Mazda RX-7 Akan Reborn dengan Mesin Rotary

Mazda Siap Lahirkan Lagi Mazda RX-7 dengan Mesin Rotary – Nama Mazda RX-7 merupakan salah satu mobil sedan sport yang cukup disegani. Namun sejak beberapa tahun yang lalu, Mazda RX-7 sempat menghilang dari peredaran. Kini, setelah sempat ‘menyuntik mati’ Mazda RX-7, Mazda dikabarkan siap untuk menghidupkan lagi RX-7 dengan konsep baru.

mazda-siap-lahirkan-lagi-mazda-rx-7-dengan-mesin-rotary

Mazda diberitakan akan menghadirkan kembali unit sedan sport Mazda RX-7 dengan konsep yang lebih futuristik. Prototipe All New Mazda RX-7 sendiri direncanakan akan tampil di ajang Tokyo Motor Show tahun 2017 mendatang.

Tahun 2017 sendiri merupakan tahun istimewa bagi pabrikan asal Jepang, Mazda. Tahun 2017 akan jatuh bertepatan dengan 50 tahun peringatan penggunaan mesin rotary pada mobil Cosmo Sport yang merupakan jenis mobil pertama buatan Mazda yang menggunakan mesin berjenis rotary.

Sebagai informasi, mesin berjenis rotary adalah tipe mesin yang ditemukan oleh seorang insinyur asal Jerman bernama Felix Heinrich Winkel. Mesin rotary bekerja dengan menggunakan gerakan naik-turun piston yang diubah menjadi gerakan rotasi sebagai sumber tenaga untuk menggerakkan bagian bernama rotor yang memiliki fungsi sama dengan piston.

Mesin rotary seperti itulah yang akan ditanamkan pada All New Mazda RX-7. Mesin tersebut memiliki kubikasi sebesar 1.600 cc yang telah mengadaptasi mesin tipe SKYACTIV. Mesin pada RX-7 generasi baru diklaim akan lebih irit dalam hal konsumsi bahan bakar.

Selain mengusung mesin baru, generasi baru Mazda RX-7 juga akan tampil dengan desain eksterior baru yang lebih agresif. Fender pada RX-7 nampak lebih berotot dan terlihat lebih besar. Seperti mobil-mobil lansiran Mazda lainnya, All New Mazda RX-7 masih akan mengadopsi desain Kodo yang menjadi ciri khas Mazda.

Kabar lain juga menyebutkan bahwa All New Mazda RX-7 nanti akan menggunkan platform yang sama dengan Mazda MX-5, namun dengan material yang lebih ringan, hampir 100 kg lebih ringan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Meski akan diperkenalkan pada tahun 2017 mendatang, namun versi produksi massal Mazda RX-7 baru akan dibuat pada tahun 2020, bertepatan dengan haru jadi Mazda ke-100. Baca juga Jaguar Land Rover Tarik Puluhan Ribu Unitnya Karena Masalah Pada Bagian Pintu dan Sunroof dan Nissan India Akan Luncurkan Datsun redi-Go pada Maret 2016.

Top