Kawasaki Segera Luncurkan Versys 250

Kawasaki Segera Luncurkan Unit Motor Adventure Terbaru – Kawasaki ternyata tak hanya serius menggarap segmen sport saja. Pabrikan asal Jepang itu kini telah membidik segmen adventure dengan rencana merilis satu unit motor baru yang bergaya petualang.

kawasaki-segera-luncurkan-unit-motor-adventure-terbaru

Dari awal tahun hingga pertengahan tahun 2015 ini, Kawasaki memang menggempur pasar otomotif lewat deretan motor sport andalannya. Seakan tak mau berhenti berinovasi, Kawasaki pun bersiap untuk menelurkan motor baru yang siap diterjunkan ke dalam dunia adventure. Salah satu unit motor baru tipe adventure yang telah disiapkan oleh Kawasaki adalah sebuah motor hasil ‘kawin silang’ antara motor naked sport Kawasaki Z250 dengan motor adventure tulen Kawasaki Versys.

Keputusan Kawasaki untuk mengalihkan bidikan ke segmen adventure memang wajar mengingat permintaan unit kendaraan roda dua di segmen ini sangat tinggi. Sebelumnya, Kawasaki juga telah merilis dua jagoannya di jalur off-road dan supermoto, yaitu New KLX serta New D-Tracker.

Inovasi baru Kawasaki ini konon akan melahirkan unit baru, yakni Kawasaki Versys 250. Versys 250 ini adalah hasil kloning antara gen Z250 dengan kostum Versys. Kabarnya, Kawasaki Versys 250 ini memang disiapkan untuk menantang KTM Duke 390. Jika dilihat dari konsep desainnya pun Kawasaki Versys 250 memiliki basis desain yang hampir sama dengan Duke 390.

Seperti dilansir oleh Motorbeam pada Senin (3/8) yang lalu, Kawasaki akan mempertahankan diamond frame yang ada pada Z250. Namun, untuk bodi dan eksteriornya akan menyomot konsep Versys 650 dan juga Versys 1000, termasuk headlamp, side fender dan juga style joknya. Sedangkan untuk saluran gas buangnya, Kawasaki akan menggunakan desain knalpot kolong yang identik dengan motor sport.

Untuk jantung dapur pacunya, Kawasaki Versys 250 dilengkapi dengan forkUpside Down (USD), swingarm dan mudguard baru, windscreen lebih tinggi, ditambah box barang sehingga nyaman untuk touring. Kekuatan Versys 250 datang dari mesin 250cc twin-cylinder berpendingin air, fuel injected, yang diklaim memiliki total power sebesar 30 HP dan torsi puncak 30 Nm.

Bisa dibilang motor adventure baru racikan Kawasaki ini merupakan motor jenis ‘fusion’ alias memiliki dua citarasa, yakni mesin sporty ala Z250 dan tongkrongan macho khas petualang Versys 650. Proses produksi Versys 250 saat ini masih dalam tahap awal dan menurut rencana akan ditampilkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini. Baca juga KHI Sempat Turun Tangan Agar Ninja 2-Tak Lolos Euro 3 dan Yamaha Bakal Gelar One Make Race MX-King 2016 Mendatang.

Top