Hasil Kurang Memuaskan di GP2 Hongaria, Rio Haryanto Tetap Naik Peringkat

Rio Haryanto Naik Peringkat Usai GP2 Hongaria – Pembalap nasional kebangaan Indonesia, Rio Haryanto yang mengikuti kompetisi balap mobil GP2 2015 yang merupakan balap mobil dibawah level Formula One (F1). Beberapa saat lalu telah melaksanakan GP2 2015 seri ke-6, yang dilangsungkan di sirkuit Hungaroring, Budaphest, Hongaria sejak Jumat, 24 Juli 2015 kemarin. Pembalap berusia 22 tahun ini yang sebelumnya bertekad meraih hasil maksimal dengan target podium harus rela tak sesuai dengan ekspetasi. Pasalnya dalam dua sesi balapan yakni Feature Race (Race 1) dan Sprint Race (Race 2), Rio gagal meraih podium. Meskipun begitu ternyata dengan hasil yang masih tergolong baik. Karena Rio Haryanto kini naik peringkat di klasemen sementara GP2 2015 dari sebelumnya bertengger di peringkat ke-3 naik menjadi peringkat ke-2 dengan koleksi 109 poin menggusur Alexander Rossi yang mengoleksi 105 poin.

Hasil Kurang Memuaskan di GP2 Hongaria, Rio Haryanto Tetap Naik Peringkat

Hal tersebut dikarenakan Rio Haryanto pada balapan pertama yang dilaksanakan hari, Sabtu (25/7/2015) finish di posisi ke-4. Sedangkan dibalapan kedua yang dilaksanakan pada hari berikutnya, Minggu (26/7/2015), ia menyelesaikan balap diposisi ke-5. Hasil tersebut membuat Rio berhak mengoleksi 18 poin dari 12 poin yang didapat pada balapan pertama dan 6 poin di balapan kedua.

Advertisement

Meski begitu hasil tersebut merupakan hasil yang cukup impresif bagi Rio Haryanto. Pasalnya, pada race pertama yakni Feature Race ia mengawali balapan dari posisi ketujuh. Dengan laptime yang stabil pada balapan pertama tersebut membuat pembalap Indonesia yang membela Campos Racing dapat merangsek ke urutan kelima. Keberuntungan menghampiri Rio, saat Stoffel Vandoorne terkena pinalti sehingga membuat dirinya finish di posisi ke-4.

Sebenarnya beberapa lap menjelang finish, Rio Haryanto sempat berada di posisi ke-3. Namun saat itu ia terlibat insiden dengan Sirotkin yang membuatnya harus tercecer ke posisi empat.

“Saya sempat memimpin jalannya balapan, tetapi pembalap yang mengganti ke ban option melaju lebih cepat. Pada akhirnya saya berada di posisi ketiga hingga putaran terakhir, namun terdapat insiden di tikungan kedua terakhir yang membuat saya terpaksa finish di urutan keempat,” ujar Rio.

Sedangkan di race kedua yakni Sprint Race, Rio tidak bisa berbuat banyak karena memulai balapan dari tempat ke-5 ia harus puas finish di posisi ke-5 pula. Hal tersebut dikarenakan sirkuit Hungaroring ini memiliki karakter yang sempit dengan kesempatan overtake minim. Baca juga Rio Haryanto Bertekad Jaga Konsistensi di GP2 Hongaria dan Dari Keluarga, Sahabat dan Dunia Balap untuk Bianchi.

Top