Tips Meninggalkan Sepeda Motor Ketika Mudik

Tips Meninggalkan Sepeda Motor Ketika Mudik – Musim mudik lebaran 2015 telah tiba. Tentu saja banyak dari bro dan sis yang memanfaatkan libur Hari Idul Fitri 1436 H yang cukup panjang ini untuk pulang ke kampung halaman atau mudik demi bertemu orang tua, sanak, saudara dan lain sebagainya. Bagi bro dan sis yang mudik ke kampung halaman pun pasti kebanyakan memiliki waktu yang cukup lama baik itu waktu saat perjalanan maupun waktu saat di kampung halaman. Nah dengan hal ini tentu saja rumah atau tempat tinggal yang ditinggal mudik tidak ada yang mengurusi. Begitu pula pada kendaraan sepeda motor yang ditinggalkan, khususnya bagi pemudik biasanya memilih transportasi umum karena bisa lebih nyaman dan aman. Apabila sepeda motor ditinggalkan dalam kondisi lama bisa saja saat pulang dari mudik nanti akan muncul masalah ketika akan digunakan kembali. Nah demi mengatasi masalah tersebut ternyata ada tips-tips bagi pemudik yang meninggalkan sepeda motor.

Tips Meninggalkan Sepeda Motor Saat Mudik

Tips ini dilansir dari laman KompasOtomotif, Selasa (14/7/2015), yang mana Micheal Gerald Ghozal, selaku Safety Riding Analyst Astra Motor menjelaskan bahwa terdapat beberapa poin agar sepeda motor tetap dalam kondisi baik saat ditinggal mudik. Berikut tips-tipsnya.

  1. Bila mana akan pergi mudik dalam waktu yang lama, usahakan agar sepeda motor dalam kondisi bersih dan kering. Langkah ini penting untuk menghindari korosi atau karat selama sepeda motor ditinggal.
  2. Direkomendasikan agar isi bensin dalam kondisi penuh (full tank), atau jika tidak malah sebaliknya, kuras tangki sampai benar-benar kosong. Hal ini berguna untuk menghindarkan terjadinya karat karena proses penguapan bensin sepeda motor saat ditinggal dalam waktu yang lama.
  3. Lalu lebih baik apabila kabel aki yang terhubung dicabut agar daya dan arus listrik motor terjaga.
  4. Kemudian, pastikan bahwa sepeda motor ditempatkan atau disimpan dalam tempat yang aman, tidak terkena panas, hujan, hal yang mudah terbakar dan lain sebagainya.
  5. Jangan lupa gunakan standar ganda. Selain itu, beri alas kayu atau karton pada permukaan ban yang menempel ke lantai. Sebab hal tersebt dapat menyebabkan tekanan angin cepat berkurang.
  6. Pastikan bahwa sepeda motor sudah dikunci dengan aman. Lalu lebih baik apabila sepeda motor ditutupi dengan tudung atau terpal agar tidak kotor.
  7. Terakhir, setelah ditinggal mudik dalam waktu yang lama tentu saja oli akan turun ke bagian bawah mesin. Maka saat menghidupkan mesin sepeda motor, jangan langsung menggeber atau membuka gas terlalu besar. Sebaiknya pertama kali genjot kick starter selama beberapa kali dengan keadaan kunci kontak off. Lalu baru hidupkan kunci kontak dalam kondisi on dan hidupkan mesin menggunakan kick starter. Baca juga Yamaha Tidak Tertarik Garap Motor Ayam Jago dan Motor Dengan Rem ABS Diklaim Lebih Aman.
Top