Resmi Menetas, Si Ayam Jago Honda Siap Tantang Satria FU

PT Astra Honda Motor Akhirnya Merilis Honda Sonic 150R – Rasa penasaran para pecinta otomotif Indonesia terhadap Honda Sonic 150R terjawab sudah. Rabu (5/8) siang tadi, PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi telah merilis Honda Sonic 150R yang akan menjadi pesaing Suzuki Satria FU di kelas bebek sport underbone 150 cc. Melalui sebuah seremoni yang berlangsung di kawasan JIExpo Kemayoran, ‘Si Ayam Jago’ Honda Sonic 150R akhirnya ‘menetas’ juga bersama kehadiran New CB150R Streetfire. Lalu, sehebat apakah performa Sonic 150R hingga membuatnya digadang-gadang akan menggoyang dominasi Satria FU?

pt-astra-honda-motor-akhirnya-merilis-honda-sonic-150r

Seperti yang termuat dalam laman www.welovehonda.com, Honda Sonic 150R mengusung mesin dengan kubikasi 149,16 cc. Mesin yang digunakan adalah mesin jenis DOHC dengan kompresi 11,3 : 1. Dari sini kita sudah bisa memperoleh gambaran bahwa Sonic 150R memang menjadi lawan seimbang bagi Satria FU karena sama-sama mengusung mesin DOHC.

Berbeda dengan Suzuki Satria FU yang masih menggunakan mesin konvensional, kali ini Honda membekali Sonic 150R dengan mesin berteknologi Programmed Fuel Injection (PGM-FI) alias injeksi dengan pendingin cair dilengkapi auto fan. Penambahan auto fan ini berfungsi untuk memaksimalkan proses pendinginan mesin agar suhunya tetap stabil. Dari sini, Honda Sonic 150R unggul satu langkah dari sang rival, Satria FU.

Mesin yang tertanam pada Honda Sonic 150R mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 16 PS pada putaran mesin 9.000 rpm. Sedangkan torsi yang dihasilkan oleh mesin Sonic 150R adalah sebesar 13,5 Nm pada 6.000 rpm. Untuk mentransfer tenaganya, Honda mengaplikasikan sistem transmisi manual dengan enam percepatan. Mesin pada Honda Sonic 150R ini diklaim lebih bertenaga dan responsif melalui ukuran ruang bakar terbaru dan piston yang lebih ringan. Selain itu, konsumsi BBM dikatakan lebih efisien karena telah menggunakan teknologi Roller Rocker Arm, Offset Cylinder dan dinding piston bertekstur. Konsumsi BBM pada Honda Sonic 150R mencapai 37,87 km/l dengan metode ECE-R40.

separator

PT Astra Honda Motor melepas Sonic 150R dengan banderol harga sekitar Rp 20,9 jutaan untuk harga On The Road Jakarta. Baca juga review Honda Sonic 150R.

Top