Tangki Motor Bocor : Penyebab dan Cara Simple Mengatasinya

Awas, Tangki Motor Anda Bocor…! – Motor adalah mesin rekaan manusia. Maka menjadi hal yang wajar, jika ada kekurangan dan kerusakan disana – sini. Namun bagaimanapun, kerusakan komponen-komponen kendaraan, pastinya memunculkan kekhawatiran pada pengendaranya. Contohnya adalah ketika mendapati tangki bahan bakar pada motor telah bocor. Bro and sist pernah mengalami hal tersebut?

tangki motor bocor

Selain mengganggu, tangki motor bocor akan sangat membahayakan, apalagi jika bensin yang keluar tersulut api. Sebenarnya, apa penyebab tangki motor menjadi bocor? Ternyata tangki motor yang bocor penyebabnya cukup sepele, yakni air. Air bisa menyelinap masuk pada tangki motor, melalui tutup tangki. Jika hal ini terjadi terus-menerus, maka lama kelamaan air ini menjadi banyak dan mengendap di dasar tangki. Lantas, pelat tangki motor bagian bawah akan mengalami keropos oleh air. Dan ini lah yang yang menyebabkan tangki motor mudah bocor.

Advertisement

Jika Bro and Sist mengalami hal tersebut, ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. Mount Guard Custom–yang sehari-harinya membuat tangki motor menyebutkan bahwa ada beberapa barang sederhana yang bisa dimanfaatkan, untuk memperbaiki tangki motor yang bocor. Bro and Sist hanya perlu mempersiapkan epoxy, detergen pakaian, dan kelereng. Bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan?

Pada step awal, lepas tangki dari body motor, lalu tuang bensin yang tersisa di tangki sampai habis. Dalam keadaan tangki cukup kering, masukan detergen ke dalam tangki secukupnya. Selanjutnya, masukan air sebanyak setengah tangki, lalu disusul dengan memasukan kelereng.

Langkah selanjutnya setelah detergen dan kelereng masuk adalah dengan mengkocok tangki. Lakukan hal tersebut sampai sisa-sisa bensin hilang. Langkah ini bergungsi untuk menghilangkan kadar bensin dalam tangki secara keseluruhan. Kemudian keringkan tangki tersebut di bawah terik matahari agar cepat kering.

Jika tangki sudah dalam keadaan kering, saatnya epoxy bekerja. Masukan cairan epoxy yang sudah dicampur dengan hardenernya, lalu goyang-goyangkan tangki yang sudah berisikan epoxy tadi. Langkah ini berguna untuk menutup lubang yang menyebabkan bensin rembes atau bocor. Setelah cairan merata, tinggal keringkan di bawah terik matahari. Terlihat sederhana memang. Namun ternyata epoxy punya ketahanan yang cukup tinggi terhadap bensin. Epoxy tak akan luntur jika terkena bensin, dengan syarat kondisinya dalam melapisi tangki benar-benar kering. Langkah sederhana ini akan cukup membantu mengatasi lubang-lobang pada tangki, yang kira-kira besarnya seperti kepala patang korek api. Namun untuk bocor yang memang sudah keterlaluan, Bro and Sist lagsung saja mengkonsultasikannya pada bengkel resmi sepeda motor anda. Selamat mencoba…! Baca juga Mesin Sama, Honda Sonic 150R dan CB150R Tetap Beda dan Generasi Terbaru Baleno Segera Hadir.

 

Top