Merk Tiongkok Ini Segera Boombardir Pasaran Otomotif Indonesia

Sokon, Pabrikan Tiongkok yang Siap Tarung di Indonesia – Ternyata, pasaran Indonesia memang cukup punya pesona untuk menarik para perusahaan otomotif, untuk berkiprah di Indonesia. Salah satu yang akan segera menambah semarak pasran Indonesia adalah Sokonindo Automobile. Pabrikan otomotif dari Tiongkok itu, begitu pede bersaing dengan nama-nama lainnya. Sebenarnya, PT Sokonindo Automobile sendiri sudah hadir di Tanah Air sejak November 2014. Namun melalui komisarisnya, yakni Alexander Barus, Sokon menjelaskan baru akan resmi berkiprah di Indonesia pada November 2015 ini.

Merk Tiongkok Ini Segera Boombardir Pasaran Otomotif Indonesia

Sokon telah memulai pembangunan pabrik perakitan di Tangerang, Banten. Perusahaan tersebut menanamkan dana investasi sebesar USD150 juta, untuk pabrik tersebut. Malah kedepannya, Alexander Barus menjelaskan bahwa  Sokon akan menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi untuk pasar Asia Tenggara. Hingga saat ini, persiapan Sokonindo Automobile untuk mengekspansi asaran otomotif Indonesia, sudah cukup baik. Berbagai tahapan pun telah dilalui untuk mempersiapkan “ruang kerja” mereka di Indonesia.

“Saat ini tahap pembangunan 40 persen di Tangerang. Ini lokasi pabrik kita dulu Sanex karena sudah tidak produksi kita pakai itu. Karena kecil kita buat empat tingkat, untuk mesin sudah tiba di Priok, mesin utama sedang uji coba di Tiongkok,” ujarnya di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta.

Sokon sendiri cukup aktif berproduksi. Di negara asalnya, Sokon memproduksi 400 ribu unit per tahun. Sedangkan di Indonesia, tahap pertama akan dibuka dengan produksi 50 ribu unit per tahun.

separator

“Produksi kita ini kalau di Tiongkok 400 ribu unit per tahun. Untuk di Indonesia, tahap pertama ini kapasitas 50 ribu unit,” tutur Alexander Barus. Lantas, jenis mobil seperti apa yang bakal dihadirkan pabrikan Tiongkok itu di Indonesia?

Untuk sementara, Sokon mengakui bahwa jenis mobil yang diproduksi untuk Indonesia adalah mobil dengan mesin diesel 1.300 dan 1.500 CC berbahan bakar bensin. Jenis mobil yang diperuntukkan bagi Indonesia adalah MPV, yang kira-kira akan memiliki ukuran sedikit lebih besar dari Avanza. Ia mengungkapkan, saat ini seluruh suku cadang masih didatangkan dari Tiongkok. Namun untuk kedepannya, Sokon berniat untuk bisa membuat suku cadangnya di Indonesia.

“Nanti dalam lima tahun ke depan ditargetkan 80 persen suku cadang dibuat di Indonesia,” tutur Alexander Barus. Baca juga Ferrari F12 Speciale Bakal Muncul Maret Tahun Depan dengan Harga Selangit dan Mobil Terbang Bakal Muncul 2021.

 

Top