Harga Honda Sonic 150R, Review, Spesifikasi & Gambar Oktober 2018

Harga Honda Sonic 150R dan Spesifikasi – Sudah menunggu-nunggu kedatangan Mas Sena? Pastinya dong ya! Yup, kali ini kita berjumpa lagi untuk membahas motor baru yang pastinya ‘fresh from the oven’. Hampir satu minggu ini, dunia otomotif khususnya roda dua dibuat gaduh dengan jagoan-jagoan baru dari Honda. Rabu (5/8) kemarin, rasa penasaran kita pun akhirnya terbayar tuntas setelah PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi membuka tabir dua unit motor barunya. Sesuai dengan teaser video yang sudah beredar selama kurang lebih satu bulan, dua jagoan baru Honda itu adalah Honda Sonic 150R dan juga All New CB150R Streetfire. Nah pada kesempatan pertama ini, Mas Sena akan membedah terlebih dulu Si Ayam Jago milik Honda, yaitu Sonic 150R. Kehadiran Sonic 150R memang sudah mulai tercium publik saat unitnya ‘nongkrong’ di booth Honda pada ajang Jakarta Fair Kemayoran. Kini, Honda Sonic 150R benar-benar hadir dalam wujud nyata. Bukan bermaksud lebay, namun kedua motor baru Honda, Sonic 150R dan juga New CB150R, merupakan kuda besi yang paling ditunggu pada pertengahan tahun ini. Hal ini mengingat nama Honda sedang booming setelah mereka memberondong jagad otomotif Indonesia dengan enam unit moge pada bulan Ramadhan lalu. Khusus untuk Honda Sonic 150R, kehadirannya amat ditunggu karena publik ingin melihat langsung seperti apa sih yang katanya akan menjadi penantang Suzuki Satria FU itu. Memang benar, PT AHM sendiri memang menyiapkan Honda Sonic 150R untuk bertarung di kelas bebek sport underbone 150 cc yang selama ini dikuasai oleh Satria FU. Lalu, seberapa hebatkah Honda Sonic 150R ini?

honda sonic 150r

Varian sepeda motor bebek sport terakhir yang diproduksi Honda mungkin adalah Honda CS-1, yang terbukti gagal di pasaran. Jauh sebelum Honda Sonic 150R ini, Honda Indonesia pun pernah memiliki Nova Sonic 125 yang kala itu menjadi trend setter motor ‘ayam jago’ di Indonesia, bersaing dengan Yamaha Tiara S. Setelah hampir dua dekade setelah kemunculan Nova Sonic 125, Honda Indonesia pun membuat reinkarnasinya dalam wujud Honda Sonic 150R yang mengusung spesifikasi motor-motor Honda di kelas middle-up sport seperti CB150R Streetfire. Di gadang-gadang akan menjadi pesaing serius untuk Satria FU dan kemungkinan juga Yamaha MX King 150, Honda Sonic 150R dibekali dengan spesifikasi mesin yang benar-benar ‘sport’. Hal ini bisa dilihat dari basis mesin yang digunakan oleh Honda pada Sonic 150R. Pabrikan dengan logo sayap mengepak itu menanamkan mesin DOHC 4-Valve yang memiliki kubikasi sebesar 149,16 cc. Selain itu, Honda pun menggunakan teknologi andalan Programmed Fuel Injection (PGM-FI) yang akan meningkatkan efisiensi pembakaran serta menciptakan gas emisi yang ramah lingkungan. Secara performa, Honda Sonic 150R memang siap untuk bertarung dengan kompetitornya karena memiliki perbandingan kompresi 11,3:1. Nah, untuk mengetahui lebih dalam mengenai performa motor baru lansiran Honda ini, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap tentang spesifikasi dan harga Honda Sonic 150R pada segmen-segmen berikut ini.

motor honda sonic 150r

Review Honda Sonic 150R

Desain

Motor Bebek Jenis Light Sport dengan Desain Modern dan Stylish

Jika sang rival Suzuki Satria FU mengusung konsep desain sporty ellegant dengan lengkungan bodi halus, maka Sonic 150R ini mengangkat tema futuristic light sport. Sekilas, spesifikasi Honda Sonic 150R di bagian desain bodi memang terlihat kaku. Hal ini bisa dilihat dari headlamp berbentuk ‘V’ ala wajah robot Transformers. Namun justru itulah yang menguatkan image Honda Sonic 150R sebagai motor bebek sport yang fituristik. Pada bagian kemudi, Honda pun menggunakan setang jepit yang memang cocok untuk motor tipe ‘ayam jago’. Bergerak ke samping, bodi Honda Sonic 150R ini juga nampak sytylish dengan semacam ‘undakan’ yang memisahkan bodi dengan cover mesinnya. Kenyamanan berkendara pun juga diperhatikan oleh Honda. Honda Sonic 150R ini memiliki jok yang cukup lebar dan empuk sehingga kenyamanan pengendaranya tetap terjaga. Masih di bagian samping, Sonic 150R ini juga memiliki desain half fairing berkonsep tegas dan modern yang menutup mesinnya. Sedangkan pada bagian belakang, buritan Honda Sonic 150R mengusung desain lampu belakang yang menyatu dengan lampu sein, berpadu dengan back tail yang berbentuk lancip. Secara umum, spesifikasi Honda Sonic 150R pada bagian bodi ini memang terlihat sedikit kaku. Namun lagi-lagi, hal itu justru menguatkan aura sporty nan futuristik pada motor ini.

Speedometer

Panel Dashboard Futuristik Multifungsi

Masih berbicara desain, namun kali ini kita akan membahas desain spesifikasi Honda Sonic 150R pada bagian panel dashboardnya. Selain pada bagian bodi, konsep futuristik pun juga terlihat pada panel dashboard Sonic 150R ini. Panel dashboard Honda Sonic 150R memiliki bentuk trapesium dengan indikator serba digital. Pada panel utama ditempati oleh indikator speedometer digital dan juga trip meter. Pada sisi sebelah kiri, panel dashboard Honda Sonic 150R di isi oleh indikator bahan bakar yang berbentuk tegak. Sedangkan indikator gigi netral, lampu sein dan lampu utama serta indikator minyak pelumas tertata rapi di bagian atas. Kemudian, penempatan ruang kunci atau key shutter pada motor ini mengambil tempat di bawah panel dashboardnya, tepat di tengah-tengah. Meski kesan kaku juga nampak pada spesifikasi Honda Sonic 150R bagian dashboard, namun indikator-indikator yang ada tetap user friendly dan pastinya fungsional.

spesifikasi honda sonic 150r

Dimensi

Dimensi Bodi Ramping dan Mudah Dikendalikan

Secara fisik, spesifikasi Honda Sonic 150R ini memang sangat cocok untuk kehidupan urban masa kini. Bodinya yang ramping namun tangguh pastinya sangat cocok digunakan untuk melaju di jalanan yang ramai. Honda Sonic 150R sendiri memiliki ukuran tubuh 1.944 x 669 x 977 mm dengan jarak sumbu roda mencapai 1.275 mm. Dengan ukuran tersebu, Sonic 150R akan mudah dikendalikan, baik saat lambat atau melaju kencang. Selain itu, Honda Sonic 150R ini juga memiliki bobot yang cukup ringan namun mantap, yaitu 114 kg. Honda sendiri menggunakan jenis rangka Twin Perimeter Frame guna membangun Sonic 150R. Rangka tipe perimeter frame tersebut merupakan material yang ringan namun sangat kokoh. Hal ini akan meningkatkan kemampuan handling dan manuver Honda Sonic 150R ini. So, baik untuk jalanan berkarakter lambat atau cepat, motor ini tetap enak dikendalikan. Lalu, Honda melengkapi spesifikasi Honda Sonic 150R dengan tangki BBM yang mampu menampung kapasitas 4 liter.

Suspensi

Handling Mantap dengan Dukungan Suspensi Tangguh

Selain rangka perimeter frame yang kokoh, spesifikasi Honda Sonic 150R juga didukung oleh kaki-kaki yang tangguh pula. Untuk suspensi depan, Honda menggunakan sistem telescopic suspension yang akan memberikan kenyamanan dan handling mantap pada pengendaranya. Sedangkan untuk bagian belakang, Honda Sonic 150R mengusung suspensi monoshock yang dikombinasikan dengan lengan ayun adaptasi dari Honda CB150R Streetfire. Departemen pengereman, baik rem depan maupun rem belakang, diserahkan pada cakarm hidrolik yang akan memberikan cengkeraman kuat saat Honda Sonic 150R berhenti secara mendadak. Untuk menambah kenyamanan, spesifikasi Honda Sonic 150R pada bagian kaki-kaki pun dipersenjatai dengan velg 17 inci yang dibalut dengan ban depan berukuran 70/90 serta ban belakang berukuran 80/90.

spesifikasi motor honda sonic 150r

Mesin

Kompresi Mesin Tinggi yang Galak di Putaran Bawah

Saatnya mengulas dapur pacu dari spesifikasi Honda Sonic 150R ini yang ternyata mengadopsi mesin dari Honda CB150R sehingga akan sangat bertenaga. Meskipun begitu, ternyata karakter mesin Honda Sonic 150R ini berbeda dengan Honda CB150R, karena motor ini dikhususkan untuk jalanan dalam kota maka torsinya lebih galak sehingga memberikan performa akselerasi lebih baik. Untuk spesifikasi Honda Sonic 150R pada dapur pacunya mengandalkan mesin 4-langkah DOHC 4 katup dengan silinder tunggal yang berkapasitas 149,16 cc. Dengan memiliki rasio kompresi 11,3:1 mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimal mencapai 11,8 kW atau 16 Ps pada 9.000 RPM dengan torsi maksimal 13,5 Nm pada 6.500 RPM. Untuk menggerakkan mesinnya, Honda membekali Honda Sonic 150R dengan transmisi manual enam percepatan. Dengan mengandalkan sistem Programmed Fuel Injection (FI), mesin Sonic 150R pun akan mampu menyuplai bahan bakar dengan lebih baik. Bahkan, diketahui Honda Sonic 150R ini telah lolos standar emisi gas buang Euro 3 yang ramah lingkungan dan efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Honda mengklaim bahwa Sonic 150R mampu melibas jarak 0-200 meter dengan catatan waktu 10,6 detik saja, dengan kecepatan maksimal 124,1 km/jam. Hal ini lah yang membuat Honda Sonic 150R diklaim memiliki karakter mesin yang gahar pada putaran bawah karena kompresinya cukup besar. Selain kencang, spesifikasi Honda Sonic 150R ini juga memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang tergolong irit, perbandingannya 45 km/liter.

Fitur

Lengkap dengan Fitur-fitur Modern Khas Honda

Terakhir, spesifikasi Honda Sonic 150R ini pun dibekali dengan beberapa fitur modern khas motor Honda. Salah satunya adalah lampu depan LED yang menghasilkan cahaya yang terang namun tak menyilaukan kendaraan dari lawan arah. Selain itu, Honda Sonic 150R juga dibekali dengan muffler yang mampu menghasilkan suara nyaring namun tak akan mengurangi tenaganya. Honda Sonic 150R pun sudah mengusung panel dashboard full digital yang akan membuat pengendaranya lebih mudah mengetahui kondisi kendaraannya. Sebenarnya, semua fitur yang ada pada spesifikasi Honda Sonic 150R ini merupakan fitur standar pada motor ‘ayago’. Namun Honda menambahkan sentuhan futurstik yang membuat motor ini terlihat lebih elegan.

Spesifikasi Honda Sonic 150R

Mesin
Tipe Mesin 4-Langkah DOHC 4-Valve, Silinder Tunggal
Diameter x Langkah 57,3 x 57,8
Kubikasi 149,16 cc
Perbandingan Kompresi 11,3:1
Power Maksimum 11,8 kW (16 PS) / 9.000 rpm
Torsi Maksimum 13,5 Nm / 6.500 rpm
Kapasitas Oli Mesin 1,1
Transmisi
Gigi Transmsi 6-Kecepatan
Pola Pengoperan Gigi 1-N-2-3-4-5-6
Starter Pedal & Elektrik
Sistem Pengapian Full Transistorized
Tipe baterai MF 12V 5AH
Rangka
Tipe Rangka Twin Perimeter Frame
P x L x T 1.941 x 669 x 977 (mm)
Jarak Sumbu Roda 1.275 mm
Tinggi Jok 764 mm
Jarak ke Tanah 140 mm
Bobot Isi 114 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 4 liter
Kaki-kaki
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal
Ban Depan 70/90–17 (Tubeless)
Ban Belakang 80/90-17 (Tubeless)
Pengereman
Rem Depan Cakram Hidrolik
Rem Belakang Cakram Hidrolik

Harga Honda Sonic 150R

PT Astra Motor Honda menargetkan Sonic 150R sebagai pilihan baru kaum muda yang sporty dan berjiwa dinamis. Setelah puas mengorek spesifikasinya, sekarang kita akan membahas harga Honda Sonic 150R yang disebut Honda sebagai motor light sport ini. Ngomong-ngomong soal harga, pastinya kita harus menengok kembali spesifikasinya. Berbekal mesin 150cc DOHC Fuel Injection, Honda Sonic 150R akan mampu berlari kencang, namun tetap tak boros BBM. Hadir dalam empat pilihan warna, yaitu Active White, Spartan Black, Energetic Red, dan Neo Magenta, harga Honda Sonic 150R ini dibanderol dengan nominal Rp 21,2 juta untuk pasar On The Road Jakarta. Jika melihat para kompetitornya di kelas bebek 150cc, sebenarnya harga Honda Sonic 150R itu sangatlah kompetitif.

harga honda sonic 150r

harga honda sonic 150r terbaru

Sebagai informasi, harga Suzuki Satria FU dibanderol mulai Rp 16 jutaan hingga Rp 20 jutaan juga. Selain dengan Satria FU, harga Honda Sonic 150R itu juga cukup kompetitif jika dibandingkan dengan Yamaha MX King 150 yang dijual dengan harga Rp 19 jutaan. Jika kita kembali menengok spesifikasi yang ada di dalam mesinnya, sebenarnya banderol harga Honda Sonic 150R tersebut sudah sesuai dengan apa yang ada dibawanya. Kehadiran Honda Sonic 150R pun pastinya juga akan membuat pasar otomotif kelas bebek sport semakin panas, meski Yamaha ogah menyebut MX King sebagai bebek sport. Pabrikan Garpu Tala itu lebih suka menyebut MX King sebagai super-cub. Meski begitu, hal tersebut tak akan membuat persaingan antara Sonic 150R, Satria FU, dan MX King mengendur. Dengan harga Honda Sonic 150R yang bersaing ketat, serta spesifikasi yang seimbang, pastinya persaingan ketiga bebek kencang tersebut sangat menarik untuk diikuti.

Harga Honda Sonic 150R
Rp 21.200.000,-

Menurut Mas Sena, banderol harga Honda Sonic 150R di atas memang sudah sesuai dan pantas dengan spesifikasi mesin serta konsep desain fisiknya. Dengan harga Honda Sonic 150R yang tak berbeda jauh dengan tipe ‘motor laki’, mungkin bagi pecinta otomotif yang lebih suka motor jenis ‘batangan’ akan lebih memilih motor sport dengan bodi yang lebih besar. Namun bagi yang menginginkan performa kencang, mungkin ia akan berfikir dua kali jika ingin berpaling dari Honda Sonic 150R ini. Bagaimanapun juga, kualitas Honda memang berbicara pada motor barunya ini. Meski dari speed mungkin akan kalah dari MX King, namun sepertinya Sonic 15R memang tak bisa dipandang sebelah mata. Nah bagaimana Bro dan Sis? Siap menebus harga Honda Sonic 150R ini dan memacunya di jalanan? Baca juga Suzuki Satria FU dan Jupiter MX King 150.

Top