Rio Haryanto : Musim Depan Saya Lihat Ada Peluang Tampil di F1

Musim Depan Rio Haryanto Merasa Ada Peluang Tampil di F1 – Setelah menyelesaikan beberapa seri GP2 musim 2015 dengan hasil yang cukup gemilang, pembalap GP2 Indonesia, Rio Haryanto kian dekat dengan ajang balap mobil paling bergengsi di dunia yakni Formula 1 (F1). Bagaimana tidak dari hasil impresif yang diraihnya bersama tim Campos Racing membuat Rio Haryanto kini bertengger di posisi ke-2 klasemen sementara GP2 2015 dengan raihan 109 poin.

Musim Depan Rio Haryanto Merasa Ada Peluang Tampil di F1

GP2 Series sendiri merupakan ajang balap mobil single seater yang memiliki kelas setingkat di bawah Formula 1. Ajang balap ini seperti halnya tangga dari Moto2 yang diteruskan ke MotoGP. Dari ajang balap GP2 yang telah terselenggara pun telah melahirkan beberapa nama pebalap F1 yang populer saat ini, termasuk diantaranya adalah Nico Rosberg dan Lewis Hamilton.

Advertisement

Meskipun begitu Rio Haryanto pun menyatakan bahwa untuk tampil pada ajang F1 memang membutuhkan usaha keras. Sebab ada tiga faktor yang diperlukan agar Rio Haryanto bisa tampil di ajang F1 musim depan. Mulai dari prestasi yang harus stabil atau bahkan membaik, dan kemudian dukungan finansial dari sponsor maupun pemerintah. Serta yang terakhir adalah kesempatan membalap di ajang F1 karena tiap tahunnya hanya tersedia 24 slot pembalap. Dimana kadang tiap musimnya hanya tersedia satu atau dua slot pembalap baru atau bahkan tidak ada.

Rio Haryanto pun melihat peluang F1 musim depan sangat terbuka. Pasalnya diprediksi pada kompetisi F1 musim depan ada pembalap yang bakal keluar sehingga akan memberikan peluang besar.

“Musim depan, saya melihat ada peluang untuk ke F1. Saya lihat akan ada pebalap yang keluar, jadi ada peluang,” ujar Rio.

Memang untuk tampil di ajang balap mobil paling bergengsi ini bakal tidak mudah. Apalagi untuk tampil di tim papan atas seperti Mercedes, Ferrari, Mclaren. Apabila Rio Haryanto bisa benar-benar tampil di ajang F1 musim depan maka ia harus merintis dari tim papan bawah atau papan tengah. Dengan usaha keras seperti saat dirinya tampil di GP2 selama 4 musim tentunya bukan tidak mungkin bahwa Rio Haryanto bisa tampil bersama tim papan atas beberapa musim mendatang. Dimana dengan hal tersebut pun dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia dikancah balap internasional.

Menariknya dikabarkan bahwa sampai saat ini Rio Haryanto telah dilirik oleh tiga tim yang aktif di Formula 1. Namun belum diketahui tim apa sajakah yang tertarik dengan Rio Haryanto. Baca juga Rio Haryanto Bertekad Jaga Konsistensi di GP2 Hongaria dan Rio Haryanto Naik Peringkat Usai GP2 Hongaria.

Top