Resmi Matikan Ninja 2-Tak, Kawasaki Andalkan RR Mono

PT Kawasaki Motor Indonesia Secara Resmi Menghentikan Produksi Ninja 2-Tak – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akhirnya secara resmi menghentikan produksi Kawasaki Ninja 150 versi 2-tak. Kabar ini secara langsung dikonfirmasi oleh PT KMI selaku agen tunggal pemegang merk (ATPM) motor Kawasaki di Indonesia.

pt-kawasaki-motor-indonesia-secara-resmi-menghentikan-produksi-ninja-2-tak

PT KMI sendiri memproduksi Ninja 2-tak untuk terakhir kalinya pada tanggal 31 Juli 2015 yang lalu. ‘Suntik mati’ yang dilakukan oleh PT KMI pada motor legendaris tersebut merupakan buntut dari kegagalan Ninja 2-tak dalam uji standar emisi EURO 3. Pemerintah memang menuntut semua motor baru harus lolos standar emisi EURO 3.

“Saya announce, per akhir Juli, sudah berhenti diproduksi,” ujar Michael Chandra Tanadhi, Deputi Departemen Head Sales & Promotion Division PT Kawasaki Motor Indonesia.

Seri terakhir dari Kawasaki Ninja 2-tak yang resmi produksi adalah motor dengan nomor mesin E/No.KR 150 LEPJ 6165. Nomor seri mesin tersebut sekaligus menjadi nomor keramat untuk Kawasaki Ninja 150 di Indonesia. Dengan adanya berita ini, akhirnya jelas sudah nasib Ninja 2-tak di Indonesia.

separator

Wacana mengenai penghentian produksi Kawasaki Ninja 150 2-tak memang sudah lama mengemuka. Meski begitu, Kawasaki sendiri terus mengupayakan untuk memenuhi standar emisi EURO 3 pada Ninja 2-tak. Kabarnya, Kawasaki melakukan banyak ubahan guna memenuhi standar tersebut, meski akhirnya kembali ke opsi awal, menghentikan produksi.

Sempat ada gosip juga bahwa Ninja 2-tak akan bereinkarnasi menjadi motor 4-tak dengan kapasitas mesin tetap sama, yaitu 150 cc. Namun hal itu juga tak menjadi kenyataan. PT KMI pun juga memberikan konfirmasi bahwa penghentian produksi Ninja 2-tak ini merupakan keputusan menyeluruh. Itu artinya Kawasaki juga tak akan memproduksi Ninja 2-tak versi baru meski khusus untuk kebutuhan kompetisi atau balap.

Setelah Kawasaki Ninja 2-tak resmi ‘tutup usia’, selanjutnya PT KMI kini menaruh harapan pada sosok Kawasaki Ninja RR Mono di kelas sport pemula dan menengah. Meski secara speed RR Mono tak sekencang Ninja 150 2-tak, namun power Ninja RR Mono masih bisa mengobati kerinduan penggemar kecepatan pada sosok legendaris Kawasaki Ninja 150 2-tak. Baca juga Kawasaki Ninja 150 2-Stroke dan Honda Segera Rilis Sonic 150 cc Pekan Ini.

  • rudi

    ninja emang bagus tapi sayang nya d purwodadi jawa tengah ad seken gk ad deler ny untuk pesan yg baru .mkny mending 4 tak motor biasa itu komtarr q bos☝

Top