Harga Pajero Sport, Review & Spesifikasi Mei 2017

Harga Pajero Sport dan Spesifikasi – Setelah sebelumnya kita berkenalan dengan All New Triton, sekarang Mas Sena akan mengajak Anda semua kembali mengenal lebih dekat dengan mobil baru kedua yang baru saja dirilis oleh PT Kramayudha Tiga Berlian Motors (KTB). Jika sebelumnya kita mengupas tuntas pikap New Triton, sekarang kita akan membahas All New Mitsubishi Pajero Sport versi baru yang merupakan generasi terbaru dari SUV legendaris, Mitsubishi Pajero Sport. Ketika mendengar nama Pajero Sport, Anda pasti terbayang akan sosok mobil SUV yang powerful berbalut tampilan mewah khas Mitsubishi. Nah kali ini, generasi baru Mitsubishi Pajero Sport ini tetap mengusung konsep desain mewah nan elegan dengan sentuhan baru yang membuatnya lebih sporty. Pastinya Mitsubishi tetap mengusung teknologi mesin yang menjamin performa tangguh dan bertenaga. Apabila New Triton dihadirkan untuk menggempur Nissan Navara dan Ford Ranger di segmen pikap multifungsi, maka All New Mitsubishi Pajero Sport ini hadir untuk menantang saingan utama Mitsubishi di kelas SUV, yakni Toyota Fortuner.

pajero sport

Sama seperti generasi sebelumnya, New Mitsubishi Pajero Sport tetap menyasar konsumen kalangan atas yang menyukai mobil berukuran besar dengan performa mesin aduhai. Di segmen mobil SUV sendiri, nama Pajero Sport memang sudah melegenda. Dengan nama besar Pajero Sport itulah Mitsubishi mencoba meramu komposisi terbaik dalam All New Mitsubishi Pajero Sport ini. New Pajero Sport kali ini hadir dalam lima pilihan tipe, hampir sama dengan New Strada Triton. Tipe-tipe New Pajero Sport itu antara lain Pajero Sport Dakar, Pajero Sport Exceed, Pajero Sport GLS, Pajero Sport GLX, serta satu unit yang bermesin bensin, yakni Pajero Sport V6. Untuk New Mitsubishi Pajero Sport versi diesel, pabrikan asal Jepang itu masih mengusung mesin DOHC 2.5 liter 5 silinder yang memiliki kubikasi sebesar 2.500 cc. Sedangkan satu-satunya tipe bensin Pajero Sport V6 menggunakan jantung mesin V6 3.0L SOHC MIVEC yang memiliki kubikasi sebesar 2.988 cc. Meski basis mesinnya sama, kedua tipe mesin yang tertanam pada New Mitsubishi Pajero Sport ini pada dasarnya memiliki power yang tak terpaut jauh. Nah untuk mengetahui seberapa tangguh dan bagaimana kemewahan mobil ini, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Mitsubishi Pajero Sport pada segmen-segmen di bawah ini.

mitsubishi pajero sport

Review Pajero Sport

Eksterior

Tampilan Eksterior dengan Sentuhan Fascia Baru yang Lebih Gagah dan Sporty

Mitsubishi Motors sendiri menghadirkan All New Mitsubishi Pajero Sport sebagai edisi 2016 meski tahun rilisnya adalah tahun 2015. Dari segi eksterior, Pajero Sport generasi baru ini memang memiliki aroma sport yang lebih kental. Pada bagian depan atau fascia, Spesifikasi Pajero Sport hadir dengan bentuk lampu yang lebih sipit dari versi lamanya. Selain itu, Mitsubishi juga menambahkan aksen berbentuk bumerang yang menyatukan kedua head lamp dengan grill bagian bawah. Sementara itu, grill bagian atas Mitsubishi Pajero Sport versi 2016 tampil dengan desain mewah berbalut warna chrome yang lebih kuat. Berpindah ke bagian samping, banyak yang menilai bahwa lekukan bodi New Pajero Sport ini bernuansa ‘Triton banget’. Hal ini memang tak terelakkan karena memang New Mitsubishi Pajero Sport ini mengadaptasi platform desain bodi New Triton yang juga dirilis hampir bersamaan. Kemudian, tampang New Pajero Sport juga semakin mewah dengan penggunaan velg baru bernuansa dual tone. Pada bagian buritan atau buntut, Mitsubishi meninggalkan desain usang Pajero Sport berupa desain lampu vertikal berbentuk persegi panjang. Kali ini, New Pajero Sport tampil dengan lampu belakang tegak dengan ujung atas menonjol ke bagian depan. Secara umum, spesifikasi New Mitsubishi Pajero Sport ini memang tampil dengan desain bodi yang benar-benar fresh, mewah, dan tentunya semakin sporty.

Interior

SUV Modern dengan Kabin Lebih Luas dan Interior Mewah

Saatnya masuk ke spesifikasi Pajero Sport bagian ruang kabinnya. Kita menuju ke kabin bagian depan dahulu. Sebenarnya secara garis besar kabin pada New Pajero Sport ini masih menggunakan konsep yang sama dengan generasi lamanya. Meski begitu nuansa kemewahan pun nampak hadir pada kabin Mitsubishi Pajero Sport ini. Melihat bagian kokpitnya, memang kita masih akan merasakan kesan yang sama dengan apa yang tersaji pada Pajero Sport versi lama. Meskipun begitu, New Mitsubishi Pajero Sport ini mengusung komposisi dashboard baru dengan tampilan aksen chrome yang membuatnya lebih terasa futuristik. Pada bagian tengah dashboard terdapat panel LCD yang berisi beragam fitur yang bisa diguanakan untuk mengetahui kondisi mobil. Di bawah panel LCD, dashboard Mitsubishi Pajero Sport diisi oleh perangkat audio. Sedangkan ruang kendali utama yang berisikan panel speedometer serta panel MID terletak di bagian kanan, tepat di depan setirnya. Selain itu, spesifikasi New Mitsubishi Pajero Sport ini juga mengusung desain Paddle Shift yang terlihat lebih mencolok dari versi lamanya.

spesifikasi pajero sport

Dimensi

Dimensi Besar yang Siap Melibas Segala Medan

Sebagai kendaraan tipe SUV, spesifikasi Pajero Sport pada bagian bodi pastinya memiliki dimensi yang sangat besar. Secara spesifik, panjang semua tipe New Pajero Sport ini mencapai 4.695 mm dengan lebar body mencapai 1.815 mm dan ukuran tingginya bervariasi, tergantung tipenya. Untuk New Mitsubishi Pajero Sport tipe GLS, Exceed, serta Dakar, tinggi bodinya mencapai 1.840 mm. Sementara untuk tipe V6 yang bermesin bensin, tingginya mencapai sekitar 1.825 mm, dan untuk tipe GLX tingginya mencapai 1.800 mm. Sedangkan jarak sumbu roda atau jarak wheel base semua tipe mencapai 2.800 mm. Untuk ukuran mobil tipe SUV, dimensi bodi Pajero Sport memang termasuk yang paling besar, namun dengan dimensinya yang besar tersebut akan membuat Mitsubishi Pajero Sport ini memiliki ‘tongkrongan’ yang mantap dan siap untuk diajak melibas segala kondisi jalan. Dimensi besar yang dimiliki oleh New Pajero Sport ini juga akan membuat Anda memiliki ruang yang cukup untuk penumpang maupun barang. Namun normalnya, New Mitsubishi Pajero Sport ini pas untuk tujuh orang penumpang. Dimensi besar pastinya butuh sokongan suspensi yang kokoh pula. Untuk memberikan kenyamanan bagi penumpangnya, Pajero Sport terbaru ini dibekali dengan sistem suspensi Double Independent Wishbone dengan Coil Spring yang telah dilengkapi dengan stabilizer pada suspensi depannya. Sementara untuk suspensi Mitsubishi Pajero Sport bagian belakang, menggunakan sistem tiga unit pegas terintegrasi dengan stabilizer bar. Kombinasi suspensi depan dan belakang ini akan memberikan kenyamanan maksimal pada penumpang. Sementara untuk sektor kaki-kaki, spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport dibekali dengan velg ring 17 dibalut ban berukuran 265/65 yang akan memberikan cengkeraman maksimal saat melaju kencang.

Mesin

Pilihan Tiga Varian Mesin Hadirkan Performa yang Powerful

Saatnya kiat membahas spesifikasi Pajero Sport di bagian ruang dapur pacunya. Sama seperti New Triton, generasi baru Mitsubishi Pajero Sport ini hadir dalam lima tipe berdasarkan mesinnya. Namun, secara khusus Mitsubishi mengusung tiga jenis mesin berbeda untuk menggerakkan kelima varian New Mitsubishi Pajero Sport tadi. Untuk tipe mesin yang pertama adalah mesin DOHC 2.5L High Power yang tertanam pada Pajero Sport tipe Dakar, baik yang berpenggerak 4×4 maupun 4×2. Lalu, mesin yang kedua adalah tipe mesin DOHC 2.L standar yang menngawangi New Mitsubishi Pajero Sport tipe Exceed, GLS, dan juga GLX. Sementara untuk tipe yang ketiga yaitu tipe V6 Mitsubishi mengusung mesin V6 3.0L SOHC MIVEC berbahan bakar bensin. Karena mengusung tipe mesin yang berbeda maka hal ini akan berpengaruh kepada power yang dihasilkan. Untuk power tertinggi terdapat pada tipe bensin V6 yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 220 PS pada putaran 6.250 rpm dengan torsi 28.7 Nm pada 4000 rpm. Mesin pada New Mitsubishi Pajero Sport ini digerakkan oleh transmisi INVECS II Sport Mode 5 percepatan. Jadi meski tipe mesinnya berbeda, namun secara umum ruang dapur pacu dalam jantung spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport ini memiliki jaminan ketangguhan dan performa tinggi.

spesifikasi mitsubishi pajero sport

Fitur

Fitur Keamanan dan Keselamatan Ekstra Lengkap

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi Pajero Sport pada bagian fitur-fitur pelengkapnya. Salah satu fitur baru yang hadir pada New Pajero Sport ini adalah Multi Information Display (MID) yang memiliki panel lebih canggih serta dilengkapi dengan Mitsubishi Audio System untuk memberikan kemudahan berkendara. Selain itu, New Mitsubishi Pajero Sport ini juga dilengkapi dengan Electric Sunroof yang akan memberikan udara segar saat Anda melewati jalan pedesaan. Lalu, generasi baru Mitsubishi Pajero Sport ini juga telah dilengkapi dengan Height Seat Adjustable pada tipe manual. Sedangkan untuk fitur hiburan, Mitsubishi mengusung sistem audio Wide 2DIN Multimedia untuk tipe Dakar dan Exceed serta 1 DIN AM/FM &CD Player untuk tipe GLS. Jadi, selain memiliki kabin yang mewah, spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport ini juga lengkap dengan fitur-fitur keamanan dan juga kenyamanan.

Spesifikasi Pajero Sport

Model Dakar Exceed GLS GLX V6
Mesin
Tipe Mesin 2.5L DOHC Common Rail Turbocharged and Intercooled, 4 Cylinder in-line (4D56) (HIGH POWER) 2.5L DOHC Common Rail Turbocharged and Intercooled, 4 Cylinder in-line (4D56) V6 3.0L SOHC MIVEC (6B31)
Diesel Unloaded Gasoline
Kubikasi (cc) 2,500 2,988
Dimensi x Langkah (mm) 91.1 X 95.0 87.6 X 82.9
Rasio Kompresi 17 17 17 16.5 16.5
Tenaga Output Maksimum (PS(kW) / rpm) 16.5 : 1 17:01 10.5 : 1
Torsi Output Maksimum (Kg.m(N.m) / rpm) 178/4000 (131 kW) 136/3500 (100 kW) 220/6,250 (162 Kw)
Sistem Distribusi Bahan Bakar
Tipe Commonrail (Low Pressure) Direct Injection ECI-MULTI
Kapasitas Tangki BBM 70
Transmisi
Tipe Transmisi V5A5A (5 A/T) R5A5A (5 A/T) R4A5A (4 A/T) R5MB1 (5 M/T) 4×2 / V5MB1 (5 M/T) 4×4 R5A5A (5 A/T)
INVECS II with Sport Mode
Sistem Penggerak Roda Super Select 4WD Super Select 4WD 4×4 only
Dimensi
P x L x T (mm) 4.695 x 1.815 x 1,840 4.695 x 1.815 x 1,840 4.695 x 1.815 x 1,840 4.695 x 1.815 x 1,800 4.695 x 1.815 x 1.825
Jarak Sumbu Roda (mm) 2,800
Jarak dengan Tanah (mm) 215 205
Berat Kosong (kg) 2,710 2,600 2,650 2,600 2,710
Gross Vehicle Weight (GVW) (kg) 2,075 1,965 1,925 1,910 2,015
Suspensi
Suspensi Depan Double Independent Wishbone, coil Spring with Stabilizer
Suspensi Belakang 3 link coil spring with Stabilizer Bar
Pengereman
Rem Depan Ventilated Disc 16″
Rem Belakang Rear 16″ drum in disc Leading & Trailing Drum 11.6″ Rear 16″ drum in disc
Vacum Brake Booster Available Available Available Available Available
ABS & EBD Available Available Available Available Available
Kaki-kaki
Ban Depan 265 / 65 R17 265 / 70 R16 245 /65 R17
Ban Belakang 265 /65 R17 265 / 70 R16 246 /65 R17
Wheel Disc 17″ X 7.5J Alloy Wheel 16″ x 7.0J Alloy Wheel 17″ x 7.5J Alloy Wheel
Sistem Kemudi
Tipe Rack and Pinion with Power Steering

Harga Pajero Sport

Nah sekarang saatnya kita membahas kisaran harga Pajero Sport ini. Sama seperti halnya New Strada Triton, Mitsubishi menghadirkan New Pajero Sport ini dalam lima pilihan tipe. Karena hadir dalam lima varian, maka banderol harga Mitsubishi Pajero Sport pun akan disesuikan dengan masing-masing tipenya. Berbicara harga, pastinya kita juga harus melihat lebih dalam ke bagian spesifikasi dan juga interiornya. Jika dilihat dari sektor dapur pacu, spesifikasi mesin yang ada pada Mitsubishi Pajero Sport ini memang tak terbeda dengan generasi Strada Triton sebelumnya. Kali ini, Mitsubishi masih mengandalkan mesin 2.500 cc dan juga 2.988 cc yang mampu menghasilkan tenaga yang sangat powerful. Selain itu, kisaran harga Pajero Sport pun juga dipengaruhi oleh fitur-fitur canggih yang ada di dalamnya, seperti layar MID pada bagian dashboardnya serta sistem audio yang berkualitas.

harga pajero sport

harga mitsubishi pajero sport

Laman resmi Mitsubishi Indonesia memuat bahwa harga Pajero Sport termahal ditempati oleh varian Pajero Sport Dakar 4×4 yang harganya mencapai Rp 632 jutaan. Sementara untuk New Pajero Sport Dakar 4×2 harganya lebih murah, yaitu Rp 496 jutaan. Sedangkan untuk tipe Mitsubishi Pajero Sport Exceed Rp 446 jutaan dan Rp 412 jutaan. Kemudian New Mitsubishi Pajero Sport tipe GLX 4×4 harganya berada pada kisaran Rp 495 jutaan. Sedangkan harga Pajero Sport tipe V6 yang bermesin bensin adalah Rp 493 jutaan. Ketersediaan New Pajero Sport dalam berbagai jenis tipe ini memang untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan mobil yang sesuai dengan keinginannya.

Harga Mitsubishi Pajero Sport

Tipe Harga
Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×4 Rp 632.000.000,-
Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 Rp 496.000.000,-
Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4×2 Rp 446.000.000,-
Mitsubishi Pajero Sport GLS 4×2 Rp 412.000.000,-
Mitsubishi Pajero Sport GLX 4×4 Rp 495.000.000,-
Mitsubishi Pajero Sport V6 4×2 Rp 493.500.000,-

Namun perlu Anda ketahui bahwa kisaran harga Pajero Sport di atas adalah banderol harga OTR untuk kawasan Jakarta. Untuk harga di daerah, ada kemungkinan mengalami peningkatan. Namun, jika kita melihat spesifikasinya, sebenarnya harga Mitsubishi Pajero Sport di atas memang sudah sesuai dengan kualitas yang dibawanya. Selama ini Pajero Sport memang telah dikenal sebagai unit SUV kelas atas. Harga jual Mitsubishi Pajero Sport pun juga cukup kompetitif jika dibandingkan dengan harga jual para pesaingnya, semisal Toyota fortuner. Dengan harga Pajero Sport yang bervariasi, pastinya akan memudahkan Anda untuk memilih mobil mana yang sesuai dengan kebutuhan. Baca juga ulasan mengenai Mitsubishi Strada Triton dan Toyota Fortuner.

  • mitsubishi mobil jakarta

    Pajero 2016 memang tanguh dibanding fortuner. sudah melegenda dari tahun ke tahun.

    • romadon

      bener tuh. apalagi yang edisi terbatas.
      pengen beli, mungkin nunda dulu untuk beki mas kawin…
      heee

    • romadon

      MAAF, tadi bukan beki, tapi beli…

  • heri

    Pajero emang tiada duanya

Top