Yamaha Tak Berminat Jual Motor ‘Ayam Jago’

Yamaha Tak Memiliki Rencana Produksi Motor Tipe Ayam Jago – Salah satu segmen otomotif Indonesia yang persaingannya semakin sengit adalah kelas bebek sport 150 cc. Persaingan di kelas tersebut sebentar lagi akan bertambah ‘panas’ setelah Honda berencana turun gunung di kelas 150 cc lewat Honda Sonic RS generasi baru. Kehadiran Honda Sonic RS versi baru ini disinyalir akan menjadi pesaing Suzuki Satria FU yang sudah bertahun-tahun menjadi penguasa segmen bebek sport 150 cc.

yamaha-tak-memiliki-rencana-produksi-motor-tipe-ayam-jago

Menariknya lagi, motor baru Honda untuk segmen bebek sport 150 cc pun akan memiliki konsep ‘ayam jago’ layaknya Suzuki Satria FU. Melihat persaingan itu, Yamaha Indonesia menyatakan tak menaruh minat untuk ikut-ikutan menjual unit motor bebek sport dengan desain ayam jago.

Yamaha Indonesia sebenarnya pernah memiliki produk bebek ayam jago dalam sosok Yamha Tiara S dan juga Yamaha Champ yang kini produksinya tak dilanjutkan. Meski begitu, Yamaha melihat bahwa segmen bebek sport ayam jago tak memiliki pangsa pasar yang besar.

“Kita sudah pernah bermain di segmen itu—bebek ayam jago. Pasarnya juga segitu saja, tidak besar dan berkembang,” ujar GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Mohammad Masykur.

separator

Yamaha Indonesia sendiri meluncurkan Champ pada medio 1992-1993, lalu disusul oleh Tiara S pada tahun 2000-an. Namun masa edar kedua motor bebek sport berkonsep ayam jago racikan Yamaha itu tak berlangsung lama.

“Alasan utama kami tak berniat menjual tipe ayam jago adalah pasarnya yang tidak berkembang. Biarkan saja kompetitor yang bersaing. Namanya juga bisnis,” imbuh Masykur.

Lebih lanjut, Masykur pun juga enggan menyebut bahwa Yamaha Jupiter MX King sebagai ‘ayam jago’.

“Kita menyebut Jupiter MX King sebagai bebek super, bukan ayam jago. Kalau kita bilang itu ayam jago, nanti kompetitor bisa marah,” tambah Masykur sambil tertawa.

Yamaha Indonesia sendiri meraih kesuksesan dengan kehadiran Jupiter MX King. Selama Maret hingga April 2015 yang lalu, penjualan Yamaha Jupieter MX King telah mencapai 5.786 unit. Baca juga Logo Blue Core Gantikan Slogan Semakin di Depan pada Yamaha YZR-M1 dan BMW Hadirkan Teknologi Stoplamp Pintar untuk Motor.

  • Wahyu Fadilah

    Maaf bukannya saya tidak setuju dengan M. Masykur
    Tapi menurut saya sekarang kalangan anak muda sedang buming2nya dengan motor racikan suzuki itu, kalau saja yamaha bisa membuat desain dan dan daleman mesin yg lebih baik dari satria fu itu, mungkin saja kalangan anak mudapun akan beralih ke yamaha
    Seperti saya, saya waktu punya satria fu itu sangat menantikan sekali datangnya ciptaan yamaha yang lebih keren dari suzuki, tapi sampai saat ini belum tercapai juga.
    Saya mohon di pertimbangkan lagi.

Top