Honda Resmi Patenkan Mesin 2-tak Injeksi Ciptaannya

Honda Resmi Patenkan Mesin 2-tak Injeksi Miliknya – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang makin pesat memang berdampak pada berbagai bidang dalam kehidupan manusia, yang kebanyakan memberikan manfaat positif. Salah satunya dalam bidang otomotif. Telah kita ketahui bersama era mesin 2 tak merupakan era mesin yang telah ditinggalkan untuk masa otomotif saat ini karena mesin 2 tak dianggap lebih boros dalam berbagai sisi apabila dibandingkan dengan mesin 4 langkah saat ini. Memang untuk tenaganya jelas mesin 2 tak pada kapasitas yang sama dengan mesin 4 tak jauh lebih bertenaga. Namun kembali lagi karena biaya yang lebih besar dalam hal pembuatan, perawatan, dan konsumsi bahan bakar membuat berbagai pabrikan kini mulai berpaling dari mesin ini. Meskipun beberapa masih ada yang mengembangkan mesin 2 tak ini.

Honda Resmi Patenkan Mesin 2-tak Injeksi Ciptaannya

Menariknya salah satu pabrikan besar asal Jepang, Honda dikabarkan sedang mencoba membangkitkan kembali era kejayaan mesin bahan bakar dua langkah atau 2-tak. Informasi tersebut dilansir oleh laman Gizmag, pada akhir pekan akhir Juli lalu yang menyebutkan bahwa saat ini Honda tengah mengajukan aplikasi paten mesin 2-tak terbaru. Di mana mesin 2 tak terbaru andalan Honda tersebut telah mengusung teknologi injeksi.

Dari gambar yang beredar, sepertinya desain mesin 2 tak terbaru dari Honda memang bisa mengurangi kekurangan mesin 2 tak lawas sebelumnya. Dengan adanya sistem suplai bahan bakar berbasis injeksi yang terpasang di belakang silinder, yang mana sistem dirancang agar dapat menyemprotkan bahan bakar ketika piston berada pada titik paling atas. Rancangan sistem tersebut akan membuat gejala bahan bakar yang tidak terbakar dengan sempurna dapat diminimalisir sekecil mungkin. Selain itu desain  mesin 2 tak baru tersebut juga dapat membantu kinerja silinder serta piston lebih dingin sehingga mampu menghasilkan tenaga yang maksimal.

Pihak Honda percaya bahwa dengan memangkas beberapa hal rumit pada rancangan mesin 2 tak lainnya akan sekaligus memangkas ongkos produksi serta perawatan. Sehingga dengan kondisi tersebut membuat mesin 2 tak buatan Honda semakin relevan untuk diproduksi massal. Baca juga Yamaha NMAX Laku Keras di Eropa dan Yamaha Tidak Tertarik Garap Motor Ayam Jago.

Top