Harga Mitsubishi Strada Triton 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Mitsubishi Strada Triton dan Spesifikasi – Jagoan-jagoan baru Mitsubishi akhirnya meluncur di Indonesia. Sejak akhir kuartal pertama tahun 2016 ini, nama Mitsubishi merupakan salah satu pabrikan yang ramai dibicarakan. Dan kini, Mitsubishi Indonesia pun resmi memboyong dua unit mobil barunya ke Tanah Air, yaitu pikap Mitsubishi Triton dan juga SUV legendaris Mitsubishi Pajero Sport. Nah, kali ini Mas Sena akan mengajak Anda untuk berkenalan lebih jauh dengan dua jagoan baru lansiran pabrikan asal Jepang tersebut. Pada kesempatan pertama ini, kami akan mengulas Mitsubishi Strada Triton yang merupakan generasi baru dari pikap andalan Mitsubishi, Strada Triton. Wah, kenapa ya Mas Sena lebih memilih untuk ‘bersentuhan’ dengan All New Mitsubishi Triton ini? Pastinya bukan karena Mas Sena lebih menyukai mobil tipe pikap. Bukan. Mas Sena memang akan mengajak Anda mengulas Mitsubishi Strada Triton lebih jauh karena Anda pasti sudah menunggu-nunggu siapa yang paling pantas untuk bertarung dengan Nissan Navara di segmen mobil pikap multifungsi. Ya, All New Mitsubishi Triton ini memang disiapkan untuk menantang New Nissan Navara yang sebelumnya sudah pernah kita bahas.

mitsubishi triton

Ketika Nissan Navara meluncur sekitar dua bulan yang lalu, PT Kramayudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku pemegang hak merk mobil Mitsubishi di Indonesia memang terlihat masih ‘adem ayem’, meski wacana kemunculan New Mitsubishi Triton sudah sempat tercium publik. Nah, selang dua bulan setelah Navara dan juga New Ford Ranger meluncur, PT KTB melengkapi peta persaingan pikap di Tanah Air lewat New Triton ini. Mitsubushi sendiri menghadirkan Mitsubishi Strada Triton dalam lima varian tipe, yaitu HDX Single Cabin, HDX Double Cabin, Exceed A/T, Exceed M/T, serta tipe GLS. Kehadiran generasi baru Mitsubishi Strada Triton ini sekaligus menandakan bahwa Mitsubishi secara resmi menanggalkan nama ‘Strada’ pada label New Triton. Nama resmi Mitsubishi Triton pun berganti menjadi ‘All New Triton’. Mendengar label ‘all new’ pastinya Anda sudah membayangkan ubahan frontal yang benar-benar baru pada sosok pikap ini. Benar sekali. Kali ini Mitsubishi menghadirkan New Triton dengan desain bodi baru yang nampak lebih gagah, stylish, dan pastinya tetap memiliki aura elegan. Sentuhan baru pada Mitsubishi Triton langsung terlihat pada desain lampu depan yang memiliki bentuk ujung yang masuk ke bagian dalam. Mitsubishi sendiri mengusung desain eksterior J-Line yang mampu menghasilkan kemampuan manuver yang lebih baik, serta memiliki kabin yang lebih luas dan lega. Lalu, bagaimana dengan interior dan juga bagian ruang dapur pacunya? Nah untuk menjawabnya, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Mitsubishi Strada Triton pada segmen-segmen berikut ini.

mitsubishi strada triton

Review Mitsubishi Triton

Eksterior

Pikap 4×4 dengan Desain Bodi Lebih Elegan dan Sporty

Mengusung konsep desain yang lebih segar, jelas spesifikasi Mitsubishi Strada Triton di bagian eksterior akan membuat mata Anda terpana. Dari segi eksterior, sentuhan baru pada New Triton ini terlihat pada bagian lampu utama yang memiliki bentuk desain baru. Lampu utama Mitsubishi Triton berbentuk lebih ‘sipit’ dengan ujung bagian atas masuk ke bodi samping. Selain itu, New Triton juga mengusung desain grill depan baru yang kini berlabur warna chrome. Sementara fog lamp depan New Triton juga memiliki konsep desain baru dengan bezel tipis di sekitar lampunya. Penyegaran pun juga terjadi pada bagian samping Mitsubishi Strada Triton ini, berupa wide fender dan juga side foot step serta penggunaan chrome door handle. Namun hal itu hanya akan ditemukan pada tipe Exceed dan juga GLS. Mitsubishi sendiri masih mengusung konsep desain J-Line pada New Triton. Dengan desain tersebut, New Mitsubishi Strada Triton diklaim memiliki kemampuan manuver lebih baik serta akan memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpangnya. Tidak hanya itu, sisi luar Triton kini memiliki desain yang aerodinamis sehingga kendaraan dapat dilewati aliran udara dengan baik untuk mendapat tingkat efisiensi terbaik. Jadi, secara umum spesifikasi Mitsubishi Triton di bagian desain luar tetap mempertahankan bodi gagah yang dipadukan dengan sentuhan baru yang menambahkan unsur kemewahan pada dirinya.

Interior

Interior Minimalis dengan Sentuhan Teknologi Baru

Selanjutnya, kita akan masuk ke bagian dalam untuk membahas spesifikasi Mitsubishi Strada Triton pada ruang interiornya. Kabin New Triton ini memiliki leg room yang lebih panjang jika dibandingkan dengan para kompetitor di kelasnya. Penghuni kabin Mitsubishi Triton pun juga akan dibuat nyaman dengan adanya fitur Auto Air Conditioner (AC). Sedangkan pada panel dashboard, Mitsubishi menyematkan beberapa sentuhan baru berupa Piano Black Panel Design pada tipe Exceed dan GLS, lalu ada juga transmission sport mode dengan 4WD Dial Mode pada tipe Exceed AT. Sedangkan untuk memberikan kenyamanan saat berkendara, New Mitsubishi Strada Triton pun juga telah dipasangi jok kulit, hi-grade fabric, serta arm rest pada bangku baris kedua untuk tipe Exceed dan GLS Double Cabin. Selain itu, ada juga hidden space atau tempat untuk penyimpanan barang yang terletak di jok belakang khusus tipe Double Cabin. Satu hal yang pasti, spesifikasi Mitsubishi Triton semua varian telah dilengkapi dengan glove box dan juga center console.

spesifikasi mitsubishi triton

Dimensi

Dimensi Lebih Lega Mampu Menampung Muatan Lebih Banyak

Sebagai kendaraan multifungsi, pastinya spesifikasi Mitsubishi Strada Triton memiliki ukuran yang pas untuk segala kondisi. Secara spesifik, ukuran bodi dari kelima varian New Triton tak jauh berbeda. Rata-rata tubuh New Mitsubishi Triton ini memiliki panjang sekitar 5.200 mm, dengan penyesuaian pada lebar dan juga tingginya. Untuk varian yang memiliki ukuran tubuh paling besar adalah tipe New Triton Exceed M/T dan juga A/T yang memiliki ukuran tubug 5.255 x 1.815 x 1.715 mm. Untuk ukuran pikap, dimensi New Mitsubishi Strada Triton ini memang sangat cocok untuk segala kondisi maupun fungsi. Selain itu, ruang kargo pada New Triton juga sedikit berubah. Untuk tipe kabin ganda panjangnya bertambah 195 mm menjadi 1.520 mm, sementara model single cabin bertambah 45 mm menjadi 2.265 mm. Sedangkan tingginya bertambah 70 menjadi 475 mm. Spesifikasi Mitsubishi Triton juga dibekali dengan suspensi dan struktur bodi yang lebih kuat. Hal ini akan membuat New Triton memiliki performa yang semakin maksimal serta mampu memberikan kenyamanan saat dikendarai.

Mesin

Dapur Pacu Andalkan Mesin DOHC 4 Silinder 2.500 cc

Menyoal spesifikasi Mitsubishi Strada Triton di ruang dapur pacu, sebenarnya Mitsubishi menggunakan basis mesin yang sama pada kelima model New Triton ini. Mitsubishi masih setia dengan mesin tipe 4D56 2.5 L 4-silinder DIHC 16 katup. Kelima tipe New Mitsubishi Triton juga telah ditanami teknologi Direct Diesel Injection pada masing-masing mesinnya. Selain itu, Mistubishi pun menyematkan fitur DI-D Commonrail dengan turbocharger. Tak lupa, Mitsubishi juga menanamlan teknologi Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control (MIVEC) serta ECU Multi Port Injection. Mesin New Mitsubishi Strada Triton ini memiliki kubikasi sebesar 2.477 cc. Untuk tenaga yang mampu dihasilkan adalah 110 PS pada 4.000 rpm (HDX Single dan Double Cabin), 136 PS pada 4.000 rpm (GLS), 178 PS pada 4000 (Exceed A/T dan M/T). Sementara untuk torsi maksimum yang dihasilkan oleh mesin New Mitsubishi Triton ini adalah 20.4 Nm pada 3500 rpm (tipe HDX), 33,1 Nm pada 3500 rpm (GLS), dan 40,8 Nm pada 3500 rpm (Exceed). Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa tenaga paling besar dimiliki oleh New Mitsubishi Strada Triton tipe Exceed, baik yang manual ataupun otomatis. Meski masing-masing tipe memiliki nilai performa yang berbeda, namun spesifikasi Mitsubishi Triton pada ruang dapur pacu ini secara umum akan memberikan jaminan ketangguhan pada Anda.

spesifikasi mitsubishi strada triton

Fitur

Fitur Keamanan dan Kenyamanan Lengkap

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi Mitsubishi Strada Triton pada fitur-fiturnya, baik itu fitur keamanan maupun kenyamanan. Fitur baru pertama yang ada pada New Triton ini adalah Ergonomic Seat yang didesain secara khusus untuk memberikan kenyamanan pada pengendara Mitsubishi Triton selam perjalanan jauh. Selain itu, New Triton juga dilengkapi dengan soundproof berkualitas tinggi pada kabinnya. Sedangkan untuk kemanan, New Mitsubishi Strada Triton telah dibekali dengan fitur Dual SRS Airbag. Pada kaki-kakinya, Mistubishi pun membekali New Triton dengan rem depan Ventilated Disc dan Drum Brake pada rem belakang. Khusus untuk Mitsubishi Triton tipe GLS dan Exceed sudah dilengkapi pula dengan teknologi ABS dan EDB. Tak hanya itu saja, spesifikasi Mitsubishi Triton pun juga sudah mengusung fitur RISE (reinforced impact safety evolution) dan juga Immobilizer Key.

Spesifikasi Mitsubishi Strada Triton

Model HDX Single Cabin HDX Double Cabin GLS EXCEED MT EXCEED AT
Mesin
Tipe Mesin DOHC 16 Valve, inline 4-Cylinder DOHC 16 Valve, inline 4-Cylinder DOHC 16 Valve, inline 4-Cylinder DOHC 16 Valve, inline 4-Cylinder DOHC 16 Valve, inline 4-Cylinder
Direct Diesel Injection Direct Diesel Injection Direct Diesel Injection Direct Diesel Injection Direct Diesel Injection
Turbocharger Turbocharger Turbocharger Turbocharger
Kubikasi (cc) 2,477 2,477 2,477 2,477 2,477
Dimensi x Langkah (mm) 91.1 x 95.0 91.1 x 95.0 91.1 x 95.0 91.1 x 95.0 91.1 x 95.0
Rasio Kompresi 17 17 17 16.5 16.5
Tenaga Output Maksimum (PS(kW) / rpm) 110 (81) / 4000 110 (81) / 4000 136 (100) / 4000 178 (131) / 4000 178 (131) / 4000
Torsi Output Maksimum (Kg.m(N.m) / rpm) 20.4 (200) / 1500 – 3500 20.4 (200) / 1500 – 3500 33.1 (324) / 2000 40.8 (400) / 2000 40.8 (400) / 2000
Sistem Distribusi Bahan Bakar
Tipe Commonrail Commonrail Commonrail Commonrail Commonrail
Kapasitas Tangki BBM 75 75 75 75 75
Transmisi
Tipe Transmisi 5 Speed M/T 5 Speed M/T 5 Speed M/T 5 Speed M/T 5 Speed A/T
Mechanical type Mechanical type Hybrid type Hybrid type Hybrid type
Sistem Penggerak Roda Easy Select 4WD Easy Select 4WD Easy Select 4WD Easy Select 4WD Easy Select 4WD
Dimensi
P x L x T (mm) 5.080 x 1.785 x 1.795 5.205 x 1.785 x 1.785 5.205 x 1.815 x 1.795 5.255 x 1.815 x 1.795 5.255 x 1.815 x 1.795
Jarak Sumbu Roda (mm) 3,000 3,000 3,000 3,000 3,000
Jarak dengan Tanah (mm) 220 220 220 220 220
Berat Kosong (kg) 1,730 1,845 1,860 1,900 1,905
Gross Vehicle Weight (GVW) (kg) 2,760 2,850 2,850 2,870 2,900
Suspensi
Suspensi Depan Independent Wishbone, Coil Spring, Telescopic Shock Absorber, Torsion Bar Stabilizer Independent Wishbone, Coil Spring, Telescopic Shock Absorber, Torsion Bar Stabilizer Independent Wishbone, Coil Spring, Telescopic Shock Absorber, Torsion Bar Stabilizer Independent Wishbone, Coil Spring, Telescopic Shock Absorber, Torsion Bar Stabilizer Independent Wishbone, Coil Spring, Telescopic Shock Absorber, Torsion Bar Stabilizer
Suspensi Belakang Rigid Axle, Eliptic Leaf Spring, Telescopic Shock Absorber Rigid Axle, Eliptic Leaf Spring, Telescopic Shock Absorber Rigid Axle, Eliptic Leaf Spring, Telescopic Shock Absorber Rigid Axle, Eliptic Leaf Spring, Telescopic Shock Absorber Rigid Axle, Eliptic Leaf Spring, Telescopic Shock Absorber
Pengereman
Rem Depan Ventilated Disc Ventilated Disc Ventilated Disc Ventilated Disc Ventilated Disc
Rem Belakang Drum Drum Drum Drum Drum
LSPV (Load Sensing Proportioning Valve) Available Available Not Available Not Available Not Available
ABS & EBD Not Available Not Available Available Available Available
Kaki-kaki
Ban Depan 245 / 75 / R16 (MT Tire) 265 / 70 / R16 265 / 70 / R16 265 / 70 / R16 265 / 70 / R16
Ban Belakang 245 / 75 / R16 (MT Tire) 265 / 70 / R16 265 / 70 / R16 265 / 70 / R16 265 / 70 / R16
Wheel Disc 16″ 16″ 16″ 16″ 16″
Sistem Kemudi
Tipe Rack & Pinion with power steering Rack & Pinion with power steering Rack & Pinion with power steering Rack & Pinion with power steering Rack & Pinion with power steering

Harga Mitsubishi Triton

Berbicara soal spesifikasi eksterior dan interior, pasti akan berujung pada banderol harganya. Nah pada segmen ini, kita akan menghitung kira-kira berapa harga Mitsubishi Triton dengan spesifikasi seperti di atas. Hadir dalam lima pilihan tipe, yaitu New Triton HDX Single Cabin, HDX Double Cabin, New Triton GLS, serta New Triton Exceed A/T dan M/T, jelas bahwa Mitsubishi memang ingin memenuhi kebutuhan pasar otomotif khususnya sektor industri dan niaga lewat New Triton ini. Berbicara harga, pastinya kita juga harus melihat lebih dalam ke bagian spesifikasi dan juga interiornya. Jika dilihat dari sektor dapur pacu, spesifikasi mesin yang ada pada Mitsubishi Strada Triton ini memang tak terbeda dengan generasi Strada Triton sebelumnya. Kali ini, Mitsubishi masih mengandalkan mesin 2.477 cc DOHC 4-silinder 16 katup sebagai penghasil tenaga utamanya. Lalu, banderol harga Mitsubishi Strada Triton pun juga dipengaruhi oleh masing masing tipenya. Misalnya, untuk tipe Exceed dan GLS pastinya akan lebih mahal karena sudah menggunakan teknologi ABS dan EBD. Selain itu, kekayaan fitur canggih yang ada di dalam masing-masing tipe pun juga akan mempengaruhi banderol harga Mitsubishi Triton di pasaran.

harga mitsubishi triton

harga mitsubishi strada triton

Sesuai rilis resmi laman Mitsubishi Indonesia, harga Mitsubishi Triton memang bervariasi. Untuk harga termurah ditempati oleh New Triton tipe HDX Single Cabin yang berharga sekitar Rp 292 jutaan. Sedangkan satu tangga di atasnya ditempati oleh New Triton tipe HDX Double Cabin yang harganya adalah sekitar Rp 348 jutaan. Sementara New Mitsubishi Strada Triton tipe GLS dijual dengan harga sekitar Rp 371,5 jutaan. Sedangkan untuk tipe Exceed memang memiliki harga paling tinggi. Harga Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T adalah sekitar Rp 392 jutaan. Sedangkan New Triton Exceed A/T dilepas ke pasaran dengan harga sekitar Rp 406 jutaan. Namun patut Anda ketahui bahwa kisaran harga Mitsubishi Triton di atas merupakan harga OTR untuk kawasan Jakarta. Untuk pemasaran di daerah, kemungkinan besar akan mengalami kenaikan harga, namun tak akan terlalu signifikan.

Harga Mitsubishi Strada Triton

Tipe Harga
Mitsubishi Strada Triton Exceed A/T Rp 406.000.000,-
Mitsubishi Strada Triton Exceed M/T Rp 392.000.000,-
Mitsubishi Strada Triton GLS Rp 371.500.000,-
Mitsubishi Strada Triton HDX Double Cabin Rp 348.000.000,-
Mitsubishi Strada Triton HDX Single Cabin Rp 292.000.000,-

Dengan berbagai pilihan yang tersedia serta kisaran harga Mitsubishi Triton yang bervariasi, pastinya hal ini akan semakin memudahkan konsumen untuk memilih tipe mana yang sesuai dengan kebutuhannya. Jika kita membandingkan kisaran harga Mitsubishi Strada Triton dengan para kompetitornya, sebenarnya harga tersebut cukup kompetitif. Sebagai contoh, salah satu pesaing New Mitsubishi Strada Triton, yakni New Nissan Navara dijual dengan harga sekitar Rp 385 jutaan. Namun menurut Mas Sena, meski harga Mitsubishi Triton ini lebih mahal, keunggulan yang dimiliki oleh pikap ini adalah beragamnya tipe serta jaminan ketangguhan mesin ala Mitsubishi. So, tipe apapun yang Anda pilih, Anda tak akan kecewa. Baca juga review Mas Sena mengenai Nissan Navara dan Hyundai Santa Fe.

Top