Harga Toyota Avanza Veloz, Review, Spesifikasi & Gambar Desember 2017

Harga Avanza Veloz dan Spesifikasi – Sudah puas dengan spesifikasi Grand New Avanza yang sebelumnya sudah kita bahas? Nah, jika sudah puas atau Anda ingin sesuatu yang lebih, kali ini Mas Sena akan mengajak Anda untuk kembali berkenalan dengan produk kedua Toyota di segmen low MPV. Kali ini, kita akan membedah Toyota Avanza Veloz, yang nama resminya adalah Toyota Grand New Veloz. Seperti yang sudah Mas Sena ungkap saat mengulas Grand New Avanza, kali ini Toyota memang ‘melepaskan’ Veloz sebagai brand mandiri, meski pada tubuhnya masih tersemat nama Avanza. Di laman resminya, bahkan Toyota Indonesia sudah memberikan ruang sendiri kepada Grand New Toyota Veloz ini. Itu berarti, Grand New Veloz ini memiliki spesifikasi eksterior dan interior yang berbeda dengan Grand New Avanza. Jika diamati sekilas dari luar, tampilan desain eksterior Toyota Avanza Veloz ini memang terlihat berbeda dengan Avanza generasi baru. Hal itu bisa kita temukan pada bagian fascia depan yang memiliki bentuk grill berbeda, nampak lebih mewah dan sporty.

avanza veloz

Perbedaan lain yang ada pada Grand New Toyota Veloz ini adalah terletak pada jantung ruang dapur pacunya. Meski kapasitas isi silindernya masih sama dengan mesin Grand New Avanza, namun secara performa dan tarikan Toyota Avanza Veloz ini bisa dibilang lebih galak dari Avanza. Hal ini tak lepas dari penggunaan transmisi lima percepatan yang berfungsi untuk menyalurkan tenaganya. Selain itu, daya maksimum yang dihasilkan oleh Toyota Veloz ini juga lebih besar dari Avanza, yaitu sebesar 96,6 PS PS pada putaran 6.000 rpm. Selain itu, mobil low MPV andalan Toyota ini juga telah dibekali dengan fitur Electric Power Steering yang akan memudahkan kendali kemudinya. Kemudian, Toyota Veloz ini juga telah dilengkapi dengan bermacam-macam fitur keamanan dan kenyamanan yang akan membuat perjalanan Anda semakin nyaman dan menyenangkan. Nah untuk lebih jelasnya, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Avanza Veloz pada segmen-segmen berikut ini.

toyota veloz

Review Toyota Avanza Veloz

Eksterior

Desain Eksterior Elegan dan Lebih Sporty

Toyota memang sengaja ‘memisahkan’ Grand New Veloz dari Avanza. Hal ini nampak pada spesifikasi Avanza Veloz pada bagian eksteriornya. Jika Grand New Avanza lebih terlihat ‘kalem’ dengan nuansa elegan yang kental, maka kali ini Grand New Toyota Veloz hadir dengan desain bodi lebih agresif dengan aroma sporty yang lebih kuat. Coba tengok bagian muka Grand New Veloz ini! Pada bagian fascia depan, Anda akan disuguhi tampang Veloz yang lebih berkarakter lewat desain proyektor lampu utama baru. Kemudian, New Toyota Avanza Veloz ini juga memiliki desain grille baru dengan desain stylish yang akan membuat Anda semakin percaya diri. Muka Grand New Veloz ini memang tampak lebih ‘macho’ berkat grille berwarna gelap yang berpadu dengan aksen chrome pada bagian atasnya. Pada ujung bawah, tak lupa Toyota membekali New Toyota Veloz dengan dua buah fog lamp bulat. Pada bagian samping, New Veloz ini memiliki konsep desain yang hampir sama dengan New Avanza, hanya minus body molding. Sedangkan untuk bagian buritan, spesifikasi bodi belakang, Toyota menyematkan smoothing panel yang sama dengan milik Avanza. Begitupun pada lampunya, Grand New Toyota Avanza Veloz ini masih mengusung basis desain lampu New Avanza. Perbedaan baru akan kita temui pada bagian reflektor bagian belakangnya yang tertata manis di bagian ujung bawah bodi. Kemudian, spesifikasi Toyota Veloz pada bagian desain pun juga dipermanis dengan aksesn spoiler dengan stop lamp baru.

Interior

Ruang Kemudi Mewah Serta Kabin Ekstra Lega

Saatnya kita masuk ke bagian dalam guna menengok spesifikasi Toyota Avanza Veloz di sektor kabin. Dimulai dari ruang kemudi, Toyota mendesain kabin Veloz dengan sentuhan modern nan elegan. Kali ini Grand New Toyota mengusung tema dasbor beraksen gelap. Hal ini memang sesuai dengan gaya desain Toyota yang mengusung tema ‘all new black tone dashboard panel design’. Desain dasbor pada Toyota Veloz ini akan memberikan aura kemewahan dan terlihat lebih stylish serta menjadikan keseluruhan interior semakin nampak lebih sporty juga. Pada bagian dasbor Toyota Avanza Veloz, Toyota menyematkan perangkat Advanced Audio System yang mengusung layar touchscreen 6.1 inci yang telah dilengkapi dengan CD, DVD, AM/FM, USB, AUX serta fitur Bluetooth dan juga slot iPod. Pada bagian ruang kemudi juga Anda akan menemukan lingkar setir yang ergonomis yang telah dibungkus dengan kulit kualitas tinggi. Untuk bagian kabin penumpang, interior Toyota Veloz ini tak jauh berbeda dengan Avanza. Ruang penumpang pada mobil ini tetap luas serta dilengkapi dengan jok yang tingkat kenyamanannya bisa diatur sedemikian rupa. Pada masing-masing pintu Grand New Toyota Avanza Veloz pun juga dilengkapi dengan Power Window Panel Design yang akan memudahkan penumpangnya saat ingin mengatur posisi kaca jendela. Secara umum, spesifikasi Toyota Veloz pada ruang kabin memang nampak sama dengan Avanza, namun dengan sentuhan berbeda pada bagian kemudinya.

spesifikasi avanza veloz

Dimensi

Dimensi Besar Hadirkan Perjalanan Seru Bersama Keluarga

Untuk dimensi dari spesifikasi Avanza Veloz ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Toyota Avanza. Mobil ini memiliki ukuran hampir sama dengan saudara kandungnya, yakni 4.200 x 1.650 x 1.695 mm dengan jarak terendah ke tanah mencapai 200 mm serta bobot berkisar 1.085 kg. Ukuran tubuh Toyota Veloz ini akan membuatnya sangat enak untuk diajak bermanuver dan yang pasti cocok sebagai kendaraan keluarga karena bodinya cukup besar. Guna menyokong dimensi bodi Toyota Avanza Veloz yang cukup besar, Toyota tetap mengandalkan suspensi MacPherseon Strut pada bagian depan yang dikombinasikan dengan suspensi belakan menggunakan per koil yang berfungsi untuk meningkatkan stabilitas dan kenyamanan. Kemudian, untuk memberikan garansi keamanan pada Toyota Veloz ini, digunakanlah sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) yang mendukung kerja pengereman cakram dan model drum pada bagian depan serta belakangnya. Lalu, untuk mempermudah kendali terhadap Toyota Avanza Veloz ini, Toyota pun menyematkan fitur Electric Power Steering yang didukung oleh steering gear Rock & Pinion. Spesifikasi Toyota Veloz pada bagian sasis pun didukung oleh penggunaan velg berukuran lebih besar, yakni berukuran 15 inci.

Mesin

Transmisi 5-Speed Hadirkan Tarikan Mesin Lebih Mantap

Saatnya mengorek spesifikasi Avanza Veloz pada bagian jantung ruang dapur pacunya. Pada sektor yang satu ini, Toyota masih mengusung mesin DOHC 4 silinder 16-valve yang tersedia dalam dua tipe, yaitu 1.3L dan 1.5L. Mesin ini juga telah dibekali dengan teknologi Dual Variable Valver Timing with Intelligent (Dual VVT-i), sama dengan mesin pada Avanza. Namun, secara performa mesin pada Toyota Veloz ini lebih ‘galak’ karena tenaga maksimum yang dimilikinya mencapai 96,5 PS pada putaran 6.000 rpm. Power pada Toyota Avanza Veloz ini memang lebih besar daripada mesin Avanza. Selain itu, torsinya pun juga lebih tinggi, mencapai 12,3 Nm pada 4.200 rpm. Kemudian, Toyota juga telah menyematkan teknologi EFI atau injeksi pada mesin Grand New Toyota Veloz ini untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakarnya. Jadi, selain lebih powerful, mesin pada Veloz juga tetap irit BBM. Spesifikasi Toyota Veloz pada bagian ruang dapur pacu ini memang sangat cocok bagi Anda yang menginginkan MPV keluarga dengan performa mesin layaknya mobil sport.

spesifikasi toyota veloz

Fitur

Low MPV Lengkap dengan Fitur Kenyamanan dan Keselamatan Modern

Nah sekarang Mas Sena akan mengajak Anda untuk membahas spesifikasi Avanza Veloz pada bagian fitur-fitur pelengkapnya. Secara garis besar, fitur yang tersemat pada Grand New Toyota Veloz ini masih sama dengan fitur-fitur yang ada pada Avanza, baik untuk fitur keamanan maupun keselamatannya. Untuk fitur kenyamanan dan hiburan, Toyota membekali Toyota Avanza Veloz dengan fitur audio entertainment baru yang akan memberikan hiburan kelas atas kepada Anda saat bepergian. Selain itu, masih sama dengan Avanza, kursi baris kedua pada Toyota Avanza ini telah dilengkapi dengan fitur One Touch Tumble yang berfungsi untuk memudahkan mengatur posisi kursi. Grand New Toyota Veloz pun juga telah mengadaptasi teknologi Cabin Quitness yang akan meningkatkan kesenyapan kabin dan memastikan Anda tak akan terganggu oleh suara bising di luar. Fitur peredam kabin ini akan membuat Anda semakin nyaman berada di dalam kabin karena keramaian di sekitar tak akan mengganggu. Untuk fitur keamanan, Toyota Avanza Veloz generasi ini telah dilengkapi dengan fitur 3-points seat belt untuk penumpang di kursi baris kedua. Selain itu, Toyota juga memasang seatbelt dengan fitur Pretensioner and Force Limiter yang akan menghindarkan Anda dari cidera fatal saat terjadi benturan keras. Tak lupa pula fitur SRS Airbags untuk meningkatkan keselamatan penumpangnya. Spesifikasi Toyota Veloz pada bagian fitur ini juga telah dilengkapi dengan fitur Front Passanger Seat Belt Warning yang akan memberikan notifikasi kepada pengemudi jika belum memasang sabuk keselamatan.

Spesifikasi Toyota Avanza Veloz

Mesin
Tipe Mesin IL, 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder 1,329 cc
Diameter x Langkah
Daya Maksimum 96.5 PS / 6.000 rpm
Torsi Maksimum 12,3 / 4.200 rpm
Sistem Pemasukan Bahan Bakar EFI
Bahan Bakar Bensin
Kapasitas Tangki 45 L
Steering Electric Power Steering
Dimensi
P x L x T 4.200 x 1.660 x 1.695 mm
Jarak Poros Roda 2.655 mm
Jarak Pijak Depan 1.425 mm
Jarak Pijak Belakang 1.435 mm
Jarak Terendah 200 mm
Sasis
Transmisi 5-Speed M/T (A/T Available)
Suspensi Depan Macpheron Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang 4-Link Lateral Rod with Coil Spring
Rem Depan Disc
Rem Belakang Drum
Sistem Rem Tambahan (Additional) ABS
Steering Gear Rock & Pinion, Electronic Power Steering & Tilt Steering
Ukuran Ban 185/65 R15

Harga Toyota Avanza Veloz

Meski merupakan produk satu gen, ternyata antara Avanza dan Veloz memiliki perbedaan spesifikasi yang cukup banyak. Dengan perbedaan spesifikasi itu, lalu apakah akan berimbas pada banderol harga Avanza Veloz juga? Nah sebelum lebih jauh membahas kisaran harganya, Mas Sena akan memberikan sedikit kesimpulan dan perbedaan antara Grand New Toyota Veloz dengan Avanza. Dari tampilan eksteriornya, jelas Grand New Veloz ini membawa aura sporty yang lebih kental dari Avanza. Hal itu bisa dilihat dari desain grille dan spoiler bagian depan Veloz yang nampak lebih agresif. Selain itu, banderol harga Toyota Veloz pun juga dipengaruhi oleh fitur-fitur yang tak ditemukan pada Avanza. Salah satunya adalah fitur Passanger Seat Belt Warning dan juga Electronic Power Steering. So, karena spesifikasi dan juga fiturnya berbeda, maka kisaran harga Avanza Veloz pun juga akan berbeda.

harga avanza veloz

harga toyota veloz

Sebagaimana dilansir oleh laman resmi Toyota Astra Motor, harga Avanza Veloz paling mahal ditempati oleh Grand New Veloz 1.5 bertransmisi otomatis yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 226 jutaan. Tipe Toyota Veloz 1.5 A/T ini cocok bagi Anda yang memiliki jiwa muda yang sporty namun tetap ingin selalu menyertakan keluarga saat bepergian. Harga Toyota Veloz 1.5 memang yang termahal karena power mesin 1.500 cc-nya lebih tangguh. Sementara untuk harga Avanza Veloz 1.3 adalah Rp 204 jutaan untuk manual dan Rp 216 jutaan untuk tipe transmisi otomatis. Sebenarnya secara fitur antara Veloz 1.3 dengan Veloz 1.5 tak jauh berbeda. Faktor utama yang mempengaruhi harganya adalah performa mesinnya.

Harga Avanza Veloz

Tipe Harga
Toyota Veloz 1.3 M/T Rp 204.200.000,-
Toyota Veloz 1.3 A/T Rp 216.000.000,-
Toyota Veloz 1.5 M/T Rp 215.100.000,-
Toyota Veloz 1.5 A/T Rp 226.900.000,-
Daftar Harga Mobil Toyota

Sama seperti halnya Avanza, Grand New Veloz ini hadir untuk memenuhi segmen low MPV Indonesia. Dengan ketersediaan harga Avanza Veloz yang bervariasi, pastinya ini akan memudahkan konsumen untuk menentukan tipe mana yang ia inginkan. Harga Toyota Veloz ini pun juga sangat kompetitif dengan produk low MPV lainnya, baik dari Toyota sendiri maupun dari pabrikan lain. Sebagai pembanding, low MPV lansiran Honda, yakni Honda Mobilio dibanderol dengan harga paling mahal sekitar Rp 234 jutaan. Sedangkan saudara Toyota Veloz, yakni Avanza paling mahal dibanderol dengan harga Rp 211 jutaan. Dengan bekal sentuhan eksterior lebih sporty dan interior lebih kaya akan fitur canggih, harga Avanza Veloz ini memang pantas menempati level tinggi untuk segmen low MPV di Tanah Air. Baca juga Toyota Avanza dan Honda Mobilio.

  • Eko Purwanto

    Sebagai perbandingan rencana pembelian Kalo jujur memilih antara new veloz vs mobillio bagus yang mana ya gan …? Thank

    • ferdy

      Yang bagus avanza lah karena orang2 pilih avanza G itu .Karna kecepatannya 1300cc dan avanza veloz 1500cc yang bagus avanza G itu dengan kecepatan ccnya1300

      • Sugiarto Guteng

        Maksud kecepatan 1300 cc apa ya? Bukankah 1300/1500cc adalah isi silider?

  • Yohan Agung Prasetyo

    Kecepatan CC??? Sesuatu sekali commentnya…hufft…
    Opini saya, saya ambil veloz 1.3 karena apa?
    1. Model grille lebih bagus, grille milik grand new avanza sangat aneh terlalu mangap (IMHO), ini masalah selera, garnish blkg warna black…saya agak anti chrome soalnya…
    2. Interior hitam, ga mudah kotor, aura lebih mewah aja. Audio sudah lebih advance
    3. Harga cm selisih 5 juta dg Grand new Avanza
    4. Mesin 1.3 L Dual VVTi banyak improvement terutama di sektor tenaga yg naik 4 hp dibanding versi sebelumnya, untuk yang 1.5 L tenaganya ga ada peningkatan, tapi torsi maksimum dicapai di Rpm yg lebih rendah…
    Just my two cents…

  • Pak Jenderal

    avanza veloz th 2014 akhir saya di kecepatan diatas 100 km bergetar keras dan tidak nyaman dikendarai,ada apa ini tolong dikonfirmasi dan saya baru service mobil sekitar 1 minggu.

  • Eko Purwanto

    Masuk akal…mantab

  • Wahyu

    Saya juga mobil ny avanza veloz 1.5/MT dual VVT-i tarikan ny lebih joss, di tol tembus 150/km itu juga masih mau lari lagi, cuman saya kasian ke mobil ny ?

    • Nuza Batik

      Mobilio jg tembus 180
      Kaki kaki jg nyaman mobilio,

  • Hendri

    Sebagai perbandingan lihat Xpander, mutu, kuatas, hargam maupun tampilannya.

Top