Hyundai Santa Cruz Segera Mengaspal di Amerika

Hyundai Santa Cruz Siap Dirilis November 2015 – Setelah merilis All New Hyundai Santa Fe dan juga Grand Avega untuk pasar Asia, Hyundai ini tengah bersiap untuk kembali berekspansi ke pasar Amerika. Bekal Hyundai untuk pasar otomotif Negeri Paman Sam kali ini adalah Hyundai Santa Cruz yang merupakan unit mobil pikap berkabin ganda.

hyundai-santa-cruz-siap-dirilis-november-2015

Keinginan Hyundai untuk memiliki unit pikap truk memang sudah lama. Kehadiran Hyundai Santa Cruz digadang-gadang untuk menyaingi Nissan Navara serta Toyota Hilux di segmen pikap double cabin.

Berbeda dari kebiasaan Hyundai yang sering memperkenalkan unit mobil barunya di kawasan Asia terlebih dahulu, untuk Santa Cruz sepertinya pabrikan asal Korea Selatan itu lebih memilih Amerika sebagai tempat Hyundai Santa Cruz melakukan debu. Hal ini mengingat pangsa pasar pikap truk di Amerika Utara dan Tengah begitu tinggi.

Dave Zuchowski, CEO Hyundai Motor Amerika mengungkapkan bahwa pasar pikap di Amerika Serikat terus bertumbuh. Hingga bulan Juli 2015 ini, penjualan varian pikap truk semua merek di Amerika mencapai 52 persen dari total seluruh penjualan mobil di Amerika.

separator

Hyundai Santa Cruz sendiri memiliki basis platform hampir sama dengan SUV milik Hyundai, Santa Fe. Sebagai informasi, Hyundai sendiri baru saja merilis All New Santa Fe generasi baru yang tersedia dalam pilihan mesin bensin dan diesel.

Santa Cruz akan menggunakan mesin Hyundai Turbodiesel 2.0 liter yang diklaim mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 190 HP dan torsi mencapai 406 Nm. Meski mengusung mesin berkapasitas besar, Hyundai Santa Cruz juga diklaim cukup irit, konsumsi bahan bakarnya hanya sekitar 12,7 km/liter.

Kemungkinan besar, Hyundai Santa Cruz akan menggunakan sistem penggerak roda depan atau front wheel-drive.

“Hyundai Santa Cruz merupakan crossover truk yang menyajikan fungsi yang inovatif dan fleksibilitas dalam kendaraan. Sesuai dengan konsepnya yang fun to drive, Hyundai Santa Cruz akan menjadi ikon baru di kelas pikap truk,” ujar Mike O’Brien, Vice President of Corporate and Product Planning Hyundai Motor America.

Hyundai Santa Cruz versi konsep sendiri sudah diperkenalkan di Amerika dan meraih penghargaan New Car Concept Vehicle of The Year 2015. Meski begitu, hingga kini Hyundai belum mengungkap detail spesifikasi mesin dan banderol harga Santa Cruz. Baca juga Hyundai Siap Produksi Mobil Pikap dan Hyundai Grand i10 X Resmi Mengaspal di Indonesia.

Top