Jadi Komponen Wajib di Eropa, Rem ABS Lebih Aman

Motor Dengan Rem ABS Diklaim Lebih Aman – Bro and sist yang memang lumayan memperhatikan dunia otomotif, rasanya sudah tak asing lagi dengan istilah rem ABS. Atau paling tidak, sudah pernah mendengar istilah tersebut. Sistem rem yang stu ini, memang sudah dipakai oleh beberapa tipe motor di Indonesia. Namun di luar negeri terutama Eropa, rem ABS ternyata sudah jamak digunakan. Sejauh ini, rem ABS juga dijadikan komponen wajib bagi motor baru di atas 125 cc di Eropa mulai 1 Januari 2016. Rem ABS seakan “diagung-agungkan”, karena diklaim lebih aman untuk berkendara. Apa benar?

rem ABS diklaim lebih aman

ABS atau Antilock Bracking System, jika diartikan secara harfiah memiliki arti “rem anti terkunci”.  Sesuai dengan anti harfiahnya, sistem pengereman ini akan berfungsi untuk mencegah terjadinya enguncian roda, ketika dilakukan pengereman mendadak atau panic brake. Dalam keadaan tersebut, biasanya pengendara akan menginjak rem secara keras, hingga mentok. Jika terjadi pengereman mendadak, biasanya motor akan selip dan terjatuh. Disinilah rem ABS akan bekerja membantu anda untuk tetap aman. Klaim lebih aman yang dimiliki oleh rem ABS, juga tak sekedar selorohan, namun memang telah terbukti berdasarkan data yang ada.

Data didapatkan diantaranya dari dua riset, yakni dari  Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) serta Highway Loss Data Institute (HLDI). IIHS dan HLDI pertama kali membuat riset pada 2008 dan 2010. Dalam riset pertama mereka, hasil yang positif telah muncul. Beberapa riset kembali dilakukan di tahun-tahun setelahnya. Dari kedua riset tersebut, memang terbukti bahwa sistem pengereman ABS menekan jumlah kecelakaan dan korban jiwa akibat kecelakaan sepeda motor.
Riset IIHS pada 2013 lalu berkesimpulan bahwa tingkat kecelakaan fatal menurun 31 persen dibanding motor yang sama tanpa ABS. Sementara itu, riset HLDI menunjukkan bahwa 20 persen klaim untuk kerusakan motor karena kecelakaan menurun, sementara 28 persen juga menurun untuk klaim cedera karena sebab yang sama.

Tak hanya riset dari IIHS dan HLDI, sebuah riset lintas negara yang dipublikasikan di US National Library of Medicine pun memberikan kesimpulan yang senada. Rem ABS mengurangi tingkat kecelakaan sebanyak 27 persen di Italia dan 22 persen di Spanyol. Baca juga BMW Hadirkan Teknologi Stoplamp Pintar untuk Motor dan Minyak Goreng Bisa Jadi Alternatif Lumasi Rantai Motor.

Top