Stop Cuci Motor Saat Mesinnya masih Panas

Mencuci Motor Dalam Keadaan Mesin Panas, Timbulkan Resiko – Mencuci motor, terkadang terdengar sebagai hal kecil. Namun ‘aksi’ yang satu ini, merupakan salah satu cara untuk menjaga performa tunggangan kita itu. Namun sangat disayangkan, masih banyak sekali orang yang asal-asalan dalam mencuci motor. Kegiatan yang satu ini memang terdengar sepele. Tapi jangan salah lho Bro and Sist….! Mencuci motor asal-asalan bisa beresiko pada kerusakan mesin. Seperti apa? Mas Sena punya ulasannya.

mencuci motor saat mesin masih panas timbulkan resiko

Salah satu hal yang termasuk dalam kategori ‘asal-asalan’ dalam mencuci motor adalah mencuci dalam keadaan mesin masih panas. Ini sering terjadi, bahkan di tempat-tempat pencucian motor. Mereka yang tidak mengerti, tak jarang langsung mengguyurkan air ke motor, saat motor baru saja tiba di tempat pencucian. Mungkin hal itu juga yang secara tidak sadar anda lakukan. Jika benar, stop mulai saat ini. Cara mencuci seperti ini dapat berakibat buruk terhadap motor.

Autoevolution menjelaskan,  logam panas dan air dingin adalah dua hal yang saling bertentangan. Hukum fisika dasar menyebutkan bahwa perubahan suhu secara tiba-tiba dapat merusak bagian logam. Nah, hal itu pula yang akan terjadi ketika motor dengan kondisi mesin masih panas, langsung diguyur air karena akan dibersihkan.

Paling tidak, mencuci motor yang mesinnya masih panas akan membuat motor tidak mau hidup (tidak mau distarter). Hal ini dikarenakan selang piston bengkok. Dalam kasus lain yang ekstrim, blok mesin bahkan dapat retak karena perubahan suhu yang tiba-tiba. Hal yang sama juga berlaku pada pipa panas, misalnya bagian knalpot. Selain itu, cara ini juga dapat merusak krom. Minimal perubahan warna pada komponen bisa terjadi karena perlakuan tersebut.

separator

Maka untuk menghindari hal tersebut, ketika Bro and Sist akan mencuci motor kesayangan, jangan dalam kondisi mesin masih panas, Paling tidak, didiamkan dulu sekitar 15 menit agar ada proses pendinginan secara alami. Selamat mencoba…! Baca juga Fix…! Pertalite Segera Hadir di SPBU dan Yamaha Tidak Tertarik Garap Motor Ayam Jago

 

  • Deni

    Nah kalo motornya lg on the road trus ujan gede tiba”gmn?

Top