Mobil Terbang Tak Lagi Sebatas Fantasi

Mobil Terbang Bakal Muncul 2021 – Film-film fantasi, memang kadang sukses membuat kita berfantasi. Contohnya saja film Back to the Future, yang memamerkan mobil terbang. Namun ternyata, apa yang ada di film tersebut, akan benar-benar hadir secara nyata. Ya…! Mobil terbang…! Santer terdengar kabar kalau mobil terbang bakal segera muncul tahun 2021 mendatang. Wow…! Seperti apa?

Mobil Terbang Tak Lagi Sebatas Fantasi

Adalah pabrikan asal Amerika Serikat, Terrafugia, yang bakal meluncurkan mobil terbang yang disebut TF-X. Terbayang kan betapa teknologi yang diaplikasikan bakal begitu canggih. Mobil ini memang meliki sayap, seperti pada pesawat terbang umumnya. Sebelumnya, Terrafugia TF-X memang sudah diperkenalkan tahun 2013 lalu. Namun apa yang akan dimunculkan di tahun 2021 ini, akan membawa berbagai perubahan yang lebih canggih. Seperti apa perubahannya?

Pembaharuan yang dimaksud pada Terrafugia TF-X, salah satunya ada pada  eksterior. Desain eksterior dibuat baru. Tampang depan versi konsep 2013 yang seperti ikan lele,  diganti dengan hidung yang lebih mengerucut. Namun selain menunjang desain modern, rancangannya juga tentu sangat memperhatikan aerodinamis. Hal ini sangat penting, untuk ukuran kendaraan secanggih itu.

Selain melesat di udara, Terrafugia TF-X juga diklaim sah untuk melaju di jalanan. Di darat, TF-X bergerak menggunakan mesin bensin plug-in hibrida berkekuatan 300 tenaga kuda (tk) yang juga berperan membantunya untuk lepas landas secara vertikal seperti helikopter. Lain lagi ketika ia harus mengudara. Saat berada di angkasa, geraknya kebanyakan didorong mesin pesawat terbang buatan Rotax berkekuatan 100 tk. Karena menggunakan model plug-in hibrida, mesin bensin TF-X akan membantu mengisi ulang baterai. Bila terbang secepat 160 kpj, mobil dengan 4-penumpang ini bisa menempuh jarak hingga 650 km. Kecepatan tertinggi di udara dikatakan mencapai 320 kpj.

Bagaimana, tertarik untuk mengemudikannya? Mempelajari sistem kerja TF-X pun diklaim mudah. Butuh waktu lima jam bagi rata-rata pengemudi untuk mempelajari semuanya. Mengontrolnya di udara sama seperti memegang setir mobil biasa. Kerja terbang TF-X dikendalikan sistem otonomos hingga ke landasan pacu yang dituju. Selama perjalanan, “pilot” bisa mengoreksi atau mengambil alih kendali untuk keamanan. Semakinmembayangkannya? Tunggu kemunculannya 2021 nanti. Baca juga Terlalu Bising, Supercar Bakal Dilarang Digeber di London dan Aston Martin DB10, Mobil Terbaru James Bond.

 

 

Top