Biker Indonesia Ini Akhirnya Tuntaskan Misi Ride for Peace Touring Keliling Dunia

Jeffrey Polnaja Akhirnya Tuntaskan Misi RFP – Jeffrey Polnaja yang merupakan biker asal Indonesia dikenal telah berkeliling menjelajah berbagai negara di dunia dengan motornya kini dikabarkan telah menuntaskan misi Ride for Peace di Australia. Diketahui pria yang akrab di sapa Kang JJ ini pun tengah berada di Dili, Timor Leste, yang mana negara ini menjadi misi RFP Touring terakhirnya setelah berkendara di barbagai negara pada berbagai benua.

Biker Indonesia Ini Akhirnya Tuntaskan Misi Ride for Peace Touring Keliling Dunia

Sebelumnya, pria kelahiran Bandung, Jawa Barat 53 tahun lalu ini telah sukses menjalani petualangan turing dengan motornya yang penuh tantangan saat menjelajah Australia dan Selandia Baru. Jeffrey Polnaja pun menghabiskan waktu selama hampir empat bulan demi menjelajah benua tersebut.

Ia pun bersyukur karena dapat menyelesaikan penjelajahan dengan motor yang cukup berat di Australia. Kang JJ mengatakan bahwa, negeri Kanguru tersebut menjadi puncak penjelajahan misi RFP kedua.

“Saya bersyukur masih diberikan kekuatan menjalani misi RFP. Benua Australia, walau pun dekat dengan Indonesia, telah memberikan nilai baru dalam hidup saya,” ujarnya.

Advertisement

Jeffrey menjelaskan bahwa saat petualangan di negeri Kanguru tersebut tak hanya sekedar menuntut stamina yang prima. Sebab banyak teman-teman Kang JJ yang menyarankan agar mengenali budaya setempat khususnya suku Aborigion agar tidak mendapatkan masalah yang dapat mempersulit atau merugikan.

Kang JJ sendiri mengendari motor BMW yakni BMW R1150GS yang dinamai Silver Line. Setelah menuntaskan misi RFP Touring tersebut ia pun kini dinobatkan sebagai manusia penunggang sepeda motor terjauh di dunia, yang mana namanya kini tercatat dalam daftar Circumnavigation di Wikipedia.org. Dimana dalam catatan tersebut berisi orang-orang yang pernah berkeliling dunia sejak Ekspedisi Magelan melintasi samudera Atlantik, Pasifik, dan Hindia pada tahun 1519 sampai 1522.

Misi RFP Touring yang dilakukan oleh Jeffrey Polnaja sendiri telah dilaksanakan sejak awal 2006 yang mana akhirnya rampung pada tahun 2015 ini. Dalam waktu 9 tahun tersebut ia pun tercatat telah mengunjungi 97 negara dengan jarak tempuh 420.000.

Penjelajahan tersebut membuat nama Kang JJ sebagai pengendara sepeda motor terjauh nomor dua sepanjang sejarah setelah Emilio Scotto. Dimana Emilio Scotto yang berasal dari Argentina melakukan perjalanan selama 10 tahun (1985-1995) menempuh jarak total 735.000 km dengan Honda Gold Wing GL1100. Baca juga Honda Recall Puluhan Ribu Unit Motor Sportnya dan BMW Kerjasama dengan TVS Garap Skuter Matik 300 cc.

Top