaruhi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dan euro.

“Kita paling terasa waktu 2013, karena awal tahun masih Rp 12.000 begitu akhir tahun Rp 15.000, (naik) tiga puluh persen ya ‘keselek’ di situ,” jelas Constantinus.

Sekedar informasi, dari data penjualan yang dihimpun oleh Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor), selama tahun 2013 lalu Peugeot berhasil menjual 270 unit mobil Peugeot di Indonesia. Sedangkan pada tahun 2014 lalu, jumlah tersebut menurun drastis menjadi 65 unit saja yang mampu terjual oleh Peugeot Indonesia. Kini selama semester pertama, Peugeot Indonesia baru menjual 23 unit saja. Meskipun dalam kondisi yang sulit Peugeot Indonesia masih cukup percaya diri. Baca juga Mitsubishi Targetkan All New Pajero Sport Meluncur Pada Tanggal 1 Agustus 2015 dan Jaguar Land Rover Tarik Puluhan Ribu Unitnya Karena Masalah Pada Bagian Pintu dan Sunroof.

Top