Harga Yamaha Grand Filano, Review & Spesifikasi Januari 2017

Harga Yamaha Grand Filano dan Spesifikasi – Jika Bro dan Sis mendatangi booth PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada gelaran Jakarta Fair Kemayoran 2015 pada beberapa waktu yang lalu, pasti mata Brosis akan tertuju pada sesosok skuter matik bernuansa retro khas motor Eropa. Yak! Unit sepeda motor terbaru Yamaha itu adalah Yamaha Grand Filano, atau dikenal dengan nama Yamaha Nozza Grande untuk pasar Vietnam dan Thailand. Setelah melakukan debut di ajang JFK kemarin, kini Yamaha Grand Filano benar-benar hadir di Indonesia. PT YIMM selaku pemegang merek dagang Yamaha di Indonesia memutuskan untuk mengirim Yamaha Grand Filano ke jalanan Indonesia jelang akhir bulan Juli ini. Kehadiran skutik bernuansa retro itu ke Indonesia pastinya akan menambah deretan motor baru Yamaha. Sebelum memperkenalkan Yamaha Filano, pabrikan Garpu Tala itu baru saja merilis jagoan-jagoan baru di kelas sport seperti Yamaha Byson FI hingga Yamaha MT-25. Grand Filano juga akan menemani Yamaha NMAX di kelas skutik premium milik Yamaha. Selain mengusung tema retro yang elegan, Yamaha Grand Filano juga memiliki keistimewaan tersendiri karena didatangkan secara impor utuh (CBU) langsung dari Thailand dan juga Vietnam.

yamaha grand filano

Sebagai skutik premium, pastinya Yamaha Grand Filano tak hanya mengandalkan desain fisiknya yang cantik dan menawan. Pada ruang dapur pacu, Yamaha membekali Grand Filano ini dengan mesin CVT berkapasitas 125 cc yang telah mengusung teknologi Blue-Core. Sebagai informasi, Yamaha Filano merupakan produk pertama dari Yamaha yang menggunakan teknologi mesin Blue-Core. Kehadiran teknologi Blue-Core pada Yamaha Grand Filano jelas akan membuat skutik ini menjadi lebih bertenaga dan pastinya akan membuatnya efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Sebelumnya, Yamaha memang pernah memiliki produk skutik retro dalam diri Yamaha Mio Fino. Namun Yamaha Mio Fino tak terlalu sukses di pasar karena kalah pamor dari Honda Scoopy. Nah kali ini Yamaha mencoba merebut kembali pasar skutik retro melalui Yamaha Filano ini. Hmmm, rasanya sudah cukup basa-basi dari Mas Sena. Agar tidak semakin penasaran, langsung saja kita ulas bareng-bareng detail spesifikasi dan harga Yamaha Grand Filano pada segmen-segmen berikut ini.

yamaha filano

Review Yamaha Grand Filano

Desain

Skutik Premium dengan Nuansa Klasik yang Elegan dan Stylish

Advertisement

Dari namanya saja, Grand Filano memang berkonotasi pada sesuatu bernuansa klasik yang memiliki kemegahan. Kemegahan desain klasik khas Eropa itulah yang coba dituangkan pada spesifikasi Yamaha Grand Filano di sektor penampilan fisiknya. Aroma klasik sudah tercium dari bagian depan skutik ini. Grand Filano memiliki desain lampu berbentuk segitiga dengan ketiga sisinya melengkung ke bagian luar. Tampang Yamaha Grand Filano memang sangat kental bernuansa skutik retro khas Italia. Sesuai dengan tema yang diangkat Yamaha, yaitu fashionable compact matic, Grand Filano tak hanya menonjolkan sisi fashion-nya saja, namun juga sangat memperhatikan kenyamanan penggunanya. Untuk itu, Yamaha Filano didesain dengan flat footboard atau pijakan kaki yang memiliki permukaan rata. Jika dilihat dari samping, skutik baru Yamaha ini memiliki desain yang mirip dengan Piaggio Zip. Bodi samping Yamaha Grand Filano memiliki bentuk tabung setengah lingkaran yang berakhir dengan sudut lancip pada bagian buritan. Bagian belakangnya sendiri tampil dengan sentuhan futuristik lewat desain lampu berbentuk V yang berpadu dengan lampu sein berbentuk jajaran genjang dengan lekukan elegan di kedua sisinya. Perpaduan tema klasik dan masa depan, itulah yang ditonjolkan oleh spesifikasi Yamaha Filano pada bagian desain fisiknya.

Speedometer

Panel Dashboard Retro yang Minimalis Namun Fungsional

Selain pada bentuk fisiknya, konsep retro juga tertuang pada spesifikasi Yamaha Grand Filano di bagian panel dashboardnya. Dengan dashboardnya yang tak terlalu luas, maka panel instrumen yang ada pada Grand Filano ini didesain dengan sangat minimalis. Namun meski tampil minimalis, Yamaha berhasil menutupi kesan minimalis pada dashboard Yamaha Filano dengan desain yang simpel dan elegan. Panel instrumen Grand Filano memiliki bentuk hexagonal yang terletak pada bagian tengah dashboardnya. Panel tersebut terdiri dari speedometer analog yang digabungkan dengan indikator tripmeter dan juga indikator bahan bakar. Berbeda dengan speedometernya yang masih berbentuk analog, panel BBM dan tripmeter pada Yamaha Grand Filano ini sudah berbentuk digital. Sementara itu, untuk indikator lampu sein dan juga lampu utama terletak di ujung atas tripmeter digitalnya. Selain itu, spesifikasi Yamaha Filano di kabin depan bawah dashboard juga dilengkapi semacam laci kecil yang sangat fungisional dan juga luband pengisian bahan bakar yang akan memudahkan pengendaranya saat mengisi BBM karena tak perlu turun dari motor.

spesifikasi yamaha grand filano

Dimensi

Dimensi Mungil Khas Eropa yang Asyik Diajak Menyusuri Jalanan Kota

Untuk ukuran skuter matik, spesifikasi Yamaha Grand Filano ini memang dibangun dengan ukuran tubuh yang tergolong mungil. Hal ini memang disesuaikan dengan karakternya yang merupakan city ride yang sangat asyik digunakan untuk berkeliling kota. Yamaha Filano ini memiliki ukuran tubuh 820 x 685 x 1145 mm dengan bobot isi mencapai 99 kg. Grand Filano ini memang terlihat pendek, namun hal itu tak akan mengurangi kenyamanannya karena motor ini memiliki jarak tinggi jok mencapai 790 mm. Selain itu, Yamaha Grand Filano juga enak untuk dikendalikan karena memiliki jarak sumbu roda hingga mencapai 1280 mm. Sementara untuk menampung bahan bakarnya, Yamaha membekali motor barunya ini dengan tangki BBM berkapasitas 4,4 liter. Spesifikasi Yamaha Filano di bagian bodi juga dilengkapi dengan bagasi berkapasitas 27 liter yang terletak di bawah joknya.

Mesin

Mesin SOHC 125 cc Berteknologi Blue-Core yang Handal dan Irit

Sekarang saatnya kita membahas spesifikasi Yamaha Grand Filano pada sektor ruang dapur pacunya. Seperti halnya desain fisiknya yang cukup ‘premium’, Yamaha pun membekali Grand Filano dengan part mesin yang juga memiliki kelas premium. Yamaha Grand Filano didukung mesin SOHC 4-stroke yang memiliki kapasitas 124.95 cc. Mesin tersebut merupakan mesin berteknologi Blue-Core. Hal ini memang wajar karena Yamaha Filano atau Nozza Grande sendiri merupakan unit motor pertama Yamaha yang menggunakan teknologi generasi baru Blue-Core. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimal mencapai 6.0 kW atau setara dengan 8.2 PS pada putaran mesin 6.500 rpm. Sementara itu, torsi yang dihasilkan oleh mesin Yamaha Grand Filano ini adalah sebesar 9.7 Nm pada putaran mesin 5.000 rpm. Jadi selain cukup bertenaga, konsumsi BBM pada skutik ini juga sangat efisien berkat adanya teknologi Blue-Core tadi. Konsumsi bahan bakar Grand Filano ini bisa mencapai 1:54. Itu artinya, spesifikasi mesin pada Yamaha Filano bisa menekan konsumsi bahan bakar sebanyak 1 liter untuk jarak kurang lebih 54 km.

spesifikasi yamaha filano

Fitur

Fitur Lengkap yang Membuat Perjalanan Semakin Seru

Meski merupakan skuter matik berkonsep jadul, namun ternyata spesifikasi Yamaha Grand Filano telah dilengkapi dengan fitur-fitur modern. Salah satunya adalah lampu LED auxilary light dan juga lampu halogen pada lampu utamanya. Lampu pada Yamaha Filano itu akan memberikan efek sinar yang terang namun tak akan menyilaukan pengguna kendaraan dari lawan arah. Selain itu, Grand Filano juga dilengkapi dengan ECO indicator yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi motor. Yamaha Grand Filano juga mengusung velg 12 inci, lebih kecil dari dimensi velg yang biasa digunakan oleh motor matik lainnya. Jadi, meski merupakan skutik ‘tempo doeloe’, namun ternyata spesifikasi Yamaha Filano ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang biasa ditemukan pada skutik modern.

Spesifikasi Yamaha Grand Filano

Mesin
Tipe mesin4 strokes, SOHC, Air Cooled / YMJET-FI Blue-Core
Kapasitas124.96cc
Diameter x langkah52.4 x 57.9mm
Rasio kompresi11:01
Daya maksimum6.0 kW (8.2 PS)/ 6500 rpm
Torsi maksimum 9,7 Nm (1.0 kgf.m)/ 5000 rpm
Sistem bahan bakarFuel Injection
StarterElectric & kick starter
KoplingKering, otomatis sentrifugal
TransmisiV-belt Automatic
Dimensi
P X L x T820mm X 685mm X 1145mm
Jarak sumbu roda1280 mm
Jarak dengan tanah125 mm
Tinggi jok790 mm
Berat isi99 kg
Kapasitas tangki BBM4,4 liter
Kaki-kaki
Ban depanTubeless R12
Ban belakangTubeless R12
Fitur
FiturLED auxilary light, Halogen light 12V 35W
ECO indicator

Harga Yamaha Grand Filano

Setelah dipastikan mengaspal di Indonesia, lalu berapakah banderol harga Yamaha Grand Filano ini? Jika melihat konsep desain dan mesinnya, Grand Filano memang pantas ditempatkan sebagai skutik kelas premium. Kisaran harga Yamaha Filano memang sangat dipengaruhi dengan teknologi mesin dan fiturnya dimana skutik ini telah menggunakan mesin 125 cc dengan dukungan teknologi Blue-Core. Meski basis mesinnya masih satu level dengan Yamaha Mio GT 125 Blue-Core, namun Yamaha Grand Filano ini tetap memiliki keunggulan karena tenaganya sedikit diatas Mio GT. Menurut rencana, skutik ini akan ditempatkan pada level yang sama dengan Yamaha NMAX. Kalau begitu, kisaran harga Yamaha Grand Filano bisa di atas Rp 20 jutaan dong?

harga yamaha grand filano

harga yamaha filano

Asisten GM PT YIMM, Mohammad Masykur, mengatakan bahwa harga Yamaha Grand Filano sampai hari ini belum ditentukan. Yamaha Indonesia masih melakukan perhitungan dan melihat minat publik setelah melihat sosok Yamaha Grand Filano di PRJ 2015 yang lalu. Sedikit informasi, Yamaha NMAX 155 cc dilego dengan harga Rp 28 jutaan. Rupanya, harga Yamaha Filano ini masih sama dengan NMAX, yaitu dibanderol dengan harga Rp 28 jutaan. Selain masih menunggu perkembangan produk-produk dari kompetitornya, Masykur juga menyatakan bahwa pihaknya masih menghitung nilai fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap mata usang asing, khususnya dolar Amerika. Kisaran harga Yamaha Grand Filano memang harus diperhitungkan dengan kurs mata uang asing karena unit ini masih diimpor utuh (CBU) dari Vietnam dan Thailand.

Harga Yamaha Grand Filano
Sekitar Rp 28.000.000,- (OTR Jakarta)
Advertisement

Yang pasti, posisi harga Yamaha Grand Filano akan berada di atas harga skutik 125 cc Yamaha yang lain, seperti Mio GT 125 atau Mio M3. Selain itu, kabar yang berkembang menyatakan bahwa Yamaha Grand Filano ini akan berdiri sejajar dengan produk Piaggio seperti Piaggio Liberty atau Vespa S 125. Masykur sendiri memang pernah berujar bahwa kisaran harga Yamaha Filano akan bersaing dengan produk-produk Piaggio. Sabagai informasi, salah satu produk Piaggio, yaitu Liberty yang memiliki kapasitas mesin 100 cc dibanderol dengan harga Rp 23,9 jutaan. Nah, bagi Bro dan Sis yang sudah kepingin menunggangi skutik retro ini, Mas Sena menyarankan untuk mencari informasi harga Yamaha Grand Filano di dealer-dealer Yamaha di kotamu untuk menanyakan harga resminya. Baca juga review Mas Sena mengenai Yamaha Soul GT 125 Blue Core dan Vespa S 125.

Top