Ini Lho, Penyebab 14 Juta Kecelakaan Mobil di Amerika

Pengemudi Usia Lanjut Faktor Terbesar Kecelakaan di Amerika – Kecelakaan memang merupakan faktor terdekat, ketika kita berlalu lintas di jalanan. Faktor penyebabnya beragam, pun telah ada berbagai macam aturan untuk meminimalisir kecelakaan. Nammun di negara adidaya seperti Amerika, faktor terjadinya belasan juta kecelakaan, bisa dibilang cukup unik—dan miris di satu sisi.

pengemudi lanjut usia sebabkan jutaan kecelakaan di amerika

Bagaimana tidak, di Amerika tercatat ada 14 juta orang yang mengalami kecelakaan. Penyebabnya adalah pengemudi berusia lanjut (65 tahun atau lebih). Hal tersebut berdasarkan survey yang dilakukan oleh Caring.com dalam 12 bulan terakhir tentang data jumlah kecelakaan. Bagaimana bisa? Padahal jika dinalar, para pengemudi berusia lanjut itu, tergolong memiliki “reputasi” yang baik dalam mematuhi peraturan lalu lintas. Sehingga bisa dibilang, para lansia yang masih aktif mengemudi itu  tidak lebih berbahaya dari pengemudi remaja yang mabuk saat berkendara. Namun berdasarkan penelitian Caring.com ini, fakta tersebut justru berbalik. Warga Amerika yang berusia di atas 65 tahun dikelompokkan sebagai penyebab kecelakaan mobil tertinggi.

“Kini, bagi banyak orang Amerika yang telah lanjut usia, mengemudi dapat menjadi topik yang menyakitkan. “Mengemudi sering dikaitkan dengan kemerdekaan dan kebebasan, yang mengapa banyak orang tua enggan untuk menyerahkan kunci mobil mereka,” kata Andy Cohen CEO Caring.com.

Advertisement

Selain dianggap menjadi biang keladi terjadinya belasan juta kecelakaan, para pengemudi lanjut usia di Amerika juga menjadi objek penelitian tentang Surat Izin mengemudi (SIM). Penelitian mengungkapkan fakta bahwa 30 persen orang Amerika telah berusia 65 tahun atau lebih, dan untuk menentukan apakah masih layak untuk memiliki surat izin mengemudi (SIM) diserahkan kepada keluarganya. Sementara itu, 26 persen lebih memilih untuk membuat keputusannya sendiri. Hanya 10 persen yang percaya DMV atau pemerintah harus membuat keputusan, dan 21 persen sisanya percaya dokter atau perawat meraka yang harus membuat pilihan.  Berkenaan dengan para pengemudi lanjut usia ini, Dewan Keamanan Nasional (National Safety Council) menyimpulkan bahwa 40 persen orang Amerika tidak nyaman berbicara kepada orang tua mereka tentang cara mengemudi. So, apa pendapat anda tentang para kakek dan nenek yang masih aktif mengaspal ini? Baca juga Rp 1,3 Miliar, untuk Modifikasi Jeep Milik Mayweather dan Ini dia Modifikasi Mobil Ala Chris Brown.

Top