Sukses Gusur Toyota, Volkswagen Jadi Produsen Mobil Terbesar di Dunia

Volkswagen Jadi Produsen Mobil Terbesar di Dunia – Akhirnya ambisi pabrikan mobil ternama asal Jerman, Volkswagen yang menjadi produsen mobil terbesar di dunia berhasil diraih. Sebelumnya mereka menargetkan bahwa Volkswagen harus menjadi produsen mobil terbesar di dunia dengan angka penjualan terbaik pada beberapa tahun mendatang. Namun kenyataannya target tersebut ternyata lebih cepat tiga tahun karena pada semester pertama tahun 2015 ini, Volkswagen sukses menggusur posisi Toyota sebagai produsen mobil terbesar di dunia yang sebelumnya mampu mencatatkan angka penjualan tertinggi. Hingga akhirnya catatan tersebut mampu dilampaui oleh Volkswagen pada periode bulan Januari sampai Juni 2015 lalu.

Sukses Gusur Toyota, Volkswagen Jadi Produsen Mobil Terbesar di Dunia

Meski begitu dengan prestasi tersebut, kenyataannya akan jauh lebih sulit mempertahankan posisi yang mampu direbut Volkswagen dari Toyota sebelumnya. Mengingat mereka sempat mengalami kemerosotan angka pengiriman untuk wilayah Tiongkok sebagai pasar terbesar ketiga mereka sehingga membuat produsen mobil Volkswagen tipe Golf dan Polo tersebut cenderung bergantung pada pasar Eropa yang relatif stagnan.

“Upaya peningkatan skala hanya bisa dicapai melalui peningkatan sinergi, sesuatu yang hampir belum bisa dicapai VW,” ujar pimpinan lembaga konsultan Center of Automotive Management, Stefan Bratzel seperti dilansir laman Tempo Otomotif, Senin (3/8/2015) kemarin.

“Ketergantungan terhadap Tiongkok menjadi kelemahan VW dan mengelola sebuah kelompok yang besar memang rawan masalah,” imbuhnya.

Namun, faktanya di tahun kedelapan pada masa kepemimpnan Martin Winterkorn selaku CEO Volkswagen memang mengalami pergerakan skala pasar yang dikarenakan sokongan tambahan merek dan fasilitas pabrik serta performa yang menawan pada produk mereka di pasar Tiongkok.

Advertisement

Sekedar informasi bersama, pada semester pertama 2015 lalu Volkswagen melaporkan berhasil melakukan pengiriman 5,04 juta unit mobil ke seluruh dunia. Sedangkan Toyota pada periode yang sama hanya mampu mengirim 5.02 juta unit mobil. Data yang ditorehkan oleh Toyota tersebut kenyataanya turun sebanyak 1,5 persen dibandingkan tahun lalu.

Diketahui keberhasilan Volkswagen yang menjadi produsen mobil terbesar di dunia dengan raihan angka penjualan mengalahkan Toyota tersebut dikarenakan kebijakan ekspansi kilat mereka. Dimana mengaburkan pandangan buruk terhadap performa mobil Volkswagen di Amerika Serikat dan Brazil. Baca juga Produsen Komponen Otomotif Lokal Diambang Kehancuran dan Honda Mobilio Jadi Armada Baru Blue Bird.

Top