Yamaha Tidak Tertarik Garap Motor “Ayam Jago”

Yamaha Tidak Tertarik Garap Motor Ayam Jago – Disaat kompetitor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), yaitu PT Astra Honda Motor (AHM) yang tengah mempersiapkan peluncurkan produk motor ayago atau ayam jago terbarunya yang dinamakan Honda Sonic 150. Di mana nantinya produk tersebut akan bersaing secara langsung dengan produk ayago dari PT Suzuki Indomobil Sales, yaitu Suzuki Satria FU series. Namun kenyataannya Yamaha tidak tertarik untuk mengikuti jejak para kompetitornya tersebut. Yamaha sudah sangat yakin dengan produk mereka yaitu bebek sport super yang dinamakan Yamaha Jupiter MX-King 150 untuk pasar otomotif Indonesia. Bahkan dengan produk tersebut Yamaha pun dapat mengganggu bahkan merajai kelas bebek 150 meskipun berbeda segmentasi dengan dua kompetitornya tersebut.

Yamaha Tidak Tertarik Garap Motor Ayam Jago

Seperti diungkapkan oleh Asisten GM YIMM, Mohammad Masykur yang menyatakan bahwa segmen ayam jago di Indonesia tak begitu besar, dan Yamaha Indonesia tidak berniat untuk memasarkannya karena sudah memiliki bebek sport, Yamaha Jupiter MX-King 150 yang menjadi andalan pada kelas bebek 150 cc.

Ketidak tertarikan Yamaha untuk menggarap segmentasi motor ini bukannya tanpa alasan. Sebab hal ini juga sempat berlaku pada era 1990-an, saat Yamaha bermain pada segmen ayam jago ini dengan Yamaha Champ. Pada era tersebut motor ayago Yamaha tersebut yang memiliki mesin 2 tak memang tak sesukses model Yamaha lainnya. Kemudian di era 2000-an Yamaha kembali mencoba hadir dalam persaingan pada segmen ini dengan Yamaha Tiara, namun kembali lagi hasilnya tidak kunjung cemerlang.

Sementara itu untuk produk bebek sport Yamaha yaitu Jupiter MX yang kini berevolusi menjadi Jupiter MX-King malah menjanjikan penjualan yang begitu baik. Diketahui saat Satria FU terjual 6.000 sampai 7.000 unit sebulan, maka Yamaha Jupiter MX-King melampaui penjualan tersebut yang mencapai 16.000 unit perbulan.

separator

“Saat ini sudah cukup dengan MX King. Kami tidak menyebut MX King sebagai ayam jago, tapi bebek super. Biarkan kompetitor bersaing, masing-masing punya strategi. Kalau kami bikin juga nanti malah tidak fokus,” ujar Masykur. Baca juga Syarat Moge Bisa Masuk Jalan Tol dan Motor Dengan Rem ABS Diklaim Lebih Aman.

Top