Ajang Suzuka 8 Hours : Espargaro Dkk Berjaya, Casey Stoner Kecelakaan

Suzuka 8 Hours Dimenangi Espargaro Dkk – Ajang balap Suzuka 8 Hours di Sirkuit Suzuka, Jepang telah terselenggara Minggu (26/7/2015). Tim Yamaha pun Berjaya di ajang tersebut. Tim yang digawangi oleh Pol Espargaro, Bardley Smith, dan Katsuyuki Nagasuka itu, berhasil keluar menjadi juara dan melibas tim-tim lainnya. Hasil tersebut diraih, menyusul start yang baik di pole position. Di sisi lain, Casey Stoner yang membela tim Musashi RT Harc-Pro, justru mengalami kecelakaan. Seperti apa keseruannya? Mas Sena punya ulasannya untuk Bro and Sist.

Espargaro Dkk Berjaya Casey Stoner Kecelakaan
Sehari sebelum balapan, Espargaro mencatat waktu tercepat pada Top 10 Trial. Dengan modal tersebut, ia berhasil start dari pole position. Perjalanan Pol Espargaro cukup mulus, apalagi pada jam kedua, lawan terbesar mereka– Musashi RT Harc-Pro mengalami insiden. Salah satu pebalapnya, yakni Casey Stoner jatuh saat balapan baru memasuki jam kedua. Stoner kehilangan kendali motor di tikungan hair pin di sekitar 70 menit dari 8 jam yang dijadwalkan. Alhasil, pebalap Australia itu terlempar dari motornya dan beberapa kali terjungkir balik. Motor Stoner rusak berat dan balapannya pun berakhir. Hingga kini memang belum ada keterangan lebih lanjut tentang kondisi Stoner pasca kecelakaan itu. Namun dengan “berakhirnya” Stoner di race ini, maka semakin muluslah jalan Espargaro dan timnya.

Namun pada  akhir jam kelima dan keenam, muncullah FCC TSR yang diperkuat pebalap Moto2, Dominique Aegerter, pebalap Supersport World Cahmpionship, Kyle Smith, dan Josh Hook. Tim tersebut pun memimpin. Namun nyatanya, usaha mereka tak cukup bisa menumbangkan dominasi Espargaro dkk.  Memasuki dua jam terakhir balapan, tim Yamaha kembali mendominasi. Ketika balapan menyisakan waktu sekitar 25 menit,Yamaha melakukan pit stop ke-8 atau terakhir. Bardley Smith menggantikan Katsuyuki Nagasuka untuk menyelesaikan balapan. Hingga salah satu pebalap Honda QCT mengalami kecelakaan, dan safety car keluar pun, Yamaha masih di urutan terdepan.  Bahkan di lima menit terakhir,  Bardley Smith melaju tanpa hambatan. Maka Yamaha pun menyelesaikan balapan dengan finis pertama dan menyelesaikan 204 putaran. Sementara itu, tercatat nama FCC TSR Honda yang finis kedua.  Baca juga Rio Haryanto Bertekad Jaga Konsistensi di GP2 Hongaria dan Dari Keluarga, Sahabat dan Dunia Balap untuk Bianchi.

 

Top