Terbentur Regulasi, Ninja H2R Tak Akan Dijual di Indonesia

PT Kawasaki Motor Indonesia Pastikan Tak Akan Jual Ninja H2R di Indonesia – Sempat diperkenalkan di Indonesia, Kawasaki Ninja H2R dipastikan tak akan dijual ke masyarakat umum di Tanah Air. Aral yang menghalangi Si Motor Monster itu untuk ke Indonesia adalah masalah regulasi yang membuatnya tak bisa mengaspal di Tanah Air.

pt-kawasaki-motor-indonesia-pastikan-tak-akan-jual-ninja-h2r-di-indonesia

Kepastian mengenai tidak akan dijualnya Kawasaki Ninja H2R di Indonesia disampaikan sendiri oleh Deputy Department Head Sales and Promotion Departement Marketing & Sales Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Michael Chandra Tanadhi.

“Ninja H2 versi balap (H2R) tidak akan lolos TPT Uji Tipe,” ujar Michael pada awak media di sela-sela launching Kawasaki D-Tracker terbaru di Jakarta pada Senin (3/8) kemarin.

Pada TPT Uji Tipe yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, kendaraan sport harus memiliki sertifikat tipe. Sertifikat itu dikeluarkan setelah kendaraan diperiksa secara menyeluruh sehingga dipastikan untuk layak jalan.

“Ninja H2R kan lampunya tidak ada,” imbuh Michael.

Jadi, meski Kawasaki Ninja H2R secara khusus diperuntukkan di trek balap, namun uji tipenya tetap menggunakan standar kendaraan umum. Sebagai informasi, Kawasaki Ninja H2R memang kendaraan balap versi massal. Artinya, meski Ninja H2R merupakan produk massal namun spesifikasinya menggunakan komponen balap tulen. Salah satunya adalah tanpa dilengkapi headlamp bagian depan.

PT KMI pun sempat membuka opsi lain guna memenuhi regulasi khusus yang memiliki kelonggaran. Kawasaki Indonesia sempat mewacanakan untuk menghadirkan unit Ninja H2R dalam stok terbatas. Uji tipe sendiri tidak diharuskan bagi kendaraan yang diimpor kurang dari sepuluh unit. Hal ini merupakan regulasi yang dikeluarkan oleh Bea Cukai. Namun rencana itu akhirnya dimentahkan oleh PT KMI.

“Kalau mau jual di Indonesia kan tidak mungkin kalau hanya impor 10 unit saja,” tambah Michael.

Kawasaki Ninja H2R saat ini diklaim sebagai motor terkencang di dunia. Motor tersebut dibekali dengan mesin empat silinder inline 998 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 321 Tk. Ninja H2R mampu melesat hingga kecepatan maksimal 354 km/jam. Untuk pasar internasional, Kawasaki Ninja H2R dibanderol dengan harga sekitar USD50, atau hampir Rp 676 juta. Baca juga Kawasaki Ninja H2 Kuda Besi Tercepat dan PT Kawasaki Motor Indonesia Secara Resmi Menghentikan Produksi Ninja 2-Tak.

Top