Mesin Sama, Honda Sonic 150R dan CB150R Tetap Beda

Mesin Sama, Honda Sonic 150R dan CB150R Tetap Beda – PT Astra Honda Motor (AHM) yang begitu penasaran dengan pasar motor sport 150 cc di Indonesia karena mereka begitu kesulitan menguasai kelas tersebut akhirnya kini memiliki harapan. Pada hari, Rabu (5/8/2015) kemarin AHM baru saja merilis dua produk sport terbarunya demi dapat menguasai pasar motor sport kelas 150 cc. Dua produk terbaru AHM tersebut adalah All New Honda CB150R StreetFire dan New Honda Sonic 150R. Diketahui motor Honda tersebut menggunakan basis mesin yang sama. Namun kenyataannya kedua motor Honda yang berada pada kelas sport tersebut memiliki karakter berbeda, spesifikasi dan setingan mesin pun berbeda. Hal tersebut juga telah terlihat dari jenis kedua motor Honda tersebut. Dimana All New Honda CB150R merupakan motor sport naked bike. Sedangkan New Sonic 150R merupakan motor sport ayago yang berada pada kelas light sport.

Mesin Sama, Honda Sonic 150R dan CB150R Tetap Beda

Kenji Kawai, selaku R&D Project Leader CB150R dari Honda R&D Co., Ltd Motorcycle R&D Center menyatakan bahwa Honda mengembangan mesin CB150R terbaru yang merupakan motor Honda tipe sport naked terdepan di kelasnya. Honda telah mengatur mesin CB150R untuk dapat menaklukkan semua jenis medan dengan kecepatan rendah hingga tinggi.

Dilain pihak, Yoshiyuki Horri, selaku Large Project Leader Sonic 150R dari Honda R&D Co., Ltd Motorcycle R&D Center menyatakan bahwa New Honda Sonic 150R terbaru tersebut merupakan motor yang dibuat khusus untuk jalanan perkotaan. Sehingga dari segi tenaga Sonic 150 ini berbeda dengan CB150R terbaru. Khususnya mengenai Power Weight Ratio (PWR) yang dihasilkan.

Sedangkan Koji Sugita, selaku Marketing Director PT AHM mengatakan bahwa kedua motor Honda terbaru ini memang memiliki karakter yang berbeda. Karenanya, setingan pada kedua mesin tersebut juga berbeda.

separator

“Kalau kita keduanya memiliki konsep yang berbeda. Maka yang pertama karakter CB150R dikembangkan dengan menjadikan satu konsep motor andal dan tangguh. Sehingga saat digunakan aan jadi pusat perhatian. Sedangkan untuk Sonic, kalau kita lihat memiliki frame dan bodi ringan, tapi mengadopsi engine yang sama, maka menunjukkan performa tajam dengan manuver terbaik,” jelas Koji Sugita.

Untuk tenaganya sendiri All New Honda CB150R StreetFire memang sedikit lebih besar sebab mampu memuntahkan tenaga maksimal 16,9 Ps dengan torsi maksimal 13,8 Nm. Sedangkan New Honda Sonic 150R hanya menyemburkan tenaga 16,0 Ps dengan torsi maksimal 13,5 Nm. Namun dengan bobot yang jauh lebih ringan dari CB150R membuat Sonic 150R dapat menghasilkan PWR yang lebih besar sehingga cepat dalam berakselerasi. Baca juga review Honda Sonic 150R dan Honda CB150R.

Top