BMW Hadirkan Teknologi “Stoplamp” Pintar untuk Motor

BMW Hadirkan Teknologi Stoplamp Pintar untuk Motor – Perkembangan teknologi yang makin pesat saat ini tentu saja berdampak bagi semua aspek kehidupan manusia. Salah satunya bidang otomotif, yang memunculkan teknologi baru dengan memberi manfaat baik bagi manusia. Baru-baru ini BMW diketahui telah menghadirkan teknologi pintar Stoplamp atau lampu belakang untuk jajaran sepada motor mereka yang disebut dengan dynamic brake lights. Lampu belakang pintar tersebut nantinya akan dapat menyala saat motor dihidupkan, nantinya nyala lampu belakang ini akan berbeda saat pengendara melakukan pengereman atau cara berkendara tidak bisa atau bersifat darurat.

BMW Hadirkan Teknologi “Stoplamp” Pintar untuk Motor

Teknologi lampu belakang pintar ini sebenarnya telah ditanamkan pada mobil BMW terlebih dahulu dan baru beberapa saat lalu disematkan pada motor BMW. Memang teknologi lampu belakang pintar ini memiliki warna yang khusus. Pertama, saat motor BMW yang digunakan melaju dengan kecepatan tinggi di atas 50 km/jam dan tiba-tiba melakukan pengereman maka nantinya lampu akan bekedip-kedip dengan frekuensi 5 Hz untuk memberikan peringatan terhadap pengendara lainnya yang ada di belakang.

Advertisement

Sedangkan untuk pengereman kedua, yakni untuk fungsi pengereman darurat. Saat motor BMW digunakan dengan laju kencang dan tiba-tiba melakukan pengereman hingga menurunkan kecepatan sampai 14 km/jam. Nantinya lampu belakang akan berkedip-kedip seperti pengereman biasa dan diakhiri dengan lampu hazard yang menyala. Kedipan tersebut akan kembali menyala normal saat motor BMW kembali melaju dengan kecepatan lebih dari 20 km/jam.

Tentu saja dengan teknologi tersebut membuat pengendara motor BMW akan merasa aman dan nyaman karena pengendara tidak kehilangan konsentrasi akibat harus menyalakan fungsi lainnya, apabila menggunakan motor tanpa teknologi ini.

Diketahui baru akan ada beberapa motor BMW saja yang mendapatkan teknologi lampu belakang pintar ini. Beberapa motor BMW tersebut adalah R1200GS, R1200GS Adventure, S1000XR, K1600GT, GTL, dan GTL Exclusive. Sayangnya teknologi tersebut nantinya baru di pasarkan di pasar otomotif Eropa saja. Belum diketahui apakah nantinya wilayah yang lain akan mendapatkan motor BMW dengan lampu belakang pintar ini. Baca juga PT Astra Honda Motor Luncurkan Teaser Honda CBR150R Naked Version dan BMW Motorrad Resmi Hadir di Indonesia, 22 Model Tersedia.

Top