Motor yang Ditinggal Mudik, Juga butuh Perawatan Lho…!

Perawatan untuk Motor yang Ditinggal Mudik Pemiliknya – Mudik alias pulang kampung, sudah menjadi salah satu ciri khas, ketika hari raya Idul Fitri datang. Bro and sist melakukannya juga di lebaran tahun ini? Apa transportasi andalanmu untuk pulang kampung? Sebagian besar pemudik, masih sangat tertarik untuk membawa motor tunggangannya untuk mudik. Mengendarai motor sendiri, banyak dirasakan lebih banyak manfaatnya, sekalipun tak bisa terhindar juga dari nilai minusnya. Namun untuk sebagian orang lainnya, mereka lebih memilih mudik dengan transportasi umum dan meninggalkan motornya di rantau. Tapi, apapun pilihan bro and sist, baik kendaraan yang akan dibawa mudik, maupun kendaraan yang ditinggal mudik, ternyata memerlukan perawatan.

merawat motor yang akan ditinggal mudik

Untuk motor yang akan dibawa perjalanan jauh, persiapan secara fisik pastinya sangat dibutuhkan. Begitupun dengan motor yang hanya akan digarasikan selama mudik. So, mas Sena ingatkan untuk tak meninggalkan kendaraan begitu saja, selama perjalanan mudik. Ada hal-hal yang harus anda lakukan, agar kondisi motor tetap prima, ketika anda kembali ke rantau setelah mudik.

Bro and sist pasti pernah mengalami, motor anda susah distarter, ketika beberapa hari digarasikan begitu saja. Nah, itulah salah satu konsekuensi yang akan diterima. Lebih dari itu, beberapa bagian motor bahkan bisa berkarat. Untuk menghindarinya, ada hal-hal yang bisa bro and sist lakukan.

Hal pertama yang dapat dilakukan sebelum meninggalkan motor di garasi dalam waktu lama adalah mengganti olinya. Setelah itu, panaskan mesin motor. Hal ini berguna  agar oli tersirkulasi ke seluruh bagian. Inilah yang akan membantu anda untuk menjaga bagian mesin dari karat.

Setelah mengganti oli, jangan lupa untuk mengisi bensin hingga penuh. Sama dengan oli, perawatan ini berguna agar tangki minyak motor anda  tidak berkarat selama ditinggalkan. Saat akan digunakan, pastikan kuras bensin lama dan isi dengan yang baru. Sebab, bensin yang terlalu lama berada di tangki tanpa digunakan biasanya membuat performa motor berkurang.

Langkah ketiga sebelum meninggalkan motor dalam waktu lama adalah dengan mencabut aki motor. Ini berguna untuk menghindari aki soak. Perhatikan juga air radiatornya. Ganti dengan yang baru. Kelihatannya memang cukup rumit, untuk barang yang akan berdiam diri saja. Tapi ingat, hal-hal itu akan membuat motor anda siap tempur lagi, setelah lama ditinggalkan pemiliknya untuk mudik. Baca juga Polri Wajibkan Titik-titik Pemberhentian Khusus Pemudik Roda Dua dan Mudik dengan Touring Itu Berbeda.

 

Top