Moge Boleh Masuk Tol, Asalkan…

Syarat Moge Bisa Masuk Jalan Tol – Belakangan ini, para pengguna motor gede alias moge, bersikeras ingin bisa menggeber kendaraannya di jalan bebas hambatan (jalan tol). Menjawab permintaan tersebut, pihak kepolisian nyatanya masih enggan untuk memberikan ijin tersebut. Berbagai macam hal pun, menjadi pertimbangan untuk penolakan tersebut. Secara tegas, Kapolri Badrodin Haiti pun menolak hal tersebut.

moge boleh masuk tol asalkan

Dalam akun Facebook, Divisi Humas Mabes Polri juga mem-posting sikap tegas Kapolri yang menyatakan penolakan keinginan biker moge untuk bisa lewat di jalan tol. Badrodin tidak menginginkan adanya diskriminasi untuk pemilik moge dan sepeda motor kecil.

”Kan jalan biasa juga sudah crowded, kalau mau gampang, bikin private, bikin jalan sendiri,” kata Badrodin dikutip di akun Facebook Divisi Humas Mabes Polri.

Memperkuat penolakan pihak kepolisian itu, Kabid Manajemen Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas-Korps Lalu Lintas Mabes Polri, Kombes Pol Unggul Sediyantoro, mengatakan, larangan tersebut terkait dengan fungsi jalan tol sendiri. Unggul menjelaskan, bahwa jalan bebas hambatan itu didesain tidak untuk dilintasi kendaraan roda dua. Moge yang termasuk dalam kategori kendaraan roda dua, pastinya terikat juga dengan aturan tersebut.

“Sesuai dengan rambu dan undang-undang, jalur tol untuk kendaraan roda empat ke atas. Kenapa demikian? Karena jalur jalan tol sendiri didesain untuk dilewati dengan kecepatan agak tinggi, dengan kecepatan minimal 60 kilometer per jam,” jelas Unggul kepada media.

Belum diperbolehkannya moge untuk melintasi jalan tol, juga terkait dengan syarat-syarat lainnya. Kepala Korlantas Mabes Polri menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, agar moge bisa masuk jalan tol, salah satunya kesiapan infrastruktur.

“Moge masuk tol sekarang itu regulasinya masih belum memungkinkan. Ada aturan yang memperbolehkan moge masuk tol apabila infastrukturnya sudah disiapkan tersendiri, contohnya kayak tol di Bali. Ada perpres pertama yang sama sekali mencantumkan sepeda motor tidak boleh masuk tol, kemudian perpres kedua yang memungkinkan (masuk tol) apabila ada jalur tersendiri. Di Bali itu (motor) tidak bergabung dengan roda empat,” terang Condro, Minggu 12 Juli 2015 malam.

Jalan tol lainnya yang sudah bisa dilalui motor, lanjut dia, adalah Suramadu. Di sana ada lajur tersendiri sehingga kendaraan roda dua diperbolehkan melintas.

“Kalau tolnya menyiapkan infrastruktur, dia menyiapkan jalur yang khusus sepeda motor, itu tidak masalah. Enggak apa-apa. Aturannya harus begitu,” pungkas Condro. Baca juga Versi Facelift Moge Triumph Akan Mulai Dijual Tahun Depan dan Aturan Mengangkat Moge Yang Jatuh.

 

 

 

  • dalian

    yaah kalau di bali dan suramadu sudah boleh masuk roda dua di jalan tol ya otomatis kota kota lain juga latah lah mau ikutan……..hehehee

  • Adhy Maulana

    Minimal 60 km/h? Itu kecepatan tinggi? Motor gw bisa 120 km/h gigi 1 pak 🙁

  • Muhammad Haikal

    Yaelah 60km/h motor gw zx10r(988cc) jalan 215 km/h udah biasa.

Top